Widget HTML Atas

8 Tips Mudah Bangun Sahur di Puasa Ramadhan

Tips mudah bangun sahur di puasa ramadhan 2020 atau 1441 Hijriah, jadi  bagi Anda yang punya penyakit susah bangun tidur subuh atau di waktu pagi hari. Sebentar lagi bulan Ramadhan bulan penuh berkah dimana umat islam di muka bumi ini melaksanakan ibadah Puasa. Sebelum kita melaksanakan ibadah puasa maka diwajibkan untuk makan sahur, karena yang membedakan puasanya umat terdahulu dengan umat rasulullah adalah dengan makan sahur. Karena pada waktu makan sahur Allah menurunkan nikmat dan berkah yang luar biasa, maka dari itu Rasulullah menganjurkan sebelum esok harinya berpuasa maka di waktu malamnya atau di waktu pagi hari pada pukul 04.00 - 05.00 makan sahur terlebih dulu.

Tips Mudah Bangun Sahur di Puasa Ramadhan


Biasanya pada waktu sahur pasti ada yang kesulitan ketika bangun dari tidurnya mungkin karena kebiasaan bangun tidurnya di waktu jam 05 pagi atau jam 07 pagi. Biasanya ini sangat umum terjadi pada mayoritas kaula muda yang kebiasaan bangun tidurnya jam 6 pagi.

Tips Mudah Bangun Sahur di Puasa Ramadhan

Nah, buat kalian yang memiliki penyakit malas atau susah bangun untuk makan sahur saya ada beberapa tips. Jadi sesuai dengan judul diatas saya akan bagikan di kesempatan kali ini, untuk itu silahkan Anda simak ulasannya sampai selesai ya..!

8 Tips Mudah Bangun Sahur pada Bulan Ramadhan :


1. Sebaiknya Pasang Alarm dengan Nada Dering Panggilan Masuk di waktu Makan Sahur


Adapun tips yang pertama adalah dengan cara Anda atur nada pengingat waktu, bisa memasang Alarm baik itu di Nada Dering hanphone maupun Nada di Jam Daring. Letakkan handphone berdekatakan pada area tidurmu. Dengan begitu, ketika waktu sahur tiba maka alamr yang sudah Anda setting akan berbunyi nyaring dan memecah zona nyaman tidurmu.

2. Sebaiknya Set Waktu Alarm itu Sebelum Bangun dan Sesudahnya


Jangan hanya Anda memasang alarm di satu waktu saja. Sebaiknya setel waktu alarm itu sebelum dan sesudahnya. Contohnya saja seperti, Anda memasang alarm pada pukul 2.45 WIB , 3.00 WIB, dan 3.10 WIB. Maka setelan seperti inilah yang nantinya mengantisipasi Anda yang biasanya sudah bangun tapi malah sering tertidur lagi saat alarm pertama sudah berbunyi.

3. Sebaiknya disaat Malam Hari Hindari Makanan yang Berlemak


Saat Anda berbuka puasa, sebaiknya hindari memakan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak. Mengapa demikian? Karena makanan yang mengandung lemak dapat membuat pencernaan Anda akan berjalan lambat. Selain itu Anda juga bisa saja sulit tidur karena perut begah atau terasa sakit. jadi, ketika Anda berbuka puasa maka sebaiknya pilih makanan yang memiliki banyak air, agar asupan mineral dalam tubuh Anda bisa kembali normal.

4. Niatkan Hati Anda untuk Menjalani Bangun Makan Sahur


Sebelum Anda tidur, sebaiknya niatkan dulu hati Anda untuk bangun makan sahur tanpa terlambat. Bila Anda berniat bersungguh-sungguh dengan niatan untuk beribadah, pasti selalu ada jalan dan kemudahan yang diberikan Allah untuk hambanya.

Kuatkan hati Anda untuk melawan rasa malas, karena semua kegiatan yang sudah Anda lakukan dengan hati dan niat yang sungguh-sungguh akan dimudahkan.

5. Sebaiknya Tidur Lebih Awal dan jangan terlalu larut


Bagi kalian yang malamnya suka tadarus dan ibadah maka sebaiknya atur waktu tiudru dengan tepat. Tidur lebih awal dari jam biasanya tentunya bisa membantu Anda bangun sahur bisa tepat waktu. Selain itu, saat Anda bangun maka badan tidak terlalu lemas karena sudah diistirahatkan sesuai dengan porsinya.

Saat Anda tidur, sebaiknya jauhkan tubuh Anda dari gadget agar Anda tidak terpancing untuk memainkannya hingga lupa waktu.

6. Sebaiknya Sempatkan Tidur Siang


Selain tidurnya orang berpuasa itu dihanjar pahala, maka tidur siang pada saat puasa ternyata banyak manfaatnya. Walaupun hal ini kedengarannya sepele, namun aktivitas ini mampu membuat badan Anda jauh lebih bugar sepanjang waktu puasa. Sempatkan tidur siang selama 15 – 20 menit. Karena rasa kantuk, stres, dan tegang akan berkurang saat kamu bangun makan sahur nanti.

7 . Jangan Biasakan Anda Begadang Sambil Minum Kafein atau Kopi 


Efek samping dari mengonsusi kafein adalah mata Anda akan selalu tahan lama untuk tidak ngantuk alias melek terus. Selama masa bulan puasa sebaiknya Anda hindari meminum kafein terlalu sering dan banyak. Apalagi ditambah Anda sering begadang semalaman untuk mengerjakan tugas atau Ngeronda. Usahakan Anda mulai tidur pada jam 11 malam. Sehingga nantinya saat bangun tidur untuk makan sahur badan akan terasa segar dan semangat untuk menyantap hidangan sahur yang sudah disediakan.

Nah, agar makan sahur yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar, cobalah untuk bangun lebih awal dan malamnya sebelum Anda tidur jangan terlalu banyak makan. Krean kalau Anda hendak tidur dengan perut kenyang maka nantinya akan susah untuk bangun makan sahur lebih awal.

8. Jangan terlalu banyak aktivitas berat (badan capek)


Badan Capek karena olahraga ringan atau pekerjaan berat akan membuat Anda cepat tidur, tapi kalau capeknya karena memaksakan diri untuk olahraga dengan intensitas tinggi maka Anda akan susah bangun tidur. karena Tubuh yang butuh waktu pemulihan tenaga atau penyembuhan akan lebih lama tidurnya sehingga Anda akan susah untuk bisa bangun makan sahur dengan tepat waktu.

Baca Juga : 30 Ide Menu Buka Puasa Paling Lezat yang bisa Anda Coba

Penutup

Nah, itulah ke 8 tips yang harus Anda lakukan dan Anda hindari agar Anda juga bisa bangun makan sahur dengan lebih awal, apalagi Anda yang masih jomblo dan tinggal sendirian di rumah, beda kalau Anda serumah dengan pasangan atau orang tau sanak saudara maka Anda akan dibangunkan oleh keluarga atau mungkin pasangan. Semoga ulasan di atas dapat membuat puasa Anda berjalan lancar dan lebih maksimal di bulan Ramadhan ya. Janganlupa baca juga tips yang lainnya dibawah ini, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.