Widget HTML Atas

Keutamaan dan Amalan Pada Bulan Rajab

Keutamaan Bulan Rajab dan amalan pada bulan rajab yang bisa Anda lakukan. Dalam kalender umat Islam atau biasa orang menyebut dengan sebutan tahun Hijriyah sama halnya memiliki 12 bulan, yang mana pada setiap bulannya ada keistimewaannya masing-masing. Beberapa di antaranya seperti halnya yang terdapat pada bulan Raja, pada bulan tersebut Nabi Muhammad sangat memuliakannya.

Keumataan Bulan Rajab


Apalagi Bulan rajab ini sebentar lagi akan tiba waktunya, dan kita selaku umat islam patut bersyukur sampai dengan bulan ini maka dapat sebagai penanda akan hadirnya bulan yang suci, bulan berkah dan penuh rahmat yaitu bulan Ramadhan. Bulan rajab ini adalah bulan ke tujuh dalam tanggalan tahun Hijriyah.

Keutamaan dan Amalan pada Bulan Rajab

Bulan Rajab di tahun 2020 akan jatuh dan dimulai pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020.

Adapun untuk nama bulan Rajab ini berasal dari kata Tarjib, yang artinya terhormat. Dilihat dari namanya saja kita bisa menebak kalau bulan Rajab bukanlah bulan biasa seperti lainnya.

Meski bulan Rajab ini kemuliaannya tidak lebih dari Ramadhan, pada bulan Rajab ini kita juga diberi kesempatan, khususnya bagi umat Islam atau Muslim untuk bisa melakukan penebusan dosa selama satu tahun ini dan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Selain itu, di bulan Rajab ini juga memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan yang perlu kita ketahui.

Amalan pada Bulan Rajab


Seperti halnya kebiasaan Rasulullah SAW. Pada saat berada di bulan Rajab, Rasulullah SAW selalu berdoa dan menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, adapun untuk doa dalam memasuki bulan Rajab ini, Rasulullah SAW mencontohkan doa yang biasa beliau baca.

Berikut bacaan doa Rasulullah SAW saat memasuki bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

(Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ)

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Ustadz Abdul Somad mengungkapkan dalam tausiyahnya di sebuah video, beliau mengatakan, bahwa tidak ada ketentuan khusus yang disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan pada bulan Rajab ini.

Keistimewaan Bulan Rajab


kata beliau “Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, akan tetapi tidak ada disebutkan tentang amalan khususnya" di dalam bulan Rajab ini. Kata beluau "Cuma disebutkan secara umumnya saja, yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram". Haram di sini yang berarti mulia, kata haram berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, yang berarti kehormatan, mulia. Jadi untuk bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.

Adapun untuk bulan haram dalam Agama Islam itu ada empat, yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

“Sesuai hadis dari Rasulullah SAW, bahwa disebutkan untuk anjuran agar kita berpuasa di bulan-bulan ini yang empat tersebut. Jadi, khusus dibulan Rajab tidak ada dijelaskan apa saja amalan khususnya, karena dalam hadis yang ada hanya penjelasannya saja secara umum tidak mengkhususkan ke Rajab,” tambahnya kata Ustadz Abdul Somad.

Selama kita berada di bulan empat tersebut salah satunya adalah bulan Rajab, maka amalan selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan yang baik lainnya. Misalnya, seperti berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.

Selain kita berdzikir dan berdoa pada bulan Rajab ini, maka umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram yang lainnya.

Nah, itulah keutamaan dari Bulan Rajab, semoga kita semua bisa memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya pada bulan Rajab ini dan bisa beramal yang banyak untuk menyongsong juga pada Bulan Ramadhan.

Demikian ulasan tentang bulan Rajab, semoga bermanfaat dan mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan sampai bertemu kembali di ulasan yang lainnya. Terimakasih sudah berkenan membaca artikel ini. Jazakumullah Khairan.