Adsense Right Sidebar

9 Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia yang Harus Anda Ketahui

Gangguan sistem pernapasan pada manusia ada sembilan dan akan saya uraikan secara lengkap pada kesempatan ini untuk itu saya mohon kalian stay di sini ya..!. Sistem pernapasan manusia dapat mengalami gangguan. Seseorang yang mengalami gangguan sistem pernapasan tentu kesulitan dalam bernapas. Gangguan apa saja yang dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia ? Berikut beberapa diantaranya :

Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia


Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia

1. Asma


Asma merupakan gangguan pernapasan karena ada penyempitan saluran pernapasan. Gejala-gejala asma yaitu, sukar bernapas, bunyi berdesah, batuk-batuk, dan merasa sesak napas di dada.

2. Pneumonia


Penyakit ini menimbulkan peradangan paru-paru. Umumnya infeksi ini disebabkan oleh bakteri Steptococcus pneumoniae. Penyakit ini juga dapat menyebabkan abses pada paru-paru, sehingga menghambat pernapasan.

3. Influenza


Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang di timbulkan, antara lain hidung terseumbat, bersin-bersin, dan terasa gatal.

4. Tuberkulosis (TBC)


Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Bacillus tuberculosis pada paru-paru. Infeksi bakteri ini menyebabkan terjadinya radang paru-paru. selain itu penyakit ini juga dapat menyebabkan alveolus yaitu mengandung banyak cairan sehingga dapat mengganggu proses difusi antara oksigen dan karbon dioksida.

5. Emfisema


Emfisema adalah penyakit kronis akibat kerusakan kantong udara atau alveolus pada paru-paru. Seiring waktu, kerusakan kantong udara semakin parah sehingga membentuk satu kantong besar dari beberapa kantong kecil yang pecah. Akibatnya, luas area permukaan paru-paru menjadi berkurang yang dapat menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menurun. Kondisi ini juga membuat paru-paru membesar secara perlahan dan akibatnya udara yang tertangkap di dalam kantong dan sulit untuk dikeluarkan.

6. Kanker Paru-Paru


Penyakit ini dapat menyebabkan sel-sel paru-paru tumbuh dengan tidak terkendali dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jaringan kanker akan mendesak alveolus sehingga tidak berfungsi lagi.

7. Bronkitis


Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bonkus. Bonkus berfungsi sebagai saluran yang membawa udara dari dan menuju paru-paru. Gejala Bronkitis adalah batuk yang dapat disertai sesak napas serta sakit tenggorokan. Pada kasusnya yang parah, batuk dapat menyebabkan nyeri dada bahkan penurunan kesadaran. Bronkitis disebabkan oleh infeksi virus, dan lebih rentan dapat menyerang perokok atau seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

8. Laringitis


Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring. Gejala umum laringitis yaitu nyeri tenggorokan, batuk, demam, suara yang dikeluarkan serak, atau bahkan kehilangan suara sama sekali. Penyakit ini dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, antara lain yaitu terjdi kerusakan pada pita suara, infeksi, (virus, bakteri, dan jamur) dan reaksi alergi.

9. Pleuritis


Pleuritis merupakan peradangan pada selaput pembungkus paru-paru atau pleura. Akibatnya kalau kita terkena ini maka cairan yang berlebihan pada pleura, sehingga ketika bernapas si penderitanya akan merasa nyeri pada dadanya.

Penutup

Nah, itulah beberapa penyakit yang disebabkan adanya gangguan sistem peradangan pada manusia. Semoga kita semua bisa terhindar dari ke sembilan penyakit tersebut dan selalu sehat wal afiat, Aamiin. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan dalam pertemuan pembahasan kali ini. Terimakasih saya ucapkan buat kalian yang sudah mampir di Mediasiana dan membaca artikel yang ada di sini. Sekian dari saya, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel