Widget HTML Atas

8 Menu Berbuka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW

Menu Berbuka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW yang bisa kamu coba dirumah selama Bulan Ramadhan. Sebagai seorang muslim yang taat, sudah seyogyanya kita mematuhi dan berusaha untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW , termasuk dalam hal berbuka puasanya. Rasulullah adalah nabi sekaligus rasul yang dapat kita jadikan sebagai suri tauladan di kehidupan sehari-hari, tentunya mengenai perbuatan ataupun tingkah laku apapun yang beliau lakukan pasti ada hikmahnya, termasuk dalam memilih menu untuk berbuka puasa yang biasa beliau makan.

Menu Berbuka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW


Menu Berbuka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW


Perlu kalian ketahui bahwa Rasulullah SAW ini memiliki beberapa menu favorit yang mana secara ilmiahnya semua yang beliau makan ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, supaya kita ini bisa mendapatkan manfaat lebih dan juga pahala karena melaksanakan sunnah nabi. Mari kita intip menu makanan yang kerap beliau jadikan sajian berbuka puasa oleh Rasulullah SAW.

Berikut 8 Menu Berbuka Puasa Menyehatkan Ala Rasulullah SAW :

1. Kurma

Siapa sih yang gak tau dan gak pernah makan Buah Kurma ? Ya, buah kurma adalah buah yang menjadi salah satu menu makanan favorit Nabi Muhammad SAW di saat beliau berbuka puasa. Bahkan, mengenai hal ini banyak sekali hadist yang menerangkan tentang sunnahnya untuk menyantap buah kurma di saat berbuka puasa, bahkan ada beberapa ciri kurma yang Rasulullah SAW sukai yaitu kurma ajwa. 

Selain dapat menyehatkan tubuh, jenis kurma ajwa juga diyakini dapat menangkal pengaruh sihir dan racun. Ditambah, buah kurma merupakan buah yang cukup tinggi kalori dan kaya akan nutrisi, sehingga cepat mengembalikan energi tubuh setelah melakukan ibadah puasa dan tenaga akan cepat kembali pulih saat berbuka puasa dengan menyantap kurma ajwa tersebut.

2. Delima

Buah yang keud adalah buah Delima. Makanan lain selain kurma ajwa yang juga menjadi pilihan Rasulullah SAW kala berbuka puasa adalah buah delima. Apakah kamu pernah makan buah delima ?. Buah delima adalah buah yang terkenal kandungan kaya akan nutrisi serta antioksidan yang tinggi dan ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bahkan di dalam Al-Quran juga disebutkan bahwa buah delima ini termasuk buah yang ada di dalam surga, hal ini disebutkan dalam QS. Surat Ar-Rahman ayat 68.

"- di dalam kedua-dua surga terdapat pohon buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.-"

3. Anggur dan kismis

Buah favorit rasulullah SAW yang ke tiga ada buah anggur dan kismis. Buah anggur sangat bagus untuk di konsumis, baik dalam bentuk anggur yang masih segar maupun yang sudah menjadi kismis. Kismis ini merupakan makanan yang kaya akan manfaatnya. Kerap dikonsumsi Rasulullah SAW saat berbuka puasa. Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim.

“- kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.- ”

Buah anggur sendiri banyak memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jantung, paru-paru, dan hati. Buah anggur bisa dimakan langsung, Rasulullah SAW juga menyukai olahan dari buah anggur serta kismis dalam bentuk air rendamannya atau yang biasa disebut dengan air nabeez.

4. Madu

Menu yang ke empat ada Madu, pasti kalian sudah pernah minum madu ?. Madu merupakan suatu minuman manis yang kaya akan manfaat. Tentu tidak mengheran kalau Rasulullah SAW menjadikan madu ini sebagai salah satu menu minuman pilihan untuk berbuka bahkan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Saking hebatnya, madu ini banyak disebut-sebut sebagai rajanya obat. Bahkan khasiat dari madu juga telah disebutkan dalam Al-Quran di Surat An-Nahl ayat 69.

"kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan".

5. Semangka

Menu makanan yang ke lima ada buah semangka. Buah semangka merupakan salah satu buah yang kerap dimakan oleh Rasulullah SAW bersama dengan buah kurma. Beliau bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi

 “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” 

Bahkan dijelaskan dalam hadist yang bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri di dalam kitab Thibbun Nabi, disebutkan bahwa buah semangka memiliki khasiat luar biasa bagi wanita hamil.

"Tak seorang pun perempuan yang sedang hamil yang makan buah semangka, akan gagal melahirkan anak yang wajah dan fisiknya bagus,”

6. Susu

Menu yang ke enam ada Susu. Susu merupakan golongan minuman yang sempurna karena banyak mengandung nutrisi lengkap yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Maka dari itu, susu ini sangat baik diminum saat berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan tubuh, karena susu kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah disebutkan.

"...Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.”

7. Zaitun

Menu yang ke tujuh ada Zaitun. Minyak dari buah zaitun ini kerap dimanfaatkan orang untuk kecantikan dan juga untuk bumbu memasak. Tapi untuk mendapatkan manfaat yang sempurna, kamu perlu mengonsumsi buah ataupun minyak zaitun secara langsung. Keistimewaan dari minyak zaitun adalah berasal dari pohon yang penuh berkah, pernyataan ini dapat dilihat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan Ibnu Majah

"Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sungguh ia berasal dari pohon yang diberkati.” 

Selain itu mengolesi bagian tubuh dengan minyak yang berasal dari pohon zaitun diyakini dapat menghindarkan seseorang dari gangguan setan.

“Barangsiapa menggosok badannya dengan minyak zaitun, syaitan tidak akan mendekatinya."

8. Air putih

Menu yang ke delapan ada Air Putih. Sajian yang sangat sederhana ini ternyata jadi salah satu menu favorit Rasulullah SAW untuk membatalkan puasa (saat berbuka puasa). Hal ini juga sudah dijelaskan dengan jelas dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

"Nabi SAW biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan kurma basah,  jika tidak ada , maka beliau berbuka dengan kurma kering, dan jika tidak ada kurma kering, beliau meminum seteguk air"


Baca Juga : 30 Ide Menu Buka Puasa yang Lezat mudah di Buat


Air Putih sendiri sangat penting bagi tubuh