12 Rahasia dan Keajaiban Sedekah yang Harus Anda Ketahui

Rahasia dan Keajaiban Sedekah yang Harus Kita Ketahui, agar kita bisa mempergunakan harta yang kita miliki di jalan yang benar dan bermanfaat untuk kepentingan umu maupun membantu suadara kita yang lainnya. Sebelum saya membahas lebih luas lagi maka akan saya berikan dulu pengertian sedekah. Jadi, Sedekah adalah pemberian baik itu uang, benda yang bernilai ataupun semabko dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk mengharap agar bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT. Perbuatan Sedekah bisa berupa apa saja yang terpenting bermanfaat bagi orang lain.

Rahasia dan Keajaiban Sedekah


Contohnya seperti kita sedekah uang, barang, tenaga, bahkan makanan. Jika kita berbuat atau bersedekah dengan niat tulus karena mengharapkan ridha dari Allah SWT maka kita akan mendapatkan pahala disisi allah SWT yang berlipat gandanya.

rahasia dan keajaiban sedekah
yuk,,! Bersedekah.. :)

Bersedekah adalah salah satu amal shaleh yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW bahkan di dalam Al-Qur'an saja sudah dijelaskan. Jadi, orang yang bersedekah akan sangat mendapatkan balasan yang tidak terhingga dari Allah SWT. karena banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa didapatkan dari Allah SWT kepada hambanya orang-orang yang mau bersedekah. Contohnya seperti berikut ini :

12 Rahasia dan Keajaiban Sedekah yang Harus Kita Ketahui, berikut ulasannya :


1. Bersedekah dapat Meningkatkan Empati Sosial


Sedekah merupakan suatu proses memberikan apa yang kita punya, baik dalam bentuk materil ataupun non materil pada orang yang membutuhkan. Bersedekah tersebut tidak hanya dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan namun juga melatih rasa empati kita pada orang lain khususnya pada penerima zakat atau sedekah tersebut.

2. Bersedekah dapat Memperkuat Iman


Ibadah menjadi sarana pengabdian hamba terhadap Allah SWT dan sedekah dalam Islam menjadi salah satu perintah untuk semua umat muslim. Bersedekah yang dilakukan dengan niat ibadah pada Allah SWT akan semakin menguatkan iman pada Allah SWT.

3. Bersedekah dapat Menghindari Sikap Kikir


Salah satu sifat buruk yakni kikir harus sangat dihindari sebab sebagai makhluk sosial, sudah tidak seharusnya kita memiliki sifat sombong dengan beranggapan jika yang kita miliki adalah karena hasil usaha kita saja tanpa menyadari campur tangan Allah SWT dalam hal tersebut.

Hal buruk ataupun baik yang terjadi pada diri kita harus disadari jika terdapat campur tangan dari Allah SWT dan juga campur tangan dari orang lain sehingga keutamaan bersedekah yang kita lakukan akan menjauhkan kita dari sikap yang kikir.

4. Bersedekah dapat Mengabulkan Hajat


Selain dengan cara shalat hajat, untuk anda yang memiliki hajat tertentu dan ingin segera dikabulkan, maka cara yang bisa ditempuh adalah melakukan sedekah.

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

5. Bersedekah dapat Menjauhkan Bencana


Sedekah juga akan memberikan hikmah yang luar biasa bagi pelakunya yakni menjauhkan diri orang tersebut dari segala macam bahaya sekalipun pelaku sedekah tersebut adalah seorang pendosa, kafir bahkan zhalim dan bisa menghadapi musibah dalam Islam dengan baik sebab Allah SWT akan menjauhkan bencana dari orang yang melakukan sedekah tersebut.

6. Bersedekah dapat Memperbanyak Rezeki


Jika kita mengeluarkan sedekah berupa materil atau non materil, ada hikmah berharga yang bisa kita dapatkan yakni mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi karena perbuatan sedekah tersebut, apalagi bila diikuti juga dengan dzikir pembuka rezeki.

Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi)

7. Bersedekah dapat Memperoleh Naungan Hari Kiamat


Hal yang perlu diingat adalah naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat menurut Islam kelak merupakan sedekah yang sudah dilakukan.

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484)

8. Bersedekah dapat Menghapus Dosa


Sedekah juga akan menghapus dosa besar dalam Islam yang sudah kita perbuat meskipun dosa tersebut tidak dihapuskan begitu saja. Namun tetap harus disertai dengan perbuatan yang baik dan juga taubat.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

9. Bersedekah dapat menjadi Pemisah Diri Dari Neraka


Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan uang namun juga pakaian, makanan dan hal lainnya. Sedekah yang diberikan ini akan menjadi pemisah kita dengan api neraka saat kiamat datang.

Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)

10. Bersedekah dapat Memperpanjang Umur


“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

11. Bersedekah dapat Menyembuhkan Penyakit


Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat dalam Islam, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah!” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’).

Rasulullah SAW sudah bersabda jika kita sebagai manusia harus membentengi harta dengan cara berzakat atau sedekah sebab dengan cara ini maka penyakit bisa disembuhkan.

12. Bersedekah dapat Meringankan Sakaratul Maut


Tidak hanya pahala sedekah di hari Jumat yang bisa kita lakukan, namun dengan melakukan sedekah sesering mungkin. Ini mengartikan kita juga memperingan kepedihan yang kelak akan kita rasakan saat sakaratul maut. Sebab dengan sedekah, maka Allah SWT akan menghilangkan perasaan dan sifat sombong dalam Islam dan egois orang yang melakukan sedekah tersebut.

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakaratulmaut), dan melaluinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois.” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

Sedekah yang kita lakukan tanpa disadari akan menambahkan umur kita sekaligus mencegah kita mengalami kematian yang buruk sekaligus menghilangkan berbagai sifat tidak baik yang ada dalam diri kita. Sehingga bersedekah sudah sepantasnya dilakukan untuk memperoleh banyak pahala didalamnya.

Semoga dengan ulasan artikel kali ini dapat menjadi motivasi dan menambah kefahaman kita semua akan makna kebaikan dari bersedekah ini. Sekian saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel