Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020

Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020. Anda bisa Mendownload Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020 di bawah ini. Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.


Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020


Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi.


Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020

Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada tahun 2020 akan dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan untuk tingkat nasionalnya akan diselenggarakan di Provinsi Bangka Belitung. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentu siswa berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.


Download Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SLTA/SMA Tahun 2020


Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2020 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan KSN sebagai pedoman bagi penyelenggara KSN setiap jenjangnya. Akhir kata, semoga penyelenggaraan KSN tahun 2020 makin baik dari tahun-tahun sebelumnya.


Tujuan umum penyelenggaraan KSN Tahun 2020 :


1. mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul,

2. mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia,

3. menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.


Tujuan Khusus KSN Tahun 2020 :


1. menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/ kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,

2. menyeleksi peserta didik yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi,

3. menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat internasional.


Tahapan pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020 terdiri atas:


1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)

2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)

3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)

4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)


Bidang Sains yang dilombakan dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020


Bidang sains yang dilombakan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah:

1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Informatika
5. Biologi
6. Astronomi
7. Ekonomi
8. Kebumian

9. Geografi

Silahkan Anda Download filenya di SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel