Kisi-Kisi UN 2020 untuk SMP, SMK dan SMA

Kisi Kisi UNBK SMP, SMK dan SMA serta SLB Tahun 2020 akan saya bagikan secara Gratis. Apalagi untuk pelaksanaan UNBK ditingkat SMP, SMK dan SMA telah resmi dirilis Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan atau (BSNP). Jadi BSNP telah merilis kisi-kisi UN dan juga kisi-kisi UNBK untuk tahun pelajaran 2019/2020. BSNP merilis kisi-kisi untuk siswa jenjang SMP, SMA, SMK hingga Sekolah Luar Biasa atau SLB. BSNP sendiri merupakan sebuah lembaga yang mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk untuk mengemban misi mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Kisi - Kisi UNBK Tahun 2020


kisi kisi unbk tahun 2020


Menurut POS (Prosedur Operasional Standar) UN, UN 2020 akan dilakukan dengan berbasis komputer atau UNBK dan berbasis kertas dan pensil atau UNKP. Kisi-kisi Ujian Nasional merupakan acuan dalam pengembangan dan pembuatan soal UN yang disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Berdasarkan informasi dari laman kemendikbud.go.id, berikut adalah link download kisi-kisi semua mata pelajaran untuk Ujian Nasional jenjang SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Penerapan UNBK dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran, dan integritas ujian. Sekolah atau madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK harus telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Telah teakreditasi
  2. Tersedia sejumlah komputer dan peladen (server) sesuai kebutuhan
  3. Memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Panitia UN
Satuan pendidikan yang tidak dapat melaksanakan UNBK dapat mengusulkan pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas kepada dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya.

Jadwal UNBK untuk SMK, SMA dan SMP


Sebelumnya, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan jadwal resmi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 tahun ajaran 2019/2020. Jadwal ujian secara urut dimulai dari jenjang SMK, SMA, dan SMP.

1. Jadwal UNBK SMK/MAK: Senin, 16 Maret 2020 sampai 19 Maret 2020


Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Teori Kejuruan

2. Jadwal UNBK SMA/MA/SMAK/SMTK/Utama Widya Pasraman: 30 Maret 2020 sampai 2 April 2020


Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, satu mata pelajaran jurusan yang diujikan

3. Jadwal UNBK SMP/MTs: 20 April 2020 sampai 23 April 2020


Materi yang diujikan: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris

4. Jadwal UNKP SMK/MAK: 16 Maret 2020 sampai 19 Maret 2020


5. Jadwal UNKP SMP/MTs dan SMPLB: 20 April 2020 sampai 23 April 2020


Ayo, buat kalian jangan sampai lupa untuk mengunduh file kisi-kisinya sekarang ya! 

Silahkan kunjungi alamat berikut ini : Download Kisi-Kisi UN Tahun 2020

Nah, buat adik-adik dengan adanya kisi -kisi ini kalian bisa belajar sesuai kisi-kisi yang diberikan oleh pemerintah. Karena ini merupakan salah satu cara belajar cerdas. Kalian tidak perlu lagi melahap semua materi yang sudah kalian terima dari kelas satu hingga sekarang. Cukup dengan mengacu pada kisi-kisi, kalian bisa belajar secara lebih terarah. 

Apakah kalian sudah siap? Yuk, tetap semangat mempersiapkan diri mengikuti ujian nasionalnya, semoga kalian sukses ya ! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel