Widget HTML Atas

10 Cara Mengatasi Ketiak Basah Paling Ampuh!

Cara Mengatasi Ketiak Basah dengan cara yang mudah dan sederhana akan saya uraikan tipsnya dalam kesempatan kali ini. Selain masalah bau badan yang sering muncul, masalah ketiak basah juga kerap kali menjadi salah satu masalah dan hal ini kerap kita temui. Tentunya dari keduanya sama-sama tidak boleh kita sepelekan karena dapat mengganggu penampilan Anda. Tidak sulit sebenarnya mengatasi ketiak basah. Simak 7 cara mengatasi ketiak basah paling ampuh berikut ini!

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Ketiak basah umumnya disebabkan oleh produksi keringat berlebih. Umumnya penggunaan deodorant dilakukan untuk mencegah ketiak basah, tapi bagi sebagian orang cara ini tidak selalu membantu. Jangan khawatir dan tidak perlu panik, berikut 8 cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda coba!

10 Cara Mengatasi Ketiak Basah Paling Ampuh!


1. Gunakan Deodoran dengan Kandungan Antiperspirant


Cara mengatasi ketiak basah yang pertama adalah dengan cara menggunakan deodoran yang memiliki kandungan antiperspirant.

Banyak orang yang mengira deodoran dan antiperspirant sama, padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Deodoran hanya bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau keringat, tapi tidak dapat mencegah produksi keringat itu sendiri.

Hal ini yang membuat deodoran hanya mampu mencegah bau badan, tapi tidak mencegah ketiak basah. Sedangkan antiperspirant bekerja mencegah produksi keringat berlebih. Maka dari itu, penggunaan produk deodoran dengan kandungan antiperspirant akan lebih baik untuk mencegah ketiak basah dan bau.

2. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Keringat


Ternyata makanan juga dapat menjadi salah satu faktor pencetus ketiak basah dan berbau.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi ketiak basah adalah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebih tersebut. Jenis makanan yang dapat menyebabkan produksi keringat berlebih adalah seperti makanan tinggi lemak, makanan tinggi natrium, dan makanan rendah serat.


Lebih spesifik lagi, beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar ketiak tidak basah adalah seperti makanan olahan, minuman beralkohol, bawang putih dan bawang bombai, es krim, makanan panas, dan makanan pedas.

3. Gunakan Antiperspirant dan Berpakaian Ketika Tubuh Kering


Sebelum memulai aktivitas, Anda tentunya biasa mandi di pagi hari.

Setelah mandi, Anda akan menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian. Cara penggunaan antiperspirant dan berpakaian yang salah dapat menyebabkan produksi keringat berlebih di ketiak.

Salah satu cara menghilangkan ketiak basah adalah dengan memastikan tubuh Anda benar-benar kering sebelum menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian. Menggunakan antiperspirant pada ketiak yang lembap atau kotor akan membuatnya tidak bekerja dengan baik.

4. Pilih Pakaian yang Tepat


Selain waktu berpakaian, jenis pakaian yang Anda kenakan juga tentu berpengaruh pada produksi keringat di ketiak.

Pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian ketiak, dapat memicu produksi keringat berlebih. Cara agar ketiak tidak basah adalah dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar dan dengan bahan lembut agar kulit dapat bernapas bebas dan tidak memproduksi keringat berlebih.

Perlu diketahui juga bahwa pakaian yang terlalu ketiak di bagian ketiak berpotensi untuk menyebabkan iritasi yang kemudian memicu ketiak hitam. Maka dari itu, sebisa mungkin pilih pakaian yang nyaman untuk ketiak Anda.

5. Konsumsi Makanan yang Menurunkan Produksi Keringat


Selain makanan yang memicu produksi keringat, terdapat juga jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan produksi keringat.

Konsumsi makanan jenis ini dapat menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan ketiak basah. Pilihan makanan yang tidak membuat kerja sistem pencernaan menjadi terlalu berat dan makanan yang dapat menenangkan sistem saraf adalah pilihan yang tepat.

Jenis makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan produksi keringat adalah seperti pisang, makanan tinggi kalsium, kacang almond, air mineral, teh hijau, ubi jalar, serta buah dan sayur dengan kadar air tinggi.

6. Cukur Bulu Ketiak Rutin


Keberadaan bulu ketiak yang terlalu lebat juga dapat menjadi penyebab produksi keringat berlebih.

Selain memicu produksi keringat, keberadaan bulu ketiak ini juga membuat antiperspirant yang Anda gunakan tidak dapat bekerja dengan maksimal. Cara mengatasi ketiak basah adalah dengan mencukur bulu ketiak secara teratur.

Perhatikan juga cara mencukur bulu ketiak yang benar agar ketiak terhindar dari iritasi. Sama seperti pakaian ketat, iritasi akibat mencukur ketiak juga dapat menyebabkan ketiak hitam. Baik ketiak basah, berbau, dan ketiak hitam adalah masalah yang tentunya ingin Anda hindari.

7. Jangan Panik


Masalah ketiak basah mungkin dapat membuat Anda stres dan panik, tapi kondisi ini sebaiknya Anda hindari.

Ketika Anda merasa stres, panik, ataupun gugup, tubuh justru akan memproduksi keringat lebih banyak lagi. Jika menemukan kondisi seperti ini, cobalah untuk menenangkan diri Anda. Cobalah untuk mempelajari teknik relaksasi dan manajemen stres untuk membantu Anda menangkan diri dalam situasi tersebut.

8. Kurangi Konsumsi Kafein


Sebelumnya disebutkan bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat.

Ternyata beberapa jenis minuman juga dapat menyebabkan hal yang sama. Salah satunya adalah minuman yang mengandung kafein. Zat satu ini dapat merangsang sistem saraf dan juga meningkatkan produksi keringat.

Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan detak jantung, dan memengaruhi kelenjar keringat. Minuman berkafein seperti kopi yang dinikmati panas juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

9. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik


Cara agar ketiak tidak basah lainnya adalah dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh akan dapat menjaga suhunya dan mencegah tubuh menjadi terlalu panas. Jika suhu tubuh dibiarkan naik dan menjadi panas, hal ini akan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat lebih banyak.


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa air putih dan makanan dengan kadar air yang tinggi termasuk ke dalam makanan yang dapat membantu menurunkan produksi keringat. Hal ini disebabkan karena konsumsi air yang cukup adalah cara untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

10. Berhenti Merokok


Sama seperti kafein, nikotin dalam rokok juga dapat meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan detak jantung, dan juga memengaruhi kelenjar keringat.

Rokok juga diketahui dapat menyebabkan masalah lain seperti bau mulut, gigi bernoda, dan kanker. Mengurangi atau bahkan berhenti merokok tidak hanya akan membantu mengatasi ketiak basah, tapi dapat juga menurunkan risiko berbagai penyakit.

Itu dia berbagai cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda coba. Beberapa cara di atas juga ampuh untuk menghindarkan Anda dari masalah bau ketiak dan ketiak hitam. Yuk, rawat ketiak dengan benar dan kembalikan rasa percaya diri Anda!