Adsense Right Sidebar

Cara Daftar Kartu Pra Kerja 2020 - Update

Cara daftar kartu pra kerja 2020 akan saya coba berikan melalui referensi berbagai sumber semoga ini bermanfaat bagi sobat semua. Bagi kalian masyarakat Indonesia yang baru lulus sekolah SLTA maupun yang sedang dalam proses mencari kerja. Layanan pendaftaran kartu Prakerja sudah di buka Resmi oleh Pemerintah Indonesia. Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas dan memberikan tutorial tentang cara mendaftar kartu Prakerja 2020. Untuk itu silahkan kalian simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Daftar Kartu Pra-Kerja 2020


Cara Daftar Kartu Pra kerja Terbaru 2020

Sebelum kalian mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja alangkah baiknya mempelajari atau memahami apa itu Kartu Prakerja dan apa saja hal yang harus di penuhi untuk bisa mendapftarkan diri dalam program Kartu Prakerja sesuai dengan aturan Pemerintah Republik Indonesia.

Apa itu Kartu Pra kerja ?


Pertanyaan ini pasti sering muncul dibenak kalian. Jadi, Kartu Prakerja adalah suatu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang sedang dalam mencari kerja atau baru lulus sekolah SLTA, bantuan ini berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia, dengan demikian masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri bisa terwujud dan hal ini sekaligus untuk meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia tersebut. 

Apalagi di negara Indonesia ini Pemerintah percaya bahwa masyarakat yang ada di Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Dalam program ini sengaja didesain sebagai sebuah produk, sekaligus sebuah program dan dikemas sedemikian rupa agar bisa memberikan nilai bagi penggunanya sekaligus memberikan sebuah nilai bagi sektor swasta yang ada di Indonesia pada khususnya. 

Dengan terobosan sebuah jalan digital yaitu melalui marketplace sengaja dipilih untuk memudahkan penggunanya dalam mencari, membandingkan, serta memilih, sekaligus memberi evaluasi. Semoga dengan cara ini, produk yang ada di Indonesia bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng dengan para pelaku usaha swasta, serta program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Sebagai Gotong royong demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Untuk Siapa Kartu Pra kerja ?


Jadi, Kartu Prakerja ini dibuat tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan saja, melainkan juga bisa untuk para buruh, karyawan dan juga pegawai. Arti singkatnya adalah semua warga bangsa Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, tentu boleh mendaftar. Karena dengan ini kami memahami, bahwa mereka mau belajar dan untuk berlatih semestinya tidak mengenal usia. Lifelong learning. Tetapi dalam hal ini ada prioritas yang diberikan pada para pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja yang akan membawa pada langkah-langkah lain yang diyakini akan lebih gemilang di masa depan.

Soslusi adanya Kartu Pra kerja

  1. Dapat membantu serta meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pekerja dan perusahaan
  2. Dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Dapat mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Dapat menjadi komplemen dari pendidikan formal


Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah membuka pendaftaran kartu pra kerja mulai hari Sabtu (11/4/2020). Dalam Keikutsertaan Kartu Prakerja Tahun 2020 bisa dilakukan secara online di laman resmi yaitu di Prakerja.go.id. Bagi para peserta yang terdaftar dalam program ini akan menerima bantuan uang sebesar Rp3.550.000,- untuk biaya pelatihan dan insentif.

Syarat untuk memperoleh Kartu Pra Kerja adalah dia Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan juga sedang tidak dalam pendidikan formal. Dikutip dari laman Resmi Prakerja.go.id, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. {erlu kalian pahami Program Kartu Pra Kerja ini adalah suatu program bantuan biaya untuk pelatihan dan meningkatkan kompetensi kerja, bukan untuk menggaji pengangguran.

Cara Daftar Kartu Pra kerja 


Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak Project Management Office (PMO) program Kartu Pra Kerja. Berikut ini ada 3 tahapan lengkap untuk cara daftar Kartu Pra Kerja atau cara membuat Kartu Pra Kerja, berikut ulasannya :

1. Membuat akun Pra kerja


  • Silahkan Anda masuk ke situs www.prakerja.go.id
  • Masukan nama lengkap Anda, alamat email Aktif, dan kata sandi baru
  • Cek email Anda, karena ada kiriman dari Kartu Pra Kerja, silahkan Anda ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email tersebut
  • Setelah konfirmasi akun email Anda berhasil, kembali ke situs Prakerja

2. Isi data diri


  • Masuk lagi ke akun dengan alamat email Anda dan kata sandi yang baru dibuat
  • Masukan nomor ID KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”.
  • Isi data diri Anda dengan lengkap sesuai dengan formulir kartu pra kerja (nama lengkap Anda, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”
  • Silahkan masukan nomor telepon dan juga kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

3. Ikuti tes


  • Sipakan diri untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar kurang lebih waktunya selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Pra Kerja setelah menyelesaikan tes
  • Setelah Anda mendapatkan pemberitahuan melalui email, silahkan Anda kembali ke situs, dan bergabung ke gelombang pendaftaran.
  • Setelah Anda berhasil melewati tahapan diatas tersebut, silahkan saja tunggu sebuah notifikasi yang menerangkan apakah Anda diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Pra Kerja 2020.
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Project Management Office (PMO) program Kartu Pra Kerja, Denni Purbasari telah mengatakan, untuk program Kartu Prakerja ini menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020. Orang yang sudah bekerja, atau karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar dalam program Kartu Pra Kerja.

Dalam hal ini para peserta yang diterima dalam program Kartu Prakerja akan menerima bantuan uang yang mana nantinya akan diterima oleh peserta secara bertahap dari sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilaksanakan. Tranfer dana nantinya akan dilakukan via e-wallet yang nanti akan didapatkan oleh para peserta.

Perlu di ingat, bantuan ini hanya akan diberikan sekali dalam seumur hidup untuk para peserta. Kartu Pra Kerja 2020 ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja yang ada di Indonesia serta, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Apabila semua anggaran yang didapatkan dirinci maka untuk manfaat Program Kartu Pra kerja Tahun 2020 yakni totalnya sebesar Rp3.550.000.
  • Bantuan pelatihan yaitu sebesar Rp1.000.000,- 
  • Insentif paska pelatihan sejumlah sebesar Rp600.000, untuk per bulan (untuk 4 bulan). 
  • Lalu bagi peserta Kartu Pra kerja 2020 nantinya akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000, untuk per survei sebanyak 3 kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.

Penutup

Nah, itulah uraian dari Program Kartu Prakerj, semoga ulasan pada kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pembaca sekalian. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan sekian dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Sumber Referensi :
https://www.prakerja.go.id/
https://www.kabarmedan.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel