7 Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif

Cara Membersihkan Paru-Paru bagi Perokok Pasif. Meski Anda hanya kebagian menghirup asapnya saja, bagi perokok pasif juga sama halnya bisa berisikonya dengan para perokok aktif. Maka jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang perokok pasif, ayo mulai sekarang cari cara bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda dari paparan asap rokok! Jangan sampai kesehatan Anda ini memburuk karena Anda mengabaikan hal ini dan menganggapnya hanya sepele.

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Pasif


Membersihkan paru-paru sangatlah penting jika Anda ini merasa menjadi seorang perokok pasif. Pasalnya, asap dari rokok bisa merusak organ paru-paru Anda secara perlahan, ya walaupun hal ini tidak pasti terjadi namun tetap ada dampaknya.

 Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif

Kalangan para Perokok pasif bisa memiliki risiko tinggi mengalami berbagai masalah pernapasan kronis yang disebabkan asap rokok, dari mulai penyakit asma hingga penyakit paru obstruktif kronis. Menurut World Healt Organization/Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan dari polusi udara termasuk asap dari rokok dapat mengakibatkan 4,2 juta orang mati di seluruh dunia setiap tahunnya.

7 Cara Efektif Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok Pasif


Untuk itu bagi Anda selaku perokok pasif, jangan tunda-tunda lagi untuk membersihkan paru-paru Anda dengan cara sebagai berikut:

1. Olahraga dengan teratur


Olahraga dengan teratur akan membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental diri Anda. Selain itu, dengan Anda berolahraga dengan teratur bisa mengurangi risiko yang disebabkan oleh hal lain yang mengganggu kesehatan Anda, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Dengan berolahraga maka sistem tubuh akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, dan hal inilah yang bisa meningkatkan laju pernapasan pada tubuh. Dengan begitu, pasokan oksigen yang ada di dalam tubuh bisa mengalir ke otot juga akan lebih besar.

Selain itu, dengan berolahraga secara rutin juga dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi tubuh dengan baik. Hal ini akan membuat tubuh Anda bisa mendapatkan cukup oksigen termasuk pada organ jantung, paru-paru, dan juga otot. Jika Anda melakukan olahraga dengan rutin, tentunya cara ini bisa membantu Anda dalam membersihkan paru-paru bagi para perokok pasif.

Lantas, bagaimana dengan orang yang menderita masalah pernapasan kronis mereka tetap perlu untuk olahraga? Tentu saja! Justru dengan berolahraga dengan teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan terutama pada fungsi pernapasan. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan olahraga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai jenis olahraga yang tepat dan boleh serta yang tidak boleh.

2. Menjaga kebersihan udara dilingkungani rumah


Rumah adalah tempat untuk istirahat dan juga menghabiskan waktu yang paling lama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga udara di dalam ruangan tetap dalam keadaan bersih, karena ini adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Anda juga bisa melakukan aktifitas memvakum atau menyapu ruangan rumah. Jangan lupa untuk rajin mengepel lantai ruangan satu hari sekali, hal ini untuk memastikan tidak ada debu atau sampah yang menumpuk.

Tidak ketinggalan, bersihkan juga semua ventilasi rumah, seperti halnya yang ada di kamar dan kamar mandi. Jangan lupa juga sebaiknya Anda bersihkan AC dan juga kipas angin secara rutin agar tidak ada debu yang menempel dan udara yang keluar tetap bersih.

Sebaiknya usahakan untuk tidak menggunakan pewangi atau pengharum ruangan. Pasalnya, wewangian tersebut penuh dengan bahan kima yang berbahaya, secara tidak langsung bisa mengiritasi paru-paru Anda. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan juga untuk melarang anak, suami atau siapa pun baik itu keluarga maupun tamu untuk tidak merokok di dalam rumah.

3. Sering-seringlah untuk Menghirup Udara Segar


Salah satu cara untukl membersihkan paru-paru Anda adalah dengan menghitrup udara yang segar. Perlu Anda ketahui bahwa udara segar adalah udara yang kadar polusinya masih sangat rendah dan biasanya udara segar ini terdapat di area hijau atau Pepohonan yang Rindang jauh dari kendaraan atau asap bermotor dan pabrik. Area atau lahan yang ditumbuhi pepohonan pada umumnya memiliki kadar polusi yang lebih rendah dan tentunya lebih sehat untuk Anda hirup.

Dengan menghirup banyak udara segar akan bisa membantu memperluas jaringan pada paru-paru dan tentunya paru-paru bisa bekerja dengan baik.  Namun sayangnya, pada saat ini lahan terbuka hijau baik itu yang ada di perkotaan pun kerap memiliki kadar polusi yang tinggi karena masih dekat dengan kendaraan bermotor.

Untuk bisa mendapatkan udara yang masih bersih dan segar, sesekali Anda bisa meluangkan waktu dengan pergi ke daerah dataran tinggi atau pegunungan biasanya ini ada di Pelosok Desa. Biasanya kualitas udara yang ada di pegunungan masih alami dan udaranya masih segar, sehingga sehat untuk paru-paru Anda. Cara ini tentunya akan membantu Anda membersihkan paru-paru selaku sebagai perokok pasif.

4. Bisa Mengonsumsi Antioksidan


Apakah kalian tahu Antioksidan ? jadi antioksidan adalah senyawa penangkal radikal bebas yang biasanya kita dapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain dapat menangkal radikal bebas, antioksidan juga dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Sebagai seorang perokok pasif, maka tanpa Anda sadari mungkin paru-paru Anda tetap sehat, padahal kalau di periksakan maka paru-paru Anda bisa mengalami berbagai masalah. Salah satunya yang bisa kita tahu adalah ditandai dengan sulit bernapas, sehingga dada terasa berat dan terasa sesak. nah, Untuk membantu meringankan peradangan di dalam tubuh, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagai makanan dan juga minuman yang banyak mengandung antioksidan seperti:
  • Teh hijau
  • Sayuran hijau
  • Kunyit
  • Kacang kenari
  • Minyak zaitun
  • Ceri
  • Stroberi
  • Apel
Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung Antioksidan, mengatur pola makan dengan teratur adalah cara makan pola hidup sehat, hal ini akan membantu membersihkan paru-paru perokok bagi pasif. Cara ini juga dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya peradangan yang sudah ada didalam tubuh agar tidak semakin parah.

5. Banyaklah dalam Minum Air Setiap Hari


Dengan minum banyak air setiap hari akan membantu Anda dalam menghidari dehidrasi tubuh dan hal ini akan membuang racun serta zat kimia yang ada di dalam sel termasuk pada paru-paru Anda. Selain itu, dengan minum banyak air juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih energik.

Oleh karenanya, rutinlah minum air setidaknya 8 sampai 12 gelas air perharinya. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam air, agar rasanya lebih nikmat dan juga manfaatnya lebih banyak diterima oleh tubuh.

6. Seringlah dalam Latihan Pernapasan Dalam


Untuk kalian yang ingin meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru, cobalah Anda lakukan latihan pernapasan dalam secara teratur setiap hari. Ada salah satu penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal Chest bahwa mereka menemukan bukti, olah latihan pernapasan dalam setelah operasi jantung akan membantu menyehatkan paru-paru.

Salah satu teknik pernapasan yang satu ini bisa membawa lebih banyak oksigen dan bisa mempercepat penyembuhan sehabis operasi jantung. Mengampil napas panjang, dengan lambat akan membantu dalam menyehatkan paru-paru. Tak hanya itu, teknik ini juga dapat membantu menyalurkan darah yang kaya akan oksigen ini ke bagian seluruh tubuh.

7. Taruh tanaman yang Hijau atau Rindang di Halaman Rumah


Menaruh tanaman hijau atau rindang di halaman rumah akan bisa menjadi cara mudah yang Anda coba untuk membersihkan organ paru-paru, jika Anda adalah seorang perokok pasif. Tanaman yang kaya atau bisa memproduksi oksigen, adalah zat vital yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernapas. Tidak hanya itu, adanya tanaman juga dapat membantu Anda menyaring racun di  udara yang ada di tempat tinggal Anda atau di halaman rumah. Tanaman hijau tersebut bisa, Pohon Palm, Pohon-pohon yang berdaun lebar, ataupun pohon bunga yang berbatang besar.

Perlu diperhatikan, bagi kalian yang menaruh tanaman di halaman rumah, pastikan pohon tersebut mendapat cukup sinar matahari. Jika tidak, tanaman tersebut justru akan menghirup oksigen yang ada di sekitarnya, bukannya memproduksinya. Akibatnya, oksigen yang seharusnya Anda dapatkan dan di konsumsi akan berkurang karena tanaman yang ada tersebut ikut menghirupnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi pembaca budiman. Mungkin hanya ini dulu yang dapat kami sajikan dan janganlupa baca juga tips kesehatan yang lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel