Widget HTML Atas

30 Ide Menu Buka Puasa Paling Enak yang Bisa Anda Coba Sebulan Penuh !

Ide menu buka puasa enak dan sederhana buat takjil makanan Ramadhan sebulan penuh. Bagi kalian yang ingin buat takjil  atau makanan dirumah dan lagi cari referensi menu buka puasa maka saya mohon tetap stay di pembahasan ini ya !. Karena pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan beberapa daftar menu buka puasa kekinian terbaru tahun 2020 yang bisa kamu coba dalam 30 hari. 

Pada saat berbuka puasa tentu nafsu ingin makan banyak sangat menggebu-gebu, bahkan sangking nafsunya semua makanan yang di lihat harus di sajikan pada saat berbuka nanti, dan biasanya waktu berbuka telah tiba maka yang dimakan hanya beberapa saja seperti air es atau es camour, kolek dan kurma sedangkan makanan-makanan yang super lezat lainnya hanya tercicipi sedikit saja. Inilah fenomena orang berpuasa.

Kumpulan Menu Makanan Buka Puasa Ramadhan


Bahkan sangking nafsunya, ketika pergi ke pasar Ramadhan melihat kolek pisang, candil, bingla semua ingin di beli seolah-olah nanti akan habis dimakan pada waktu berbuka puasa, nyatanya semua ini hanya nafsu semata. Pasti diantara kalian pernah mengalami hal ini ? iya kana..

Ya, seperti saya juga begitu, ketika sudah jam 16.00 rasanya ingin buka pakai beragam menu makanan yang lezat-lezat bahkan tidak kalah ketinggalan ada Tahu isi, lumpia, Pentol Mercon dan lainnya. Tetpai pada waktu buka puasa sudah tiba hanya makan kurma dan air es saja sudah kenyang. Padahal perut sehari penuh tidak di isi makanan. Sungguh luar biasa makna dari berpuasa ini.

Ide Menu Buka Puasa Paling Enak

Namun ada juga yang bingung ingin masak dan buat menu buka puasa apa yang paling cocok dan enak. Terutama hal ini biasanya dialami oleh pengantin baru, ya karena baru membangun bahtera rumah tangga tentunya ingin membahagiakan suami dan memberikan yang terbaik untuk suaminya. Untuk itu mari simak daftar ide menu buka puasa yang bisa di terapkan dalam 30 hari atau sebulan penuh, sebagai berikut :

30 Ide Menu Buka Puasa Paling Enak Lengkap dengan Takjilnya


1. Kolak Pisang

kolak pisang enak menu takjil buka puasa ramadhan

Menu takjil yang bisa di hidangkan pada saat buka puasa adalah Kolak Pisang. Kalian bisa mengkombinasikan Kolak pisang di campur dengan ubi cabut atau Singkong. Pernah saya mencoba makan Kolak Pisang dan isinya itu ada Pisang, Waluh dan Singkong, ternyata setelah saya makan rasanya enak banget, pokoknya bikin nagi. Apalagi kolaknya di campur dengan es, tambah endul banget daah!

2. Es Kelapa Muda

es kelapa muda enak menu takjil buka puasa

Menu buka puasa atau takjil yang kedua ada Es Kelapa Muda. Es kelapa muda dipadukan dengan suwiran kurma dan dengan santan serta gula merah waah rasanya enak banget. Cara membuatnya juga sederhana dan rasanya enak banget pokoknya, apalagi habis puasa seharian terus dapat takjil yang seger-seger tentunya makin endul banget..!

3. Es Cincau Dawet

es cincau dawet enak menu takjil buka puasa

Menu takjil yang satu ini masih jadi primadona lou di setiap bulan Ramadhan, selain mudah di dapat di pasaran juga harganya ekonomis, kalau mau buat sendiri juga bisa. Es Cincau Dawet perpaduan Cincau dengan Dawet dengan kuah santan, ada tape terus gula merah, wah rasanya tiada tara. Bahkan menu Es Cincau dawet ini sangat bagus bagi kesehatan. Selain manfaat dari Cincaunya yang dapat mendinginkan suasa perut juga di tambah legitnya si dawet tersebut. Pokoknya endur surendul muda deh !

