11 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dirumah,  jadi mereka bisa bermain dengan se usia sebayanya baik itu bermain di lingkungan rumah maupun bermain di dalam rumah namun tidak menggunakan Gadget.

Di jaman modern seperti sekarang ini banyak anak yang sudah kecanduan gadget, bahkan jumlahnya sudah tidak sedikit. Sampai-sampai banyak yang sudah mengalami penyakit yang disebabkan karena gadget tersebut. Untuk itu sebagai orang tua kita harus pintar-pintar dalam mendidik anak, agar mereka tidak kecanduang dengan gadget. Karena ketika seorang anak sudah kecanduan gadget seperti bermain game, nonton tv bahkan juga nonton video, tentu hal ini akan membuat orang tua lebih keras lagi untuk merubah kebiasaan mereka untuk tidak bermain gadget secara berlebihan.

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget Pada Usia Dini


Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Karena kecanduan gadget bukanlah suatu hal yang disepelekan, apalagi hal ini yang mengalaminya adalah kalangan anak-anak, tentunya dalam hal ini perlu segera mencari cara untuk mengatasi kecanduan gadget, agar pengaruhnya tersebut tidak semakin parah.

Permasalahan yang kini banyak mempengaruhi orang-orang saat ini seperti efek sampingnya sangat membahayakan, tidak hanya bagi perkembangan fisik saja melainkan bisa mengganggu kondisi mental dan sosialnya.

Bayangkan saja kalau sejak kecil saja seorang anak sudah kecanduan gadget, tentunya semakin lama dan beranjak dewasa maka pengaruhnya pasti akan semakin membahayakan bagi anak tersebut.

Sebelum hal itu terjadi pada anak-anak kita, lebih baik segera cegah dengan cara-cara yang akan saya uraikan untuk mengatasi kecanduan gadget berikut ini. Bahkan cara-cara ini banyak direkomendasikan oleh pakar psikologi.

Berikut 11 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


1. Batasi waktu pemakaian gadget pada anak Anda,  kalau perlu orang tua jangan suka main gadget di depan anak


Cara yang pertama untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah Anda harus melakukan pembatasan pemakaian gadget pada anak di setiap harinya.

Adapun untuk panduan pemakaian gadget pada anak dari The American Academy of Pediatrics (2013) dan juga Canadian Paediatric Society (2010) berikut ulasannya :
  • Untuk Anak-anak usia dibawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk mengakses segala jenis gadget sendirian.
  • Anak-anak yang masih berusia 2-4 tahun diperkenankan untuk mengakses gadget maksimal 1 jam per harinya.
  • Anak-anak usianya sudah di atas 5 tahun hanya diperbolehkan untuk mengakses gadget maksimal selama 2 jam per hari.

2. Batasi penggunaan internet pada Anak


Buat kalian para orang tua yang memiliki anak hendaknya jangan lupa juga untuk membatasi penggunaan media internet pada anak Anda baik itu saat di rumah. Karena hal ini sangat penting untuk dilakukan bagi kalangan orang tua, terutama bila anak Anda adalah tipe anak yang sudah kecanduan mengakses konten-konten media internet atau di dunia maya seperti Game Online, Sosmed atau YouTube.

6. Ajaklah anak Anda untuk bermain dengan temannya


Salah satu penyebab anak Anda kecanduan gadget mungkin mereka ini karena tidak punya banyak teman yang sebayanya yang bisa diajak bermain.

Solusinya, adalah Anda harus banyak mengajak anak Anda bergaul dengan teman sebaya di sekitar lingkungan rumahnya atau di lingkungan sekolah, kalau tidak ada teman sebaya maka Andalah yang siap untuk menjadi teman sebayanya.

Anda juga bisa mengajak teman-teman anak Anda untuk bermain di rumah atau Anda menemani anak Anda bermain di lingkungan rumah dengan teman sebayanya.

7. Perbanyak aktivitas untuk anak


Pemilihan dalam beragam aktivitas juga sangat penting untuk bisa menunjang kegiatan anak untuk setiap harinya baik itu di lingkungan rumah ataupun di lingkungan luar rumah. Sebagai contoh, Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga, menjalankan suatu jenis hobi atau belajar menggambar, membuat karya, berjalan-jalan, ataupun menyertakan anak dalam beberapa kursus yang bermanfaat.

8. Bersikaplah disiplin dan tegas terhadap anak


Sebagai orang tua, di antara kalian mungkin ada yang merasa tidak tega ketika anak menangis atau mengamuk karena tidak bisa memegang gadget, lalu Anda selaku orang tua mengalah dan memberikan gadget padanya. Padahal, langkah seperti ini justru akan semakin membuat anak Anda menjadi manja dan lebih rewel. untuk itu, cobalah berlaku berusaha disiplin dan tegas terhadap anak dalam mengatur pemakaian gadget pada anak Anda. Karena kalau terus dibiarkan, maka kecanduannya pasti akan semakin parah.

9. Sediakan mainan alternatif pada anak


Salah satu cara untuk membatasi akses gadget pada anak adalah dengan menyediakan mainan alternatif. Sediakan saja beberapa mainan kesukaan anak Anda seperti mobil-mobilan, boneka, miniatur, robot-robotan, atau bola sebagai pilihan bermain alternatif bagi anak yang masih tetap menarik untuk dimainkan.

Apalagi, untuk saat ini sudah banyak tersedia pilihan permainan alternatif yang tidak hanya menarik namun juga edukatif untuk anak-anak.

10. Selalu beri contoh terbaik pada anak


Sudah sifat alamiahnya jika anak Anda akan meniru apa yang diperbuat oleh orang tuanya, termasuk soal penggunaan orang tua dengan gadget. Bila Anda tidak ingin anak Anda ini kecanduan gadget, maka cara yang terbaik untuk menghindarkan gadget dengan anak Anda tentu dengan memberikan contoh-contoh yang terbaik bagi anak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

11. Luangkan banyak waktu untuk anak


Ikatan batin yang kuat antara anak dan orang tua tidak akan bisa didapatkan, bila Anda dan anak-anak Anda saja banyak menghabiskan waktu denga gadget masing-masing. Jadi Anda hidup serumah namun jiwanya berjauhan. Untuk itu, cara untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak dengan menyediakan atau meluangkan banyak waktu untuk bermain atau berinteraksi dengan anak Anda dirumah.

Karena hal ini nantinya dapat membantu Anda dan anak Anda untuk menguatkan ikatan batin dan ikatan emosial di antara seluruh anggota keluarga yang ada di rumah Anda tersebut.

Penutup

Bila langkah-langkah diatas sudah Anda jalankan namun Anda masih saja mengalami kesulitan untuk mengaplikasikannya, mungkin Anda perlu untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Anda bisa menghubungi dokter spesialis anak ataupun para pakar psikolog anak, semoga hal ini bisa menjadi jalan keluar dalam mengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak. Langkah ini akan sangat membantu Anda selaku orangtua, apalagi efek samping yang ditimbulkan dari kecanduan gadget pada anak ini sudah sangat parah dan membahayakan mereka.

Mari sayangi keluarga kita dengan cara mengurangi waktu bermain gadget dan perbanyak waktu untuk bercengkrama bersama keluarga dirumah! Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak Anda di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaatkan dan menjadi pencerahan bagi kita selaku orang tua ataupun para pendidik. Sekian dari saya sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel