Widget HTML Atas

5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona yang Harus Anda Ketahui

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona yang Harus Anda ketahui. Virus Corona 2019 atau biasa disebut dengan (COVID-19) untuk saat ini masih diteliti dan belum ada vaksin yang ampuh sebagai pencegahannya. Apabila Anda sejak saat ini merasakan gejala terpapar virus Covid-10 sebaiknya Anda melakukan beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus Corona sejak dini. Ada beberapa tindakan preventif yang sangat penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi orang lain dari paparan penyakit ini, contohnya seperti yang akan saya uraikan dibawah ini.

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona


Berdasarkan hasil riset atau laporan dari World Health Organization, bahwa virus Corona ini termasuk dalam keluarga besar virus yang bisa menyebabkan penyakit yang sangat serius, mulai dari flu biasa hingga bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih parah nantinya, seperti Sindrom Pernapasan di Timur Tengah (MERS-CoV) dan juga Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS-CoV).

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Penyakit Coronavirus novel 2019 (nCoV) sudah terkenal dan yang sekarang ini disebut dengan COVID-19 adalah jenis Virus baru yang belum bisa diidentifikasi pada tubuh manusia. Virus COVId-19 ini pertama kali terdeteksi pada bulan Desember 2019 yang mana menginfeksi puluhan ribu orang di Negara China dan dengan cepatnya Virus Corona ini menyebar ke berbagai negara hingga ke Negara Indonesia.

Cara Penyebaran Corona


Penyebaran Virus Corona 2019 atau (COVID-19) dikabarkan bahwa lebih mudah dari penyebaran SARS yang mana hal ini termasuk ke dalam jenis Coronavirus lain. Berdasarkan hasil laporan dari New England Journal of Medicine, bahwa COVID-19 ini dipaparkan dari orang lain yang sudah terinfeksi saat mereka mulai merasakan gejala seperti flu biasa.

Gejala Corona berupa gejala ringan seperti flu, batuk, demam, sakit kepala, hidung beringus, sakit tenggorokan, dan tidak enak badan hingga seseorang yang terinfeksi mungkin tidak menyadari diri mereka sakit dan menyebarkan virus tersebut ke orang lain melalui udara saat bersin atau melalui kontak langsung.

5. Perhatikan Etika Batuk dan Bersin


Apabila Anda sedang batuk atau bersin, Anda harus menutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu dan segera buang tisu bekas tersebut ke tempat sampah. Lalu, cuci tangan dengan sabun hingga bersih selama minimal 20 detik.

Anda juga dianjurkan untuk cuci tangan setelah bersin atau batuk dengan hand sanitizer atau pencuci tangan yang mengandung setidaknya alkohol 60%. Melakukan etika batuk dan bersin terutama saat Anda sedang sakit akan membantu orang lain untuk tidak terpapar berbagai virus yang mungkin berkembang.

6. Sering Cuci Tangan


Seperti yang sudah disarankan, cara mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan cuci tangan Anda setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung beringus selama 20 detik dengan sabun cuci tangan. Anda juga harus cuci tangan sebelum dan setelah makan atau menyiapkan makanan.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda apabila Anda belum mencuci tangan karena Anda tidak pernah tahu bila Anda mungkin telah menyentuh benda-benda seperti meja, gagang pintu, tombol lift, dan fasilitas umum lainnya yang mungkin terpapar virus aktif.

7. Hindari Berbagi Peralatan Makan dan Peralatan Pribadi


Anda mungkin sering berbagai alat makan seperti sendok dan gelas dengan teman-teman Anda, namun kebiasaan tersebut harus dihindari sekarang karena paparan virus, bakteri, dan kuman lainnya sangat mungkin terjadi.

Anda harus mencuci bersih berbagai peralatan setelah digunakan. Anda juga harus menghindari berbagi handuk, tempat tidur, sabun, dan sikat gigi dengan orang lain atau hewan peliharaan.

8. Bersihkan Benda-Benda yang Sering Disentuh


Setiap hari Anda dan orang-orang di sekitar Anda menyentuh benda-benda umum seperti kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, gagang pintu, tempat tidur, meja, dll yang mungkin menjadi tempat paparan virus dan bakteri. Bersihkan permukaan benda-benda tersebut dengan semprotan pembersih rumah atau lap.

Cara mencegah penyebaran virus Corona juga dengan membersihkan tempat-tempat yang mungkin  mengandung darah, tinja, atau cairan tubuh.

9. Pantau Gejala


Anda harus selalu memantau gejala Anda. Gejala COVID-19 sangat ringan, beberapa orang yang terinfeksi bahkan tidak menunjukan gejala-gejala penyakit. Apabila gejala flu biasa disertai dengan sesak napas dan semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

10. Mengikuti Saran Dokter


Tetap ikuti perkembangan terbaru tentang virus Corona yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan serta otoritas kesehatan publik nasional dan lokal untuk melindungi diri Anda dari paparan virus ini.

Hal yang paling penting adalah untuk segera hubungi penyedia layanan kesehatan terdekat apabila Anda mengalami gejala terkait paparan virus Corona. Selanjutnya ikuti semua saran yang diberikan baik untuk pencegahan penyebaran Corona dan perawatan paling efektif.

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Penyebaran Corona


Berdasarkan CDC, berikut ini adalah pertanyaan paling banyak ditanyakan tentang virus Corona:

1. Bagaimana Penyebaran Virus Corona?


Virus Corona pertama kali dideteksi di kota Wuhan, China. Kasus infeksi pertama dikaitkan dengan pasar hewan hidup dan menyebar dari orang ke orang di berbagai negara sekarang. Kasus ini masih diteliti untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.

2. Bisakah Orang yang Terpapar Virus Corona Menyebarkan Virus Ini?


Orang yang terinfeksi virus Corona dapat menularkannya ke orang lain. CDC merekomendasikan orang yang terinfeksi untuk melakukan perawatan atau isolasi di pelayanan kesehatan sampai mereka menjalani perawatan dan sembuh.

3. Apakah Orang yang Pernah Dikarantina untuk Virus Corona Bisa Menyebarkan Virus Ini?


Karantina berarti memisahkan orang yang memiliki risiko infeksi virus Corona dari ruang publik untuk kebutuhan perawatan dan pencegahan penyebaran Corona. Periode karantina adalah 14 hari.

Orang yang telah lulus masa karantina terkait COVID-19 berarti dinyatakan tidak terpapar virus dan sehat. Mereka tidak memiliki risiko untuk memaparkan virus ke orang lain karena tidak mengembangkan penyakit tersebut.

4. Apakah Cuaca Panas Dapat Membunuh Virus Corona?


Belum ada penelitian yang memastikan bahwa cuaca panas akan membunuh penyebaran Corona. Penelitian terkait semua kasus Corona masih diteliti.

5. Bagaimana Cara Melindungi Diri Anda dari Paparan Virus Ini?


Anda dapat melindungi diri Anda dari paparan virus Corona dengan cara:
  1. Hindari kontak langsung dengan orang sakit
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan
  3. Tutupi hidung dan mulut saat Anda bersin atau batuk
  4. Cuci tangan teratur
  5. Jalani pola makan dan pola hidup sehat
Ciri-ciri virus Corona adalah demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Gejala yang lebih parah adalah pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Cara mencegah penyebaran virus Corona yang paling dasar adalah dengan mencuci tangan, menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, makan makanan sehat agar sistem kekebalan tubuh kuat, serta hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala penyakit pernapasan seperti bersin dan batuk.