13 Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi yang Harus Anda Waspadai

Inilah bahaya minum Kopi bagi kesehatan apalagi minumnya terlalu berlebihan. Terlalu sering Minum Kopi ternyata Berbahaya bagi Kesehatan tubuh kita, apalagi minum kopinya setiap jam sekali. Dijaman ini yang namanya minuman kopi sudah beragam variasi, apalagi minuman kopi ini dalam akhir-akhir ini digandrungi semua kalangan, mulai dari tingkat anak remaja sampai dengan orang dewasa, bahkan hal ini mungkin termasuk Anda juga. Kopi adalah minuman yang khas dengan rasa pahitnya ini memang sudah banyak diteliti oleh para pakar, baik itu manfaat dari kopi itu sendiri sekaligus efek negatifnya dari adanya mengkonsumsi kopi itu sendiri. Nah, jika Anda para kaula muda yang suka minum kopi setiap hari, apakah Anda sudah tahu ada bahaya yang mengintai dari minuman kopi yang Anda minum ?

Banyak para pakar yang melakukan studi dengan mengamati manfaat akan kopi untuk kesehatan tubuh manusia. Misalnya seperti Steven Rothschild, MD, ia adalah seorang pendiri Rush University Family Physicians, dirinya menjelaskan tentang manfaat dari kopi untuk kesehatan manusia.

Bahaya minum kopi bagi kesehatan tubuh

Apalagi Biji kopi ini mengandung banyak senyawa antioksidan, dimana zat ini yang dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit, seperti halnya masalah pada penyakit Parkinson, liver, dan demensia.

Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi bagi Kesehatan



Nah, rupanya, sekalipun kopi ini membawa manfaat yang cukup melimpah, tetapi minum kopi yang dilakukan setiap hari juga bisa menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Karena apabila kita terlalu sering minum Kopi akan Berbahaya Bagi Kesehatan tubuh, jadi mulai sekarang ada baiknya kita berhati-hati terutama bagi kalian Coffee Lovers!

Terlalu sering minum kopi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang, kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut sulit ditinggalkan. Kebiasaan itu umumnya dilakukan para pekerja di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak, sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kopi setiap saat dan setiap hari. Karena, terlalu sering minum kopi juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda.

Dirangkum dari laman HR Online dan berbagai sumber, berikut ini ada sejumlah efek berbahaya yang mengintai kesehatan tubuh kita, jika terlalu sering minum kopi, berikut ulasannya :


1. Darah Tinggi


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, mengungkapkan bahwa, kafein dapat meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

2. Kolesterol Meningkat


Sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8 persen. Hal ini akibat adanya kandungan minyak terpene di dalam kopi.

4. Terkena Diabetes


Penelitian yang dilalukan oleh American Diabates Association membuktikan bahwa kafein mampu merusak metabolisme glukosa pada penderita diabetes tipe 2. Jadi, bagi Anda yang sudah terkena penyakit diabetes tipe 2 sebaiknya hindari mengonsumsi kafein jika tidak ingin memiliki kadar gula darah yang tinggi.

5. Memicu Detak Jantung Lebih Cepat


Menurut seorang pakar kesehatan dan nutrisi, dr. Jansen Ongko, MSc., RD., konsumsi kopi yang berlebihan bisa memicu detak jantung lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi pada orang-orang yang punya masalah kesehatan jantung.

6. Penyakit Jantung


Bahaya terlalu sering minum kopi juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi atau bahkan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, terutama bagi seseorang yang punya mutase genentik tertentu, yakni mutase gen yang membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh menjadi lebih lambat.

7. Masalah Pencernaan


Sebagian orang beranggapan bahwa kopi merupakan stimulan yang bisa meningkatkan metabolisme, sehingga dapat menurunkan berat badan. Anggapan tersebut membuat seseorang yang sedang diet mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Padahal, mengonsumsi kopi secara berlebihan justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena, mengonsumsi kopi terlalu sering menyebabkan munculnya peningkatan asam lambung, diare, munculnya sindrom iritasi pada usus, dan tubuh akan mengalami dehidrasi.

8. Menyebabkan Inkontinensia


Bahaya keseringan minum kopi juga bisa menyebabkan inkontinensia, yakni kondisi ingin buang air kecil secara terus-menerus, atau bisa dibalang tidak dapat mengkontrol buang air kecil.

Penelitian yang dilakukan Universitas Alabama menyatakan bahwa, mengonsumsi kafein sebesar 70 persen bahkan lebih akan meningkatkan inkontinensia, terutama bagi wanita. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kopi atau kafein dalam setiap harinya.

9. Insomnia


Bisa dipastikan hampir semua orang mengetahui atau bahkan mengalami hal ini. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun, bagi kaum millenials, tak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah tersebut, tapi justru malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.

10. Mengganggu Kesehatan Janin


Minum kopi saat hamil sebetulnya masih diperbolehkan, tapi harus dengan jumlah yang sedikit. Jika ibu hamil mengonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan janin yang dikandungnya.

Pasalnya, kopi yang berlebihan masuk ke dalam tubuh akan menghambat laju perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran.

11. Menyebabkan Osteoporosis


Bahaya sering konsumsi kopi lainnya adalah bisa menyebabkan munculnya osteoporosis. Hal ini dikarenakan kopi mampu mengikis kalsium yang ada di dalam tubuh, terutama tulang yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Dengan terjadinya pengikisan kalsium tersebut, kopi juga bisa mengakibatkan tulang menjadi lemah. Jika Anda menderita osteoporosis, sebaiknya konsumsi kopi maksimal 300 mg dalam setiap harinya. Namun, Anda juga harus mengonsumsi kalsium untuk bisa menyeimbangkannya.

12. Pencernaan Terganggu


Ternyata kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mempengaruhi pencernaan. Terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan sakit perut, apalagi kalau perut masih dalam keadaan kosong.

13. Asam Lambung Meningkat


Karena, senyawa kafein atau katekol yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, khususnya bagi mereka yang punya masalah lambung atau penyakit maag.

Nah, itulah beberapa efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita diakibatkan terlalu sering minum kopi setiap hari. Untuk itu, mulai saat ini sebaiknya kurangi mengkonsumsi kopi agar kita terhindar dari efek berbahaya tersebut di atas. 

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan dalam pembahasan Kopi ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel