Widget HTML Atas

10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Ramdhan

Hal-hal yang bisa membatalkan puasa ramdhan yang wajib Anda ketahui. Sebentar lagi Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah tepat di tahun 2020 akan segera tiba dan kita semua umat islam akan melaksanakan Ibdah Puasa selama sehari penuh dari terbit fajar sampai dengan tenggelam fajar (adzan magrib). Nah, sebelum kita memasuki bulan Ramadhan dan melaksanakan Ibadah puasa maka ada hal-hal yang harus Anda ketahui apa saja yang bisa membatalkan puasa ataupun mengurangi pahal berpuasa.


Hal yang Bisa Membtalkan Puasa Ramdhan



Hal-hal yang bisa membatalkan puasa

Berikut ini akan saya coba untuk menjelaskan hal-hal yang bisa membatalkan puasa di Bulan Ramadhan. Untuk itu saya berharap sobat semua menyimak dengan baik dan tetap stay di Mediasana ya. Berikut hal-hal yang bisa membatalkan Puasa Ramadhan :


1. Melakukan Hubungan Badan di siang hari anatara Suami isteri


Tidak diperbolehkan dalam waktu puasa melakukan hubungan badan diantara keduanya, karena hal ini adalah masuk dalam hal-hal yang membatalkan puasa. Oleh karena itu Puasa tidak hanya menahan hawa nafsu makan dan minum saja melainkan juga menahan nafsu syahwat mulai terbit fajar sampai dengan terbenar matahari ditandai dengan waktu berbuka puasa. 

Kalau ingin melakukan hubungan badan maka silahkan saja diwaktu malam hari, boleh habis tarawih, namun seblelum habis waktu sahur dimohonkan untuk mandi junub terlebih dulu karena nanti akan sholat subuh dan melanjutkan ibadah puasa kembali.


2. Makan atau Minum pada waktu Puasa


Kalau ini sudah jelas ya, makan dan minum di siang hari apalagi dalam waktu berpuasa maka tentu kalau bagi orang yang berpuasa namun di waktu puasa ia melakukan hal demikian tentu puasanya akan batal.


3. Memasukan Sesuatu ke Lubang Tubuh


Perlu kalian ketahui memasukkan sesuai diantara dua lubang atau ketiga lubang bagi wanita tentu hal ini akan membatalkan puasanya. Jadi sebaiknya bagi yang suka macam-macam atau nyeleneh, jangan dilakukan di waktu berpuasa karena nantinya puasa Anda akan batal. Ya, entah bermain timun dan terong atau kalian sengaja kumur-kumur ataupun mandi di sungai secara tidak disengaja atau disengaja air tertelan atau air masuk dalam lubang bawah Anda maka tentu ini bisa membatalkan puasa apalagi hal ini di sengaja.


4. Muntah dengan Senagaja


Muntah dengan cara di sengaja juga bisa membatalkan puasa. Contohnya seperti Anda memasukkan tangan ke area mulut dengan dipaksa dan secara fakta hal ini akan bisa memicu Anda muntah. Bisa juga Anda mencum sesuatu hal yang membuat Anda muntah tetapi Anda sudah tahu namun Anda tetap saja melakukannya maka hal ini juga bisa membatalkan puasa.


5. Pengobatan melalui Dua Lubang


Pengobatan melalui dua lubang yang dimaksud adalah suntik atau bisa juga dengan memberikan suatu cairan yang caranya di masukkan ke area lubang yang ada pada tubuh manusia. Bisa juga area mulut, bawah bagian selangkangan, telinga ataupun hidung Anda. Hal tersebut adalah perbuatan yang bisa membatalkan puasa, oleh karena itu sebaiknya jangan dilakukan kalau Anda sudah mengetahuinya.


6. Keluar Air Kemaluan dengan Sengaja


Hal ini berlaku bagi laki-laki maupun perempuan. Bagi laki-laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani pada saat waktu puasa maka puasanya akan batal. Apalagi siang-siang ngayal hal yang negatif atau melihat film dewasa18+ maka kalau ia mengeluarkan air mani maka puasanya bisa batal. Begitu juga dengan wanita, apabila pada waktu puasa masih berlangsung namun ia melakukan masturbasi dan keluar cairan vaginanya tentu hal ini akan membatalkan puasanya. Oleh karena itu kalau Anda sudah mengetahui akan hal ini sebaiknya jangan dilakukan pada wakt-waktu berpuasa, dan kalau bisa ya jangan walau tidak di waktu berpuasa.


7. Haid atau Nifas


Biasanya hal seperti ini terjadi pada wanita. Dimana sejak jam 6 pagi - 9 pagi ia masih berpuasa akantetapi pada waktu jam 10 ternyata wanita ini mengalami Haid (datang bulan) maka puasanya si wanita ini batal. Dan ia akan di anjurkan untuk menggantinya nanti setelah ia selesai masa haidnya. Apalagi datang bulan pada wanita bisa berhari-hari.


8. Gila


Nah, ini fenomena langka namun bisa juga terjadi pada seseorang. Apalagi orang tersebut ada penyakit pada kondisi kejiwaannya dan tentu hal ini bisa terjadi. Pada waktu jam 05.00 - 13.00 orag ini masih normal artinya tidak stres atau gila dan masih tetap menjalankan ibadah puasanya. Namun pada waktu pukul 14.00 eh, orang ini kambuh kondisi kejiwaannya maka tentu orang tersebut untuk puasanya sudah batal. Jadi dia tidak sah menjalankan ibadah puasa selama orang ini masih gila.


9. Murtad


Hal seperti ini juga langka ditemukan, namun bisa saja terjadi. Karena ini biasanya faktor keyakikan dan berasal dari hati. Mana tau orang di sebelahnya kalau hati dan keyakinannya sudah berubah. Oleh karena itu amati saja orang-orang di sekitarmu dimana dari perkataan dan perbuatannya sudah tidak mencerminkan orang islam dan dia tidak yakin lagi dengan adanya Allah dan ia mengucap suatu janji ingin memeluk agama lain maka bisa dipastikan orang ini secara ucapan sudah murtad dan puasanya sudah batal. Dan ia tidak bisa melanjutkan puasanya seperti orang lainnya. Sebelum ia beristigfar dan kembali memeluk agama islam, betobat dan mengucapkan dua kalimat syahadat dengan di saksikan ustadz atau guru dan orang islam lainnya.


10. Merokok


Merokok di waktu puasa juga batal. Meski tidak minum air atau tidak makan seperti buah, nasi, roti tentu hal ini masih ada unsur makan dan minum. Karena ada unsur menelan ludah yang sudah keluar dan juga ada zat nikotin pada rokok yang rasanya manis. Kapas rokok aja basah dan ia hisap kembali apalagi sampai merasakan rasa pada lidahnya serta kukus tersebut lalu lalang di antara lubang pada manusia seperti mulut dan hidung. Maka merokok ini dapat membatalkan puasa.

Baca Juga 30 Ide Menu Buka Puasa Paling Lezat yang bisa Anda Coba

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, oleh karena itu hindari kalau Anda tidak ingin puasanya batal. Jaga baik-baik waktu puasa dengan banyak ibadah. Karena pahala di bulan Ramadhan itu berkalilipat bahkan perbuatan sunah akan di ganjar menjadi pahala wajib.  Sebaiknya hindari perbuatan yang sia-sia apalgi bukannya menambah pahala malah mendpatkan dosa. Na uzubillahiminzalik.

Mungkin hanya ini dulu yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, sekian dari saya sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.