Widget HTML Atas

7 Fakta Asteroid Raksasa yang Akan Menabrak Bumi

Asteroid Akan Menabrak atau Menghantam Bumi di bulan April 2020 tepat di bulan yang akan datang. Ditengah pemberitaan soal pandemi Covid - 19 yang kini melanda dunia, kini muncul lagi kabar mengkhawatirkan soal Asteroid raksasa yang kabarnya berpotensi menabrak bumi. Dikutip dari Hitekno.com – Para Ilmuan menyatakan adanya Asteroid dengan diameter 1,1 dan 2,5 mil diperdiksi akan melintasi jalur orbit bumi pada akhir april 2020. Namun demikian, para ilmuan menegaskan bahwa kemungkinan besar jalur lintasan asteroid tersebut tidak akan benar-benar menghantam permukaan bumi dan Cuma “menyerempet” saja.

Fakta Menarik Asteroid yang Akan Menghantam Bumi

Asteroid yang Akan Menabrak Bumi di tahun 2020

Asteroid yang Akan Menabrak Bumi


Diperkirakan asteroid tersebut akan melewati 3.908.791 mil dari bumi dan bergerak dengan kecepatan 19.461 mil per jam. Peristiwa ini akan terjadi pada hari rabu 29 april 2020 pukul 4.56 ET. Berikut Fakta dari Asteroid yang Diprediksi akan Menabrak Bumi pada Tahun 2020:

1. Namananya diambil dari tahun penampakannya


Asteroid ini diberi nama sesuai dengan nama kali pertama penampakannya ditangkap oleh para ilmuan, yakni 1998 OR2. Ha. Hal ini sebenarnya cukup umum di kalangan ilmuan NASA dimana mereka sering memakai nama kode berdasarkan tanggal maupun tahun kapan benda langit itu pertama kali ditemukan.

2. Dipastikan tidak akan menabrak bumi


Para ilmuan NASA sudah memastikan bahwa 1998 OR2 tidak akan menabrak bumi, tapi tetap memiliki dampak yang cukup mengkhawatirkan karena ukurannya yang terbilang sangat besar hamper dipastikan memiliki efek tertentu pada bumi.

3. Berpotensi menimbulkan efek global


Meski Ilmuan NASA mengatakan 1998 OR2 akan meleset dari orbit bumi, akan tatapi ukurannya yang besar masih berpotensi menimbulkan efek massif pada iklim bumi yang akan berdampak pada kehidupan di permukaan bumi. Memang tidak sampai pada bahaya kepunahan manusia, seperti yang disampaikan oleh Direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA Paul Chodas yang mengatakan,

“Asteroid ini tidak mengancam bumi atau sangat berbahaya. Kami sudah mengamati asteroid ini selama bertahun-tahun dan tahu orbitnya dengan baik”

4. Bukan satu-satunya asteroid yang menuju ke bumi


Ilmuan NASA mengatakan bahwa 1998 OR2 bukan satu-satunya asteroid yang berpotensi memasuki orbit bumi. Terdapat juga 2002 PZ39 yang memiliki diameter 1 km yang bergerak dengan kecepatan 57.240 km per jam menuju bumi yang diaperkirakan tiba disekitar orbit bumi pada 10 agustus 2020 mendatang.

5. Salah satu objek terbesar yang pernah menghampiri bumi


Tercatat hingga kini 1981 ET3 adalah benda angkasa terbesar yang pernah mendekati bumi pada 1 september 2017 lalu. Dikatakan bahwa ukuran asteroid ini mencapai 1,1 mil sampai 2,5 mil.

6. Dampak yang ditimbulkan jika menabrak bumi


Ilmuan memperkirakan dampak dari 1996 OR2 jika benar-benar menabrak bumi yakni cukup luar biasa untuk membuat manusia punah. Meski sudah berkali-kali disampaikan bahwa 1998 OR2 hanya akan berada disekitar orbit bumi saja, para ilmuan seperti Jonathan McDowell dari Pusat Astrofisika Harvard Smithsonian mengatakan,

“Ini adalah ancaman eksistensial jangka panjanguntuk spesies kita. Ketika asteroid ini jatuh ke bumi akan membuat kawah besar . Dan juga melemparkan sejumlah material besar ke atmosfer bumi. Tentunya hal ini akan memusnahkan kehidupan di muka bumi ini sejauh ribuan mil “.

Sebagai perbandingan. Asteroid yang dipercaya memusnahkan kehidupan Dinosaurus memiliki diameter 12 km, jauh lebih besar dari asteroid yang kini menuju orbit bumi

7. Akan kembali di tahun 2057


Menurut prediksi ilmuan NASA, 1998 OR2 akan kembali mengancam bumi pada tahun 2057 mendatang, namun orbit lintasannya belum bisa dipastikan.

Menanggapi hal ini, Amerika serikat juga mulai mengambil tindakan serius dengan melakukan persiapan untuk menangani hal-hal yang tidak terduga. Mereka menyatakan menyiapkan pesawat ruang angkasa khusus yang bertugas membelokkan ataupun mengubah orbit lintasan asteroid-asteroid tersebut.

Ditengah kekhawatiran global tentang virus corona yang kini menjelma menjadi permasalahan global serta dampaknya terhadap prekonomian dunia, manusia ternyata juga harus mulai bersiap pada ancaman lain yang berasal dari luar bumi.

Para Ilmuan menyatakan adanya Asteroid dengan diameter 1,1 dan 2,5 mil diperdiksi akan melintasi jalur orbit bumi pada akhir april 2020. Asteroid dengan nama 1998 OR2 ini meskipun dipastikan tidak akan menabrak bumi, namun dampak gesekannya terhadap atmosfer bumi tetap harus diwaspadai.

1998 OR2 bukan satu-satunya asteroid raksasa yang akan melintasi jalur orbit bumi di tahun 2020 ini, tercatat juga 1981 ET3 yang punya diameter sedikit lebih kecil dari 1998 OR2.

Adapun tindakan penanggulangan yang akan diambil pemerintah, Khususnya Amerika Serikat dalam hal ini NASA adalah menyiapkan pesawat luar angkasa untuk membelokkan jalur lintasan asteroid-asteroid tersebut.

Penutup

Pada dasarnya hampir setiap harinya bumi selalu berhadapan dengan berbagai macam benda langit yang mencoba memasuki orbitnya dan kebanyakan dari benda-benda ini  meleleh atau terlalu kecil untuk menimbulkan masalah yang signifikan terhadap keberlangsungan hidup di permukaan bumi.

Namun perlu dicatat, bahwa lapisan atmosfer yang berperan sebagai pelindung bumi dari benda-benda langit kian menipis karena polusi lingkungan yang ditimbulkan oleh setiap aktivitas manusia, hal ini mulai menjadi perhatian serius karena jika lapisan atmosfer terus menipis maka fungsinya juga akan berkurang dalam menangkal setiap hujaman benda langit. Dan jika ini terus dibiarkan tanpa adanya upaya manusia untuk merubah kebiasaan hidup, maka dapat dipastikan di masa depan bumi tidak akan menjadi tempat yang ramah lagi bagi kehidupan.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200214214001-199-474851/10-asteroid-diprediksi-akan-menghantam-bumi-2020