4. Es Kolang Kaling Plus Tape dan Susu Serta Decoco

es kolang kaling enak menu takjil buka puasa

Menu takjil yang ke empat ini hampir mirip dengan es campur tetapi ini juga beda ya, karena disini pakai kolang kaling, tape dan susu. Biji kolang kaling yang kaya manfaat bagi kesehatan serta juga tape yang membuat lidah menjadi lupa diri karena rasanya yang manis, apalagi di tambah dengan susu, enak banget pokoknya.

5. Bubur Sagu Mutiara

bubur sagu mutiara enak menu takjil buka puasa

Menu takjil yang kelima adalah Bubur Sagu Mutiara. Makanan takjil yang satu ini adalah menu yang nempol banget, sagu yang kaya akan karbohidrat maka bisa memulihkan tenaga dan memberikan efek kenyang pada perut. Dipadukan dengan Mutiara yang kaya akan karbohidrat juga bisa membuat kita terasa kenyang dan cukup ideal untuk menu berbuka puasa. Jadi untuk makan nasinya bisa habis sholat tarawih.

6. Es Campur

es campur enak menu takjil buka puasa

Es Campur adalah menu takjil yang mendunia. Di warung, di caffe, sampai dengan di Lestoran menu yang satu ini kebanyakan ada. Apalagi ditambah dengan eskrim, wiih rasanya makin lezat bangat. Kalau kalian ingin mengkreasikan sendiri juga bisa. Anda taburi krim ataupun parutan cokal dengan toping yang menarik.

7. Sop Buah

sop buah enak menu takjil buka puasa

Menu takjil yang ke tujuh ada Sop Buah. Siapa sih yang gak tahu dengan sop buah ? Bisa dikatakan Sop buah ini mirip dengan Es Campur, tetapi ini isinya buah ya guys. Jadi ini es di dominasi oleh buah-buahan seperti semangka, kelengkeng, anggur, nanas dan lainna. Kalian bisa juga buat sendiri dirumah untuk resepnya sudah banyak tersedia di internet kalian tinggal cari aja di situ sudah banyak yang mengulasnya.

8. Es Bubur Kacang Ijo

es bubur kacang ijo enak menu takjil buka puasa

Menu buka puasa yang ke delapan ada Es Bubur kacang ijo. Menu ini bisa dikatakan menu legendaris, karena menu ini memang sering disajikan saat berbuka puasa.

9. Bubur Candil Ketan

candil ketan enak menu takjil buka puasa

Bubur Candil ketan ini adalah menu makanan  khas Indonesia. Bahan baku terbuat dari tepung ketan dan di olah menjadi bulat-bulat seperti cilok lalu di sumap hingga matang dan di campur dengan kuah yaitu dari gula merah dan santan. Rasanya legit banget, apalagi ditambah dengan susu dan es. Wih, bikin nagih ! 

10. Bingka

bingka kentang enak menu takjil buka puasa

Kue Bingka adalah Kue yang teksturnya Empuk dan sedikit kenyal mirip kue Lumpur namun bentuknya lebih besar. Kue Bingka identik di sajikan pada menjelang Berbuka Puasa. Kue ini berasal dari Kalimantan. Kue khas Tradisonal suku Banjar ini memang sudah legendaris karena Kue ini adalah warisan nenek leluhur dan terus di pertahankan sampai sekarang.

11. Tahu Isi dan Lumpia

tahu isi enak menu takjil buka puasa

lumpia enak menu takjil buka puasa


Biasanya selain minuman Es yang laris dan dminati sebagai sajian takjil adalah Tahu isi dan Lumpia. Gorengan yang satu ini memang sudah Legendaris sejak dulu kala. Maka tak heran kalau masyarakat Indonesia sampai sekarang ini suka sekali makan Tahu isi dan Lumpia sebagai takjil buka puasa, apalagi dengan sambal petis yang super pedas dan cabe rawit utuh yang masih mentah dengan di padukan Lumpia dan tahu isi, rasanya memang sungguh nikmat sekali.

12. Bakso

Bakso enak buat menu berbuka puasa

Menu makanan berbuka puasa yang satu ini memang banyak diminati, apalagi kalau Baksonya ini yang bervarian ada Bakso Jumbo, bakso Beranak, Bakso Urat dan Bakso Iga, atau Bakso Sum-sum wiih bakalan bikin ngiler daah. Dijamin menu berbuka pakai menu yang satu ini bikin pecaah..!

13. Soto Ayam

Soto ayam enak menu buka puasa

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan Soto Ayam ? Rasa soto di setiap daerah memang berbeda-beda dari bumbu sampai dengan campurannya. Maka jangan salahkan kalau kalian pergi ke Kalimantan Selatan. Karena soto yang ada di sini berbeda rasanya dengan soto jawa ataupun soto aceh. Karena suku Banjar disini memang punya bumbu khas tersendiri.

Soto juga menu makanan yang endul untuk menu berbuka puasa, apalagi campuran suwiran ayam dan jeruk peras dan bawang serta campuran kecap. Wih sungguh nikmat buanget pokoknya. cetar deh di lidah langsung ambyar semua pokoknya.

14. Rawon

Rawon enak menu buka puasa

Ada lagi nih guys, menu buka puasa yang joss gandos yaitu Rawon. Rawon adalah masakan khas Jawa, namun di kalimantan ternyata juga ada Rawon. Rawon adalah makanan dengan bumbu kluek, daging sapim jerouan, serta kecambah ditambah kuahnya yang berwarna gelap. Ketika di sajikan dengan nasi anget dan jeruk nipis serta di tambah sambel, pokoknya jos banget. Dijamin bakalan nambah kalau buka puasa dengan rawon ini.

15. Gado - Gado

gado-gado enak menu buka puasa

Siapa sih yang gak kenal dengan gado-gado ? gado-gado merupakan makanan khas Indonesia yang cocok di semua lidah. Rasanya enak dengan kuah kacangnya ditambah dengan kerupuk serta lontong yang empuk. Yang membedakan Gado-gado dengan Pecel adalah terletak pada bumbu dan racikan elemennya. Kalau gado-gado menggunakan Kerupuk, Tahu dan irisan telur dan bisa toge. Sedangkan Pecel itu menggunakan bakwan, lontng, sayur dan toge. Tentu dengan menu berbuka puasa menggunakan Gado-gado sungguh nikmat sekali, apalgai pembuatnya adalah istri sendiri.

16. Pecel

Pecel enak menu buka puasa

Pecel adalah menu khas Indonesia. Ini adalah menu kuliner Nusantara, dikarenakan Pecel ini identik dengan suku jawa dan suku jawa ini sudah mendunia. Dinegara manapun pasti ada suku jawa. Sedangkan suku jawa mayoritas sudah bisa membuat Pecel. Pecel adalah menu makan yang ideal. Selain sehat juga pas untuk mengganjal perut pada waktu berbuka puasa. Karena lontong, bakwa, tahu isi, dan sayuran ini mengganjal perutmu yang kosong seharian itu. Apalagi kuah kacangnya yang sedap dengan rempah-rempah, hmmm sungguh nikmat pokoknya.

17. Rendang

Rendang enak menu buka puasa

Menu yang ketujuh belas ada rendang. Rendang adalah menu masakan yang identik orang minang. Tetapi rendang sudah mendunia, suku apapun bisa membuatnya apalagi setiap suku mempunyai cara dan resep tersendiri dalam membuat rendang. Rendang biasanya identik dengan daging sapi, tetapi bisa juga membuat rendang daging ayam, ikan laut dan rendang berbahan daging kambing.

18. Opor Ayam



Opor ayam enak menu buka puasa

Opor ayam adalah menu spesial yang ada pada Bulan Ramadhan ataupun pada saat hari lebaran. Opor ayam yang identik disajikan dengan ketupat ini memang tiada duanya. Selain rasanya yang enak juga sudah menjadi kebiasaan disajikan pada bulan Ramadhan. Daging ayam yang empuk dengan kuahnya yang gurih dan harum membuat perut semakin tertantang untuk memakannya.

19. Bumbu Merah



Ayam masak bumbu habang enak menu buka puasa

Menu masakan bumbu merah adalah menu khas dari kalimantan. Bumbu merah ini adalah berasal dari Cabe merah besar yang di rajang kecil-kecil hingga halus serta ditambah dengan rempah-rempah pilihan. Bahkan aroma cabenya tidak ada baunya yang ada hanya bau harum khas dari bumbu merah itu sendiri. Hidangan masakan menu bumbu merak biasa dijasikan dalam makanan berbuka puasa, dan juga sebagai makan sehabis sholat tarawih. Masakan bumbu merah identik di hidangkan pada saat acara pernikahan, khitanan dan acara besar lainnya. Lauk yang dugunakan adalah Telur, daging sapi, daging kambing dan bisa juga daging ayam semua tergantung selera masing-masing.

20. Sop Ayam atau Sop Kikil Sapi

Sop kikil Sapi enak menu buka puasa

Menu makanan yang ke dua puluh ada Sop Ayam atau Sop Sapi. Menu masakan ini juga sudah mendunia. Jangan heran kalau sudah menduina, karena rasanya yang enak banyak disukai banyak orang. Aromanya yang harum memikat dan juga rasanya yang gurih serta nampol, membuat orang pingin nambah terus kalau dikasih gratisan Sop Ayam atau Sop kikil sapi ini hehehe. Menu ini juga cocok di hidangkan sebagai menu berbuka puasa

21. Nasi Kuning


Nasi kuning enak menu buka puasa

Menu yang ke 21 ada Nasi Kuning. Ya, nasi kuning yang rasanya gurih dengan campuran santan serta aroma daun pandan yang khas membuat perut kita jadi tidak sambar lagi ingin menikmatinya, apalagi pada momen buka puasa. Lauk yang bisa di kombinasikan sesuai selera bisa Daging ayam, sapi ataupun telur serta tambahan ada Tempe goreng dan mie makin nikmat sekali.


22. Bubur Ayam



Bubur ayam enak menu buka puasa

Mie Ayam adalah menu nusantara yang familiar sekali. Rasanya yang gurih dan lezat serta ditambah aroma wanginya dari rempah-rempah membuat kita semakin ngiler. Lihat saja gambar diatas ini wih sungguh nikmat sekali ya, apalagi ketika memandanginya dalam kondisi lapar seperti ini, pengen nampol banget daah.


23. Mie Ayam



Me ayam enak menu buka puasa

Lihat gambar mie ayam diatas guys ! Wiih sungguh nikmat banget, ada ceker, pangsit dan juga bumbu-bumbunya menambah pengen makan gambarnya kalau lihat itu. Sungguh nikmat banget ya, apalagi kalau disajikan saat berbuka puasa, wedeh endul tenan.

24. Nasi Goreng Spesial



Nasi Goreng Spesial Menu Buka Puasa

Nasi goreng Spesial sangat cocok Anda gunakan untuk menu buka puasa, karena rasanya enak dan ditambah taburan udang, timun dan slada. Pokoknya enak banget deh kalau disajikan sebagai menu berbuka puasa. Menu ini rekomended banget buat kalian.

25. Martabak Telor Spesial Isi Daging



Martabak telor Enak Spesial Menu Buka Puasa

Menu yang ke dua puluh lima ada Martabak telor, rasanya enak karena ada bumbu rempah dan didalamnya itu ada campuran bawang pre serta daging ayam. Di cacapkan sama sambelnya wih seger tenan pokoknya pecah di mulut pokoknya pengen nambah terus deh kalau makan Martabak telor yang satu ini.

26. Sari Lautn (kepiting, Udan, Cumi, Nila, Ikan Goreng dll)



Kepiting enak menu buka puasa

Menu makan yang ke dua puluh enam ada Sari laut, sebenarnya sari laut itu beragam lauknya semua tergantung selera. Yang membuat nyaman dan beda adalah masakannya itu bikin kenyang karena nasinya banyak dan ikannya gede-gede.

27. Ikan Pindang Ijo



Ikan Pindang Ijo Menu Buka Puasa

Bagi kalian yang doyan pedes maka menu makanan yang satu ini sangat rekomended. Kebetulan saya juga doyan pedes dan biasanya saya request sama emak saya minta buatkan Pidang Ijo ini. Rasa Pindangnya yang legit dan uenak ditambah sambel serta bumbu rempah membuat rasa pindang tiada tara. Pokoknya muantep banget cocok sekali ini di sajikan sebagai menu buka puasa. Namun habis makan pidang ini janganlupa gosok gigi dan minum air putih dan kue yang dingin-dingin  ya biar perut tidak kontraksi hehe..

28. Kue Talam



Kue Talam Enak Menu Buka Puasa

Kue Talam rasanya yang manis dan gurih serta lembut dimulut membuat yang makan jadi suka ngayal hehehe. Rasnaya yang legit ini memang bikin nagih, menu makanana yang satu ini sangat pas dan ideal untuk menu berbuka puasa. Karena sangat enak dan aman dicerna oleh perut kita yang kosong selama puasa seharian.

29. Nasi Kebuli 



Nasi Kebuli enak menu buka puasa

Siapa sih yang gak doyan dengan nasi kebuli ? Menu yang satu ini memang bukan berasal dari Indonesia yaitu Nasi Kebuli ini menu makanan khas Timur Tengah, yang biasa di hidangkan satu tampan untuk 4-5 orang. Rasa nasi kebuli ini memang berbeda dengan rasa nasi kuning, karena Nasi Kebuli lebih banyak rempah-rempahnya, dan cara memasaknya juga berbeda karena ada teknik tersendiri. Daging yang digunakan sebagai lauk juga tidak daging ayam, biasanya daging Sapi atau daging kambing. Nasi kebuli biasa disajikan dalam hari-hari besar islam di Indonesia namun nasi kebuli ini cocok juga sebagai menu makan ebrbuka puasa, pokoknya makin tambah erat menjalin persaudaraan.

30. Pepes Ikan Pindang, Patin, atau Botok Teri, Udang dll



Pepes Ikan Enak Menu Buka Puasa

Lihat gambar ikan Pepesnya aja udah bikin perut bunyi guys, apalagi nanti saat disajikan sebagai menu buka puasa wah pastinya luarbiasa deh ya. Ikan Pepes dibungkus daun pisang yang mengeluarkan aroma harum dan memikat perut ini memang endul banget. Apalagi nanti disajikan sebagai menu buka puasa, pasti disikat habis.


Menu pepes ikan yang gurih dan sedap ini sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Pastinya kalian akan ketagihan kalau sudah makan pepes ikan ini. Untuk resepnya bisa Anda lihat tutorialnya di Youtube dan Google. Karena banyak tutorial pepes di dua situs tersebut yang bisa dijadikan referensi.


Baca Juga : 8 Menu Buka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW


Penutup

Nah, itulah deretan menu yang bisa dijadikan referensi menu buka puasa pada saat bulan Ramadhan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat pembaca sekalian. Mungkin hanya itu yang dapat saya sajikan dalam kesempatan ini. Semoga ibadah puasa kita dibulan Ramadhan ini dilancarkan sampai datangnya bulan 1 Syawal dan kita bisa mengambil keberkahan di Bulan Ramadhan ini. Sekian dari saya dan sampai jumpa di ulasan yang lainnya.