Adsense Right Sidebar

7 Cara Sehat untuk Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Cara Sehat untuk Ibu Hamil agar janin juga ikut sehat dan bisa tumbuh kembang dengan baik sampai bayi lahir. Sebagi calon seorang ibu baru bagi sang bayi sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik pola hidup dan asupan makan dalam setiap harinya. Tentu hal ini juga harus diperhatikan kepada sang ayah atau suami dari ibu hamil tersebut, untuk selalu memperhatikan pola makan ibu hamil agar tetap teratur setiap hari.


Cara Sehat Ibu Hamil



Cara sehat Ibu Hamil


Dengan membiasakan diri pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi tentu akan membawa pengaruh positif bagi ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan. 


Cara Sehat Ibu Hamil dan Janin


Berikut ini adalah 7 hal yang perlu dilakukan agar Ibu hamil tetap sehat sampai dengan lahiran, berikut ulasannya :


1. Konsumsi Makanan yang Bergizi


Dengan mengkonsumis makanan yang bergizi dan seimbang maka diharpkan nantinya bisa menjaga asupan nutrisi cukup bagi Ibu hamil. Maka makanlah makanan yang mengandung banyak protein, mineral dan kalsium. Untuk mencari tahu makanan apa saja yang menganung Protein, Mineral dan kasium maka lebih jelasnya bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter spesialis kandungan.

Memang sih, kalau seraching di google sudah bisa kita mendapatkan informasi namun alangkah baiknya kalau kita bertanya langsung dengan ahlinya. Bisa juga melalui Hallo dokter ataupun situs kesehatan resmi yang ada di Indonesia.


2. Mengkonsumsi Kacang Almond


Mengkonsumsi kacang Almond secara secara rutin dan cukup juga bagus untu kesehatan ibu hamil dan juga untuk sang janin. Karena kandungan kacang Almond yang kaya akan Vitamin E, B2 dan B9 sangat bagus untuk perkembangan tubuh sang janin yang ada di kandungan.

Anda bisa mendapatkan kacang Almond ini kalau di warung bisa dalam bentuk jajan coklat silverquen dan kalau mau bisa beli di pasar atau toko yang ada di wilayah Anda. Yang terpenting kacangnya kacang Almond ya. Kacang Almond juga bisa di olah menjadi selai dan juga campuran untuk bahan kue. Jadi kalau Anda tidak bisa makan dalam bentuk kacang maka bisa di olah menjadi selai ataupun bahan adonan kue.


3. Hindari Olahraga yang Ekstrim


Berolahraga bagi ibu hamil juga di anjurkan, tetapi sebaiknya Ibu hamil memperhatikan cara-cara berolahraga yang aman dan tepat. Karena olahraga yang dilakukan seperti biasanya disaat tidak hamil tentu akan berisiko. Maka dari itu, sebaiknya cari refernsi atau konsultasi kepada dokter atau bidan dalam hal berolahraga yang baik untuk ibu hamil.

Kalau Anda sebelumnya suka lari pagi atau joging maka dalam kondisi saat ini Anda sedang hamil maka stop dulu kebiasaan tersebut sebaiknya ubah pola olahraga Anda dengan jalan santai saja. Selain jalan santai sehat untuk tubuh juga lebih aman untuk sang janin yang ada di dalam kandungan.


4. Istirahat yang Cukup dan Hindari Stres


Cara sehat yang ke empat adalah membiasakan diri atau mengatur waktu istirahat yang cukup. Sebaiknya atur dulu jam berapa tidur siang dan jam berapa untuk beraktivitas. Karena ibu hamil dilarang untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat atau terlalu capek.

Sebaiknya Anda lebih baik mencari pembantu utnuk membantu Anda menyelesaikan tugas rumah tangga kalau dirasa hal tersebut cukup berat. Ibu hamil juga di usahakan jangan stres atau kepikiran hal yang tidak-tidak. Sebaiknya bawa rileksasi saja atur jam untuk rileksasi baik di waktu pagi ataupun sore hari. Cari lokasi yang tenang dan sirkulasi udara yang cukup, sehingga proses rileksasi bisa berjalan dengan maksimal.


5. Hindari Minum Kopi dan Alkohol /Asap Rokok


Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin agar tetap sehat sebaiknya yang dulunya sebelum hamil suka minum Kopi, Merokok dan minum-minuman yang mengandung Alkohol maka sewaktu Anda hamil sebaiknya di STOP dulu. Dan juga bagi ibu hamil yang mana suaminya suka ngerokok di deketnya maka sebaiknya suami Anda merokoknya di luar saja jangan mendekati Anda apalagi merokoknya di dalam kamar, sebaiknya hal ini jangan dilakukan karena bisa berbahaya bagi sang ibu dan janin terutama.


6. Rutin Minum Air Putih secara Teratur



Ibu hamil sangat disarankan untuk minum air putih yang cukup, karena ibu hamil tidak boleh dehidrasi dan kekurangan cairan. Orang yang normal atau tidak hamil saja kalau kekurangan asupan air di dalam tubuhnya bisa drop maka tentu hal ini untuk ibu hamil disarakan untuk memberikan asupan yang cukup untuk cairan tubuh yaitu dengan minum air putih. Karena air putih ini bagus untuk kesehatan tubuh dan memperlancar peredaran oksigen ke dalam tubuh.


7. Rutin Mengecek Kandungan ke Dokter/Bidan


Cara yang ke tujuh adalah rutin memperiksakan diri atau emngecek kesehatan dan kondisi kandungan pada Dokter Kandungan atau Bidan. Minimal per 2 bulan sekali dan juga bisa mengikuti anjuran dokter atau bidan tersebut untuk waktu yang ideal dalam mengecek kondisi kesehatan dan kandungan.

Dengan Anda rutin mengecek kesehatan dan kandungan Anda maka nantinya bisa mengetahui sudah sampai mana perkembangan sang janin dan juga bisa mengetahui apakah kondisi Anda baik-baik saja. Oleh karena itu saya sarankan sebaiknya terapkan hal ini, semoga bunda-bunda yang sedang hamil bisa sehat terus dan sang bayinya juga ikut sehat sampai lahir nantinya dengan normal.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan bagi Ibu hamil dan cara-cara diatas adalah suatu hal yang perlu untuk dilakukan dan diantaranya malahan ada yang wajib dilakukan. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel