Widget HTML Atas

Cara Download Sertifikat Akreditasi 2020

Cara download sertifikat akreditasi sekolah/madrasah tahun 2019 - 2020. Bagi sekolah dan madrasah yang telah mengikuti akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN S-M, dan hasilnya telah diumumkan, dapat mengunduh sertifikat atau piagam akreditasi secara mandiri. Sertifikat akreditasi ini setelah diunduh, dapat dicetak sendiri dan berlaku sah sehingga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Cara Download Sertifikat Akreditasi 2020


Sebagaimana diketahui, mulai tahun 2018 yang lalu bahwa untuk BAN S/M membuat terobosan akreditasi sekolah/madrasah melalui Sispena (Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah) yang berbasis web. Selain sebagai penilaian, dari laman sispena ini dapat diunduh piagam atau sertifikat akreditasi bagi sekolah dan madrasah yang telah mengikuti akreditasi dan diumumkan hasilnya.

Hal ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana sertifikat akreditasi diberikan dari BAN SM Provinsi dalam bentuk fisik.

Cara Download Sertifikat Akreditasi 2020

Meski dalam bentuk digital dan dapat dicetak sendiri namun sertifikat akreditasi ini tetap sah dan berlaku sebagimana mestinya. Karena dalam sertifikat ini telah dilengkapi dengan tanda tangan elektronik (semacam barcode) sesuai ketentuan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). Pun hal ini sesuai dengan Undang-undang ITE pasal 11 tentang tanda tangan elektronik.

Cara Mengunduh Sertifikat Akreditasi Sekolah/Madrasah


Untuk mengunduh sertifikat akreditasi Sekolah/Madrasah cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke laman sispena yang beralamat di https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login
  2. Masukkan username dan password madrasah masing-masing serta kode captcha yang tertera lalu klik Login
  3. Setelah berhasil masuk ke laman Sispena, klik menu Dashboard yang ada di pojok kanan atas
  4. Tampil tahapan-tahapan akreditasi yang telah dilalui
  5. Lihat pada tahapan paling akhir dan klik tulisan "Download Sertifikat" tepat di bawah tahapan pleno
  6. Tampil dokumen sertifikat akreditasi dan sertifikat siap diunduh
  7. Jika menggunakan IDM biasanya pada langkah keenam akan langsung muncul jendela IDM untuk mengunduh
  8. Pada beberapa kasus, terutama jika broser disetting pada mode safe, setelah diklik "Download Sertifikat" akan tampil peringatan "Your connection is not private" sehingga dokumen sertifikat akreditasi tidak dapat diunduh.

Download Sertifikat Akreditasi 2020


Jika muncul peringatan semacam itu, lakukan langkah-langkah berikut:

Klik tulisan "ADVANCED"

Klik "Proceed to 118.98.221.173 (unsafe)"

Sertikat akreditasi pun dapat di-download

Agar lebih jelas, silakan simak video tutorial cara mengunduh sertifikat akreditasi sebagai mana berikut ini.

Namun jika saat masuk ke dashboard sispena, tahapan pleno tersebut belum tercentang biru (masih berwarna kelabu) dan tidak ada tulisan "Download Sertifikat", berarti sertifikat belum tersedia untuk diunduh.

Di era digital ini sudah tidak jamannya lagi menunggu kiriman sertifikat fisik. Apalagi sertifikat akreditasi sekolah/madrasah. Sehingga bagi madrasah yang telah menyelesaikan akreditasi dan hasilnya telah diumumkan, silakan cek di akun sispena masing-masing. Jika sertifikat telah tersedia silakan download sertifikat akreditasi.