Cara Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Agar Bayi Dikandungnya Tetap Sehat

Cara Pola Hidup Sehat Ibu Hamil dengan tujuan agar Bayi yang dikandungnya Sehat?. Agar bayi yang dikandung Anda tetap sehat sampai lahir, maka Anda perlu mencermati dalam pola hidup sehat. Asal Anda tahu, pola hidup sehat itu sangat penting bagi pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandung, seperti halnya Anda harus mencukupi nutrisi yang Anda konsumsi dari makanan-makanan yang ada. Maka dari itu, bagi Anda ibu hamil jangan pernah untuk menyepelekan atau malas dalam memilih makanan yang sehat saat Anda keadaan hamil. Ketika Ibu hamil selalu memperhatikan pola hidup sehatnya maka hal ini akan berdampak pada bayi yang di kandungnya tetap sehat.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil

Ketika Anda mengandung, sebetulnya Anda ini sedang makan untuk dua orang yang pertama untuk Anda sendiri dan yang kedua untuk anak Anda yang ada di dalam kandunganmu. Dalam pandangan sekilas memang seperti itu, jadi ibu hamil harus makan  dengan porsi yang cukup setiap hari harinya. Sebaiknya Ibu hamil makan makanan yang mengandung banyak kalori minimal 300 kalori tambahan per setiap hari. Hal ini tentunya setara dengan semangkok sereal dan susu yang rendah lemak serta sebuah pisang.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat


Jadi makan terlalu banyak bagi ibu hamil juga tidak dianjurkan, karena belum tentu makanan yang Anda makan itu akan menyehatkan bagi Anda selaku ibu hamil lebih-lebihnya bagi bayi yang Anda kandung.

Untuk bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil, sebaiknya Anda mongkonsumsi makanan yang berbeda seperti setiap hari sebelum Anda dalam keadaan hamil. Sebagai contoh, sebaiknya Anda mengkonsumis makanan yang mengandung kalsium dan protein. Karena ini dapat bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh serta tulang pada bayi. Dan asam folat akan berguna untuk menghindari cacat bawaan pada janin. Serta zat besi bisa membantu memproduksi sel darah merah dan akan membawa oksigen terhadap janin dengan baik.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Agar Bayi yang Dikandungnya Tetap Sehat


Berikut ini akan saya rangkum Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang bisa Anda terapkan Supaya Janin Anda Tetap Sehat Sampai Lahir

Lalu bagaimana langkah-langkah pola hidup sehat untuk ibu hamil?  maka Anda bisa mempraktikkan tips-tips berikut ini :

1. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein saat keadaan hamil


Jika sebelumnya Anda suka mengkonsumsi alkohol serta kafein setiap harinya, maka ketika dalam keadaan hamil maka Anda harus menghindarinya atau menstopnya. Hal ini demi menjaga janin supaya Anda agar tetap sehat hingga proses lahiran nanti. Jika Anda tetap saja bersikeras mengkonsumsi alkohol dan kafein dalam keadaan hamil, maka hal ini akan mengganggu pertumbuhan janin Anda.

Dengan Anda mengkonsumsi alkohol saat hamil, maka hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Tentunya Anda tidak mau bukan kalau janin yang ada di dalam kandungan Anda keguguran ? perlu Anda ketahui bahwa Alkohol ini dapat meningkatkan resiko cacat fisik pada bayi Anda, selain itu bisa menyebabkan keterbelakangan mental bayi, dan menimbulkan masalah-masalah lainnya pada bayi.

bagi Anda yang sebelumnya suka nongkrong di Cafe minum kopi dan sekarang sudah dalam keadaan hamil, sebaiknya hindari juga minuman minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soft drink, dan teh. Jika Anda selaku ibu hamil mengkonsumsi minuman kafein lebih dari dua gelas saja setiap hari, maka hal ini akan dapat mengganggu pertumbuhan pada janin Anda.

2. Hindari Program Diet Saat Hamil


Ingat,,! cukup berbahaya program diet pada saat Anda hamil, karena ini akan berbahaya untuk si kecil dan juga berbahaya bagi Anda sendiri. Maka daripada itu sebaiknya Anda hindari program diet dalam keadaan hamil. Diet ini tentunya akan mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan dalam setiap harinya, sehingga kedepannya akan menimbulkan masalah pada perkembangan janin dan pada tubuh Anda seperti kekurangan kalori, asam folat, zat besi, dan nutrisi penting lainnya.

3. Selaraskan Asupan Gizi Ketika Hamil sesuai dengan jenjang Pertumbuhan Bayi


Ketika Anda dalam keadaan mengandung maka Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak lagi makanan yang banyak mengandung protein, vitamin dan juga mineral. Makanan yang mengandung banyak gizi tentunya ini akan lebih baik, karena ini sangat diharuskan bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi jangan Anda sembarangan makan makanan tapi konsumsilah asupan makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang.

Hindari prinsip makan lebih banyak ya, daripada biasanya ketika hamil perhatikan kandungan atau gizi makanan itu sendiri. Mulai sekarang ubahlah makanan yang Anda konsumsi dengan makanan yang lebih sehat. Sebaiknya Ibu hamil jangan terpaku pada makanan yang mengandung satu nutrisi makanan saja, namun diusahakan variasikan makanan agar ibu hamil mendapatkan semua manfaat dari makanan yang di makan.

Menurut ahli kesehatan, saat menjelang trimester pertama ibu hamil perlu sekali untuk mengkonsumsi makanan sekitar 180 kilo kalori dalam setiap harinya. Kemudian disaat menginjak ke trimester yang kedua hingga pada akhir semester maka ibu hamil meski mendapatkan sebuah asupan kalori sekitar 300 kilo setiap harinya.

4. Disaat hamil Sangat di Sarankan untuk Menaikkan Berat Badan


Ketika Anda hamil sangat disarankan untuk menaikkan berat badan. Sebaiknya lupakan saja dulu keadaan berat badan yang ideal, sebaiknya dalam hal ini naikkan berat badan Anda secara bertahap. Setiap trimester kehamilan Anda akan bisa menaikkan berat badan.

Namun perlu Anda ketahui, dalam menaikkan berat badan ibu hamil itu tidak asal naik berat badan saja. Anda juga harus memperhatikan terhadap naik berat badan yang sehat ya. Basis berat badan ini adalah berpola terhadap berat badan ibu sebelum mengandung. Kenaikan berat badan ini tidak terlepas dari pantauan dokter, jadi janganlupa konsultasi dengan dokter secara rutin setipa bulannya.

5. Jika Perlu, Konsumsi Suplemen Ketika Anda Hamil


Disaat Anda hamil maka diperlukan nutrisi yang cukup, dengan hal ini Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen dalam bentuk kemasan. Namun hal ini dilakukan jika nutrisi dari makanan sehari-hari tidak bisa mencukupi asupan nutrisi Anda ya. Yang tak kalah penting yang harus Anda perhatikan adalah, konsumsilah suplemen yang mengandung asam folat. Ketika Anda hamil maka memerlukan zat asam folat sekitar 600mcg. Selain itu, Anda juga memerlukan asupan zat besi, kalsium, dan kolin yang cukup.

Nah, itulah tadi uraian dari Pola Hidup Sehat bagi Ibu Hamil yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda khususnya saat Anda dalam keadaan hamil. Mungkin cukup sampai disini dulu perjumpaan kita dalam pembahasan kali ini dan janganlupa baca juga pembahasan yang tak kalah menarik lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di pembahasan yang selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel