8 Situs Gratis Bantu Kamu Belajar di Rumah

Daftar Situs Gratis Bantu Kamu Belajar di Rumah dalam pekan ini 2020, jadi kamu gak usah khawatir ya kalau mau belajar di rumah karena kini sudah banyak situs yang memberikan sebuah layanan pendidikan gratis yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Berikut ini saya akan mencoba untuk menuliskan deretan situs pendidikan yang memberikan sebuah layanan gratis bagi para Pelajar, yuk mari disimak.

Situs Gratis Belajar di Rumah


Menyimak dari keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem makarim menghimbau Dinas Pendidikan serta Kepala Sekolah/Bapak/ibu Guru yang ada di daerah-daerah Indonesia untuk menyelenggarakan proses belajar yang dulu di sekolah di ganti untuk di rumah dikarekana Virus Corona (COVID-19). 

Situs Gratis Bantu Kamu Belajar di Rumah
Foto : Republika.co.id

Bahkan beberapa pemerintah daerah yang ada di Indonesia sudah mengambil kebijakan agar menghentikan sementara kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, hal ini sebagai upaya untuk melindungi keselamatan tenaga pendidikan dan peserta didik di tengah merebaknya wabah virus Corona (COVID-19). Sehingga beberapa sekolah pun sudah membuat pengumuman untuk meniadakan dulu belajar di sekolahan ‘merumahkan’ sementara seluruh siswanya dan proses pengajarannya hingga satu hingga dua minggu ke depan bahkan bisa diperpanjang.

Situs Gratis Bantu Kamu Belajar di Rumah


Dalam hal ini perlu diingat, dengan adanya kondisi seperti ini bukan berarti sebagai moment liburan. Para pelajar sekolah ataupun perguruan tinggi juga tetap harus belajar di rumah. Oleh karenanya, Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama juga dengan pihak swasta telah menyiapkan skenario belajar online bagi para siswa selama sekolah non-aktif. 

Jadi, Anda bisa membantu untuk mengoptimalisasi kegiatan anak-anak untuk bisa belajar di rumah melalui beberapa platform berikut yang dapat Anda akses secara umum dan tentunya gratis:

1. Rumah Belajar


Rumah Belajar merupakan sebuah aplikasi pembelajaran jarak jauh secara online dan berbasis portal serta android. Ada beberapa fitur unggulan yang dapat Anda akses selaku orang tua,  peserta didik dan guru di antaranya adalah seperti : Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Fitur Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh kalangan siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Rumah belajar, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://belajar.kemdikbud.go.id

2. RuangGuru


Situs yang kedua adalah ada Ruangguru. Jadi Ruang Guru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. dimana Ruang Guru telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru adalah Marketrplace yang mengembangkan berbagai layanan pendidikan berbasis teknologi. Di runag guru juga bisa belajar gratis melalui webistenya tanpa harus berlangganan melalui Appnya. Namun tenang di Ruang Guru juga banyak diskon dan layanan gratis.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Ruang Guru, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://blog.ruangguru.com/

Ada juga program baru yaitu Sekolah Online Ruang Guru

Para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online yang disebut dengan live teaching setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa. Untuk jadwalnya yaitu mulai hari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru secara gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruangguru.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Sekolah Online Ruang Guru, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://sekolahonline.ruangguru.com

3. Google G Suite for Education


Google membantu para siswa yang ada di dunia ini serta para guru di Dunia dan di Indonesia melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melalui G Suite for Education - alat pembelajaran kolaboratif yang bisa digunakan oleh antar siswa dan gurunya yang tersedia gratis dari Google. 

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, yakni alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hingga 1 Juli 2020, live streaming di fitur Hangouts Meet bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Google G Suite for Education, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

4. Kelas Pintar


Ini adalah sebuah website portal online yang menyediakan berbagai perangkat multimedia interaktif untuk belajar via online. Kelas Pintar menyediakan satu bulan gratis bagi guru maupun siswa di seluruh Indonesia untuk menggunakan platformnya. Di sini, anak-anak juga bisa mendapatkan evaluasi atas pembelajaran melalui tes adaptif, pilihan ganda, tes berkala, hingga ujian semester.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Kelas Pintar, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://kelaspintar.id

5. Microsoft Office 365


Untuk memanfaatkan fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid. Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video. Dengan adanya fasilitas Teams dalam fitur Office 365, maka proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Microsoft Office 365, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://microsoft.com/id-id/education/products/office
 

6. Quipper School


Guru dan sekolah dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa. Fitur yang ada di Quipper School bisa dalam bentuk video pembelajaran, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Pelayanan ini diberikan oleh Quipper School bagi sekolah yang dinonaktifkan mulai 17 Maret 2020.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Quipper School, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://www.quipper.com/id/school/teachers/

7. Sekolahmu


Sekolahmu menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Sekolahmu, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://www.sekolah.mu/tanpabatas

8. Zenius


Zenius memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur.

Kalau Anda ingin mencoba belajar online di Zenius, silahkan saja kunjungi alamat berikut ini : https://zenius.net/belajar-mandiri

Penutup


Itulah deretan website atau situs online yang bisa Anda gunakan untuk belajar Ggratis via online tanpa harus ribet mengikuti rumbel offline, apalagi saat ini masih darurat Virus Corona. Nah, bagi kalian yang ingin mencobanya silahkan pilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Semoga ulasan pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel