Widget HTML Atas

7 Hal Konyol yang Biasa Dilakukan Orang di Bulan Ramadhan

Hal Konyol dan bahkan jadi kebiasaan buruk dilakukan orang di bulan Ramadhan dan kalau ketahuan namun masih saja suka ngeles. Kebiasaan orang terutama para remaja di Bulan Ramadhan sangat beragam dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba merangkum beberapa hal tersebut. Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah, jadi pada bulan ini kita selaku umat islam di perintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa dan juga berbuat amal saleh. Karena dibulan Ramadhan sangat mulia dan juga bulan yang ditunggu-tunggu oleh kalangan umat Rasulullah SAW.


Hal Konyol yang Masih dilakukan Orang pada Bulan Ramadhan


Sangking mulianya bulan Ramadhan ini perbuatan yang di bulan lain itu sunah maka dapat ganjaran pahala sunah akantetapi kalau dibuan Ramadhan maka perbuatan Sunah diganjar menjadi pahala wajib, sungguh luar biasa bukan ?


Kebiasaan buruk yang masih lakukan orang di bulan Ramadhan



Kebiasaan buruk yang masih lakukan orang di bulan Ramadhan

Tetapi pada kenyataannya di Indonesia ini ada manusia yang menyia-nyiakan bulan yang penuh berkah ini. Berikut ini saya akan mencoba untuk mengulasnya, untuk itu saya mohon kalian tetap stay di sini ya. Hal konyol yang Biasa dilakukan orang di bulan Ramadhan, sebagai berikut :


1. Makan Mie dan Telor Rebus di Rumah Teman


Hal konyol dan buruk yang pertama adalah makan mie + telur ditambah ngerokok di rumah teman. Hal seperti ini marak sekali dilakukan oleh para remaja atau ABG, biasanya mereka pergi ke rumah teman yang non muslim ataupun kerumah teman yang orang tua temannya itu kerja dan pulangnya sore hari.

Jadi sengaja mereka membuat basecamp di rumah temannya untuk lokasi makan pagi, makan siang dan juga buat tempat santai ngerokok sambil entah main apakah yang pasti unfaedah banget kegiatannya. Nah, kebiasaan seperti ini ternyata marak terjadi pada bulan Ramadhan, ya walaupun tidak terdeteksi di daerah mana saja remaja yang melakukan hal seperti ini akantetapi ini juga berdasarkan kenyataan yang pernah saya saksikan.

Ada juga salah satu oknum (orang tua pemilik warung makan) melayani kalangan anak-anak remaja untuk makan di warung mereka. Walapun anak-anak tersebut tidak ketahuan orang tuanya tetapi Alah tahu apa yang dilakukan oleh anak-anak tersebut. Apalagi dosa yang di ganjarkan akan berkali lipat selayaknya pahala berbuat kebaikan. 

Alangkah baiknya kita selaku orang islam, ya walaupun kita ini masih usia remaja setidaknya kita sadar dan menghargai apa yang sudah diperintahkan Allah SWT kepada hambanya. Jadi jangan sampai Allah murka terhadap perbuatan yang dilakukan hambanya yang ingkar.


2. Nggak Puasa alasan Kerja Berat


Ada juga, kalangan remaja bahkan juga orang dewasa dengan sengaja tidak puasa dan makan di siang hari dengan alasan mereka kerja keras, kalau puasa di saat dalam kondisi bekerja katanya gak kuat. Adajuga orang dewasa tubuhnya kekar, kuat dan tidak bekerja kerjaannya lontang lantung, nongkrong tapi gak mau puasa. 

Dalam hal ini kita dapat belajar bahwa orang yang bisa berpuasa sampai sehari penuh adalah orang pilihan. Jadi dalam hal ini Allah menguji hambanya, mana hambanya yang kuat dalam sejatinya ataupun cuma kuat fisiknya tapi hatinya lemah.

Jadi dalam mengukur kekuatan ternyata bisa dilakukan dengan cara lain yaitu dengan berpuasa. Dengan berpuasa kita dapat mengambil banyak pelajaran dan makan. Alangkah baiknya kalau saat bulan Ramadhan tiba jangan jadikan pekerjaan untuk tidak puasa, karena ini tetap dosa.


3. Ngabuburit Bareng Pacar


Di bulan Ramadhan ini di anjurkan berbuat kebaikan dan menjauhi segala macam kemaksiatan. Tetapi di akhir jaman ini fenomena baru muncul yaitu Ngabuburit bareng pacar. Artinya dengan berbuat seperti itu sama saja menodai kesucian bulan Ramadhan. Apalagi jalan berduaan dengan pacar yang belum jadi mukhirmnya. Tentu dosanya akan berkali-lipat. Na,uzubillahiminzalik.

Daripada terus berbuat kemaksiatan lebih baik isilah keseharian selama berpuasa dengan beribadah, tadarus, menyiapkan takjil, ataupun ikut kegiatan sosial lainnya (pesantren ramadhan)


4. Tidur Sehabis Sahur


Ada juga kebiasaan buruk yang masih membudidaya yaitu tidur sehabis makan sahur. Padahal Rasulullah SAW sudah mencontohkan etika dan perbuatan yang baik dilakukan sehabis sahur yaitu mengisinya dengan berbuat kebaikan yaitu ibadah, tadarus dan berzikir. 

Karena tidur sehabis makan sahur maka nantinya sholat subuhnya bisa ketinggalan, terus tubuh di siang hari akan mudah lemas karena makanan yang baru di makan sudah di cerna di dalam tubuh dan berbuah menjadi energi ketika tidur.


5. Bukber Tapi Lupa Sholat


Fenomena ini marak terjadi, terutama di area perkotaan, sangking asyiknya Bukber bareng angkatan ataupun rekan kerja, club atau komunitas bisa lupa untuk sholat magrib dan sholat isya. Sangking asyiknya ngobrol, foto-foto dan becandaan melupakan  sholat bahkan malah berujung berbuat kemaksiatan yaitu lanjut habis bukber nonngkrong di cafe bareng teman wanitanya. Sebaiknya hal ini kita hindari ya !


6. Menunggu Waktu Berbuka Puasa


Suka nunggu waktu jam buka dan mantengin jarum jam. Bahkan sampai suka ngeluh-ngeluh, waktu kok lambat banget ya " kapan ini waktu bukanya kok gak sampai-sampai. Sangking konyolnya ada yang buat vedio parodi yaitu Salah lihat jam dan buka puasa duluan padahal jamnya yang ia lihat adalah jam yang salah jarumnya tidak gerak lagi.


7. Tidur Serentak di Masjid


Habis zuhur biasanya kalau di bulan ramadhan adalah tidur serentak di masjid atau di area masjid (teras). Bukannya beribadah atau tadarusan malah habis sholat tidur dan kejadian seperti ini sudah jadi tradisi di bulan Ramadhan terutama di Indonesia. Kan konyol ya 'hhehehe..

Baca Juga 30 Ide Menu Buka Puasa Paling Lezat yang bisa Anda Coba

Penutup

Nah, itulah beberapa hal konyol dan juga buruk yang masih saja dilakukan di bulan Ramadhan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi atau penialian bagi diri sendri agar nantinya disaat bulan puasa Ramadhan bisa meningkatkan ketaqwaan dan beribadah kepada Allah SWT lebih giat dan semangat.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat. Apabila artikel ini bermanfaat buat orang lain silahkan saja share sebanyak-banyaknya. Sekian dari saya sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.