Widget HTML Atas

10 Search Engine (Mesin Pencari) Alternatif Selain Google

Search Engine (Mesin Pencari) Selain Google Search Terpopuler di Dunia di tahun 2020 akan saya kupas selengkap-lengkapnya di kesempatan kali ini dan semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan para sobat Mediasiana. Mungkin dari sekian banyak orang yang menggunakan media internet hanya tahunya cuma Gooogle Search mesin pencari yang ada di Internet. Bahkan kalangan orang-orang tua sekarang yang baru kenal internet dan baru menggunakan internet hanya Google-lah yang mereka tahu, bahkan sesuatu hal yang berkaitan dengan internet mesti secara langsung dikaitakan dengan Google padahal juga belum tentu.

Search Engine (Mesin Pencari) Alternatif Selain GoogleTerpopuler di Dunia


Nah, untuk menambah pengetahuan sobat semua agar tidak gaptek atau tidak kudet dalam hal dunia IT maka dikesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas tentang Mesin Pencari yang ada di Internet Alternatif selain Google Search. Berikut ini akan saya tampilan deretan daftar mesin Pencari yang terpopuler di dunia selain Google Search.

Search Engine (Mesin Pencari) Alternatif Selain Google


Google Search memang sudah di kenal orang lebih dulu ketimbang mesin pencari yang lainnya, ya karena di Mobile Seluler orang Indonesia kebanyakan Google yang lebih ada bahkan Yahoo, atau Wikipedia juga jarang di gunakan secara langsung. Biasanya malah langsung ngetik kata kuncinya langsung di area kolom Google Search, ya mungkin ini sudah jadi kebiasaan.

10 Search Engine (Mesin Pencari) Alternatif Selain GoogleTerpopuler di Dunia


Oke, kembali ke pembahasan, baik tanpa banyak basa-basi. Di kesempatan ini saya akan mencoba memberikan informasi 10 Search Engine (Mesin Pencari) Alternatif Selain GoogleTerpopuler di Dunia. Untuk itu mari simak ulasan selengkapnya.

1. Yahoo.com


Mesin pencari yang pertama adalah Yahoo.com karena mesin pencari yang satu ini memang lebih familiar didengar oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Indonesia ada yang sebagian menggunakan fitur mesin pencari dari Yahoo.com ini. 

Sang pendiri Yahoo.com adalah Jerry Yang dan David Filo yang berada di  di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Yahoo.com di dirikan pada tahun Januari 1994 dan dibentuk 2 Maret 1995. Dan sampai saat ini Yahoo.com masih tetap esksis dan mampu bertahan hidup.

2. Bing.com


Di urutan yang kedua ada Bing. Bing adalah mesin pencari yang terpopuler di dunia, dan bing ini adalah bawaan dari Microsoft. Jika sebelumnya pihak Microsoft membuat fitur MSN Search dan Windows Live search , namun sekarang ini pihak Microsoft melakukan pengembangan dan telah berhasil menghasilkan mesin pencari baru atau search engine baru yang diberi nama bing. Bing mulai dirilis sejak tahun 2009 dan hal ini sebagai pengganti Live Search. Bing tetap eksis dan mampu bertahan sampai sekarang ini, walaupaun dikabarkan bahwa Bing telah bekerjasama dengan Yahoo.com

3. DuckDuckGo.com


Mungkin kalian agak asing dengan mesin pencari yang satu ini. DuckDuckGo.com adalah salah satu mesin pencari yang terpopuler di dunia, hanya saja kalau untuk di Indonesia fitur mesin pencari yang satu ini jarang di pergunakan, karena masyarakat Indonesia lebih dominan menggunakan Google Search.

DuckDuckGo.com didirikan oleh Gabriel Weinberg, dia adalah seorang pengusaha dan pada tahun 2006 DuckDuckGo.com diakuisisi oleh Amerika. Bahkan Kebijakan dari mesin pencari DuckDuckGo.com mengatakan, mereka akan melindungi privasi penggunanya dan tidak merekam informasi jejak dari penggunanya.

4. Yandex.com


Yandex.com merupakan mesin pencari yang layaknya nama-nama diatas, hanya saja mesin pencari yang satu ini memang tidak sepopuler Yahoo, Google dan Bing. Tetapi bagi kalangan masyarakat luar negeri, Yandex.com sangat familiar, karena Yandex.com ini biasa digunakan untuk keperluan bisnis marketing.

Sehingga rata-rata pengguna yang menggunakan Yandex.com adalah mereka pelaku usaha dan bos-bos yang sedang mengerjakan proyek seputar dunia bisnis.

5. Baidu.com


Mesin pencari yang ke lima ada . Baidu.com. . Baidu.com adalah mesin pencari yang juga tidak terlalu populer di Indonesia, karena . Baidu.com sendiri lebih dominan populer di negara Cina, bahkan kabarnya di Negara Cina sendiri banyak mahasiswa tidak menggunakan Google sebagai mesin pencari, jadi peduduk Cina lebih dominan menggunakan  Baidu.com terutama para pelajar di sana. Tentu ini sebagai mesin pencari mereka sendiri di Internet di mereka sendiri.

6. Dogpile.com


Yang ke enam ada Dogpile.com. Dogpile.com adalah mesin pencari seperti diatas namun Dogpile.com lebih ke arah melakukan kompilasi dari beberapa mesin pencari yang ada, contohnya seperti; Google, Yandex, Yahoo!, dan mesin pencari lainnya. Tampilan dari Dogpile.com juga terkesan agak jadul, namun Dogpile.com diklaim sebagai mesin pencari yang dapat menampilkan hasil pencarian lebih banyak dan juga lebih akurat ketimbang mesin pencarian lainnya.

Mesin Pencari Dogpile.com memiliki fitur unggulan yaitu suggestion yang dapat membantu para penggunanya dalam menemukan banyak hal yang mereka cari. Dan Dogpile.com adalah mesin pencari yang cukup layak dijadikan sebagai fitur alternatif untuk melakukan pencarian di internet.

7. Starpage.com


Startpage adalah sebuah mesin pencari web yang lebih menyoroti privasi sebagai fitur utamanya.  Awalnya Starpage.com menyediakan metasearch untuk 14 mesin pencari web dan direktori yang berbeda serta gambar, berita dan mesin MP3. Namun untuk sekarang ini Startpage menyebutkan bahwa mereka adalah pengguna premium atau membayar untuk menggunakan sistem pencarian Google secara legal. Maka Hasilnya, mesin pencari ini dapat mampu menyajikan hasil pencarian yang lebih relevan dan lengkap.

Tidak cukup sampai situ saja, Starpage.com juga menghilangkan fitur tracker pada search engine di fitur mereka, sehingga Starpage.com tidak ada menyimpan informasi personal para penggunanya. Dengan begitu, hasil pencarian yang ditampilkan oleh Starpage.com akan lebih netral dan para pengguna tidak perlu khawatir apabila informasi pribadinya diambil dan digunakan (privacy).

8. Naver.com


Naver adalah salah satu diantara banyaknya mesin pencari yang ada di internet, dimana Naver.com ini dikembangkan oleh Korea Selatan. Meskipun mayoritas masyarakat di Korea Selatan ada yang menggunakan Google, tetapi untuk sebagian besar para pengguna internet di sana lebih memilih Naver sebagai mesin pencari saat mereka mencari informasi di internet.

Selain hal itu, Naver.com juga menawarkan fitur mesin pencar yang cukup komplit, karena Naver.com ini juga mengembangkan beberapa fitur yang keren untuk kepentingan para penggunanya, seperti; ada email gratis, berita, blog, dan fitur-fitur lainnya.

Memang sih, untuk di negara Indonesia bahkan di negara Eropa mesin pencari ini tidak populer secara global. Tetapi di negara asalnya, Naver.com memiliki basis yang cukup besar, karena di Korea Selatan selain basisnya Naver.com menguasai sebagian besar market share industri pada mesin pencari di negara tersebut.

9. Search.Aol.com


Mesin pencari yang ke sembila ada Search.Aol.com. Search.Aol.com adalah singkatan dari AOL (America Online), jadi Search.Aol adalah perusaha media massa multinasional Amerika yang berbasis di Kota New York City. Search.Aol ini memiliki bisnis yang cukup beragam seperti di bidang distribusi konten, jasa, produk, dan mesin pencari di Internet.

Mesin pencari ini diusung oleh AOL dan sepenuhnya didukung oleh Bing.com. kalian juga bisa menggunakan Search.Aol.com sebagai mesin mencari dan untuk mengakses website, gambar, multimedia, berita, belanja, dan hal lainnya.

10. Ask.com


Memang Ask.com sebelumnya adalah bukan menjadi situs mesin pencari, karena dulunya Ask.com adalah sebuah platform tanya jawab yang cukup ramai. Seiring dengan jalannya waktu ditambah pesatnya pertumbuhan pengguannya maka Ask.com saat ini telah menjelma dan menjadi salah satu mesin pencari yang cukup populer dannbanyak digunakan.

Cara kerja Ask.com juga seperti search engine (mesin pencari) pada umumnya, Ask.com bekerja dengan menampilkan sebuah hasil pencarian yang cukup relevan, karena apa yang di tampilkan sesuai dengan kata kunci yang di tuliskan oleh penggunanya.

Ask.com Mesin pencari yang menampilkan 2 jenis hasil dari pencarian yang bisa dipilih oleh penggunanya, yaitu ada dalam bentuk konten videos dan Answers (jawaban).

Penutup

Nah, itulah beberapa mesin pencari yang cukup populer di dunia bahkan populer di sebagaian negara. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan dan referensi bagi sobat semua, kalau mau di coba silahkan kalian coba sendiri sesuka hati kalian. Mungkin sekian dulu ulasan pada kesempatan kali ini, sampai bertemu lagi di pembahasan yang lainnya.