7 Tips Menghindari Stres Saat Hamil Muda atau Tua

Cara mengatasi stres saat Hamil adalah suatu hal yang sangat di anjurkan oleh kalangan dokter bahkan orang tua dahulu. Karena kalau seorang Ibu sedang hamil dan dia suka stres akan berdampak pada perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Maka dari itu sebaiknya hindari stres disaat Anda sedang dalam keadaan Hamil selain untuk menjaga kondisi psikologis Anda juga sekaligus menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

cara mengatasi stres saat hamil

Cara Menghindari Stres Saat Hamil 


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi maupun menghindari terjadinya stres ini disaat Anda dalam keadaan Hamil. Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk merangkum beberapa hal yang bisa Anda coba dalam mengatasi stres saat hamil tua maupun muda.

Biasanya ada beberapa gejala atau dampak yang bisa dipicu karena stres dan kemudian menurun pada kondisi janin yang ada di dalam kandungan diantaranya seperti penurunan kualitas otak, berkurangnya pasokan oksigen dalam tubuh dan hal ini tentunya sangat berdampak pada kondisi janin Anda. Oleh karenanya, sebaiknya Anda simak ulasan ini sampai habis untuk mengetahui apa saja dampaknya dan bagaimana caranya untuk menghindari stres ini, berikut ulasannya :

7 Tips Menghilangkan Stres Saat Hamil 


1. Istirahat yang Cukup


Agar kondisi Ibu hamil bisa tenang dan nyaman sebaiknya atur pola kegiatan yang baik entah itu kegiatan olahraga, jalan-jalan ataupun aktivitas kegiatan rumah. Agar ibu hamil bisa nyaman dan tidak mudah kecapean serta mengalami stres sebaiknya atur waktu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup tentunya akan membuat tubuh lebih nyaman dan oksigen atau peredaran darah menjadi normal serta badan akan nyaman tidak kelelahan.

2. Curhat dengan Suami


Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah curhat atau berbagi cerita tentang masalah yang sedang di hadapi kepada suami. Dengan Anda berbagi cerita atau cruhat kepada suami Anda setidaknya ini akan membuat hati Anda lebih tenang dan nyaman sehingga uneg-uneg atau kegelisahan Anda menjadi berkurang berkat adanya komunikasi yang baik kepada suami Anda.

3. Berolahraga yang Cukup


Sangat dianjurkan kepada Ibu Hamil untuk berolahraga setidaknya biasakan jalan santai dipagi hari. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan juga menggerakan otot-otot bahkan tulang yang banyak terdiam. Apalagi biasanya orang hamil ada yang malas untuk bergerak. Kalau malas bergerak tentunya hal ini akan berdampak buruk pada perkembangan janin yang ada di dalam kandungan bahkan tubuh akan mudah capek.

Dengan berolahraga maka tubuh atau metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik yang bisa membakar kalori lemak jahat di dalam tubuh. Apalagi orang hamil ini berat badan akan naik secara drastis.

4. Menjaga Pola Makan yang Baik


Bagi seorang Ibu hamil juga tidak boleh makan makanan yang sembarang seperti mie instan, gorengan, bahkan juga makanan yang mengandung senyawa ataupun alkohol tinggi seperti Tapai, dan Durian. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumis makanan yang sehat dan kaya akan gizi seperti zat besi, vitamin B 2, B6 , Vitamin A, C D dan lainnya. Contohnya seperti Sayur bening, Susu, Bayam, Singkong, Jagung rebus, wortel, tempe, tahu dan banyak lagi yang lainnya.

Janganlupa juga jaga pola makannya tiga kali sehari dan janganlupa konsultasikan kepada bidan terdekat mengenai perkembangan kehamilannya.

5. Membuat daftar Keperluan selama Masa kehamilan


Cara yang cukup bagus adalah disaat Anda hamil sebaiknya mmebuat daftar keperluan baik itu keperluan makanan, atau Masak untuk suami, Jam konsultasi ke bidan atau dokter, waktu untuk perolahraga, waktu istirahat, waktu untuk melayani anak dan suami serta juga waktu jalan-jalan. 

Yang namanya Ibu hamil itu juga perlu jalan-jalan untuk me refreskan pikiran dan juga tubuh untuk bisa menikmati udara luar atau asri seperti ditaman-taman ataupun di tempat yang di tumbuhi pepohonan yang rindang.

6. Relaksasi


Melakukan relaksasi juga bagus untuk menghindarkan stres. Relaksasi ini bisa dalam bentuk meditasi atau Yoga bahkan menonton Film yang Anda sukai ataupun mendengarkan musik. Kalau Anda ingin meditasi sebaiknya cari tempat yang sunyi, rindang dan tempat tersebut membuat Anda nyaman maka Anda bisa melakukannya di tempat tersebut. Bisa juga di belakang rumah ataupun di tempat terbuka hijau lainnya namun dalam keadaan sejuk.

Kalian bisa duduk sambil melakukan yoga ataupun meditasi dengan pola mengolah pernapasan jiwa dan raga. Sehingga hal ini dapat membuat hati tenang, oksigen bisa lancar dan pernafasan Anda menjadi lebih stabil atau normal.

7. Menyiapkan diri untuk menjadi Ibu


Sekarang ini ada yang namanya kuruss atau pelatihan menjadi seorang Ibu. Kalau di kota-kota besar ada salah satu badan lembaga kursus khusus untuk ibu hamil yang masih pemula. Di lokasi kursus tersebut ibu yang hamil pemula atau mengandung anak pertamanya akan di ajari cara mengganti popok, cara memandikan bayi yang baik dan benar, cara menidurkan, cara memberi makan dan banyak cara yang lainnya menyangkut menangani seorang bayi.

Kalau Anda tidak mau ikutan kursus dikarenakan biayanya mahal maka Anda bisa latihan sendiri di rumah menggunakan boneka dengan simulasi sederhana dan tutorialnya bisa Anda mencari di Youtube. Kalaupun Anda mau praktek asli menggunakan bayi maka bisa Anda mencoba melihat dan membantu tetangga Anda yang memiliki anak kecil atau balita yang masih berusia 1,5 tahun. Dan Anda bisa mencoba membantu tetangga Anda tersebut sekalian Anda ikut latihan, anggap saja bayi tersebut adalah bayi Anda sendiri.

Penutup

Nah, itulah cara-cara yang bisa Anda coba dirumah untuk mengatasi stres disaat Anda sedang hamil. Dengan Anda menerapkan cara-cara diatas maka paling tidak hal tersebut akan mengurangi Anda dari yang namanya stres. Lakukan hal tersebut dengan baik dan secasra berkala agar Anda bisa mendapatkan khasiatnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel