Widget HTML Atas

5 Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan

5 Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan 1441 H kali ini. Alhamdulillah wa syukurillah, meskipun kita semua diberikan sebuah cobaan berupa musibah wabah virus corona (COVID-19) kita sudah dapat memasuki Bulan Suci Ramadhan tahun ini dengan sehat wal afiat walaupun sebagian orang ataupun tetangga kita yang terkena virus corona, maka tidak lupa sebaiknya kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita yaitu Nikmat iman, ihsan, taqwa dan kesehatan jasmani dan rohani.

5 Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Pada bulan suci ramadhan tahun ini seluruh umat muslim menjalani suasana bulan ramadhan tentu sangat berbeda dengan tahun yang sebelumnya. Karena ditahun ini Pemerintah mengajurkan bahwa semua kegiatan kalau bisa dipusatkan melalui rumah seperti kerjadirumah sampai dengan ibadah dan belajar dari rumah.

Selain himbauan bagi warga untuk tetap di rumah, Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo telah memutuskan untuk melarang aktivitas mudik lebaran di tahun 2020, hal ini di dilakukan dengan tujuan untuk membantu dalam memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19) di Tanah Air ini.

5 Aplikasi Islami Terbaik 2020


Dikarena semua aktivitas dipusatkan dari rumah tentu kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada ini untuk menunjang segala kegiatan yang akan kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari terutama pada bulan Ramadhan ini. Dengan adanya bantuan ponsel pintar (Android) yang kita miliki ini tentu dapat di gunakan untuk membantu kegiatan ibadah kita selama bulan Ramadhan dengan baik. 

Berikut ini beberapa aplikasi yang membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan :

Umma


Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Umma adalah sebuah Aplikasi Islami berbasis App Android. Aplikasi Umma ini memiliki sebuah fitur utama yaitu Al-Qur’an lengkap beserta terjemahaanya sekaligus dengan beberapa versi  bahasa termasuk Bahasa Indonesia, Melayu, dan Inggris. 

Aplikasi Umma ini sudah dilengkapi dengan beberapa menu, seperti jadwal shalat dan puasa, serta ada fitur notifikasi adzan dalam bentuk andio, dan notifikasi imsak apabila waktu tersebut sudah tiba maka akan berbunyi audionya. Aplikasi Umma ini menawarkan sebuah tanya-jawab dengan para ustadz serta para pakar-pakar Islam. Aplikasi Umma ini terdapat kumpulan Ayat dan Surat terpopuler yang sering dibaca oleh para Ustadz ataupun Syekh. Aplikasi Umma juga dilengkapi konten ceramah maupun doa dari para ustadz ternama.

Jadwal Shalat dan Imsakiyah

Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Aplikasi yang kedua ada Jadwal Shalat dan Imsakiyah, aplikasi ini memiliki sebuah fitur utama yaitu tentang perhitungan waktu shalat yang cukup akurat, ditambah dengan hitung lama waktu shalat di jam berikutnya. Aplikasi ini juga menampilkan jadwal imsakiyah, serta berbagai pilihan notifikasi dan di Aplikasi ini juga tersedia fitur petunjuk arah kiblat.

Kodelokus Cipta Aplikasi, yaitu developer asal Bandung ini telah meraih rating ulasan 4,6 serta 5 juta unduhan, woww amazing.

Muslim Pro


Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Aplikasi yang ketiga ada Muslim Pro. Developer Muslim Pro mengklaim bahwa aplikasi buatan mereka telah didownload 80 juta muslim di dunia. Aplikasi Muslim Pro ini memiliki fitur utama yakni tentang waktu shalat berdasarkan zona lokasi, waktu puasa, kompas kilbat, sebuah notifikasi waktu shalat, Al-Qur’an digital, tasbih digital, kartu ucapan islami, serta kumpulan doa- doa pokoknya komplit. Aplikasi Muslim Pro ini memiliki rating 4,6 di Google Playstore. Bahkan untuk versi Muslim Pro Limited, aplikasi asal Singapore ini telah di unduh 50 juta pengguna.

Muslim Go


Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Aplikasi yang ke empat ada Muslim Go. Muslim Go merupakan sebuah aplikasi android berbasis islam dimana kegunaannya untuk pengingat waktu shalat dengan berdasarkan lokasi serta dengan fitur notifikasinya. Di Aplikasi Muslim Go ini juga terdapat kumpulan doa-doa harian serta kalender hijriyah. Aplikasi Muslim Go merupakan sebuah aplikasi buatan developer asal Hongkong. Aplikasi Muslim Go ini juga memuat direktori restoran atau rumah makan terdekat yang ada di wilayah penggunanya. Fitur yang paling “populer” adalah adanya kumpulan surat-surat Al-Qur’an, Aplikasi ini juga sering digunakan oleh orang Indonesia. Aplikasi Muslim Go mendapatkan rating ulasan sebanyak 4,7 serta telah di unduh lebih dari satu juta unduhan oleh pengguna.

Panduan Muslim

Aplikasi Islami Terbaik 2020 untuk Membantu Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan


Aplikasi yang ke lima ada Panduan Muslim. Aplikasi Panduan Muslim dibuat oleh PT. Mediatech Mandiri Indonesia, aplikasi ini masih memiliki +- 100 ribu unduhan. Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan, tentu fitur aplikasi Panduan Muslim ini tidak kalah juga menariknya dari Aplikasi yang lainnya. Fitur utamanya di antaranya adalah : Al-Qur’an digital, adzan otomatis, info restoran terdekat, petunjuk arah kiblat, hingga tata cara wudhu.

Aplikasi Panduan Muslim ini memiliki nilai tambah lain seperti adanya fitur tasbih digital, cerita nabi, kalkulator zakat, kalender hijriah, kartu ucapan islam, kumpulan shalat sunnah, serta fitur huruh hiajiah.

Aplikasi Panduan Muslim ini juga terdapat channel video,  yang mana isi vedionya memuat video-video islam hingga siaran radio. Pihak developer mengklaim semua fitur tersebut gratis untuk di akses.


Baca Juga : 100 Pantun Ucapan Puasa Ramadhan Terbaru : Lucu dan Menghibur


Penutup

Nah, dari ulasan kelima aplikasi tersebut, silahkan pilih sesuai dengan selera sobat masing-masing. Semoga dengan hadirnya aplikai ini dapat meningkatkan kemudahan kita semua dalam beribadah di bulan Suci Ramadhan ini. Semoga kita semua khususnya masyarakat Indonesia dan pada umumnya umat muslim di dunia dapat beribadah dengan aman dan lancar, amin. Mungkin hanya ini yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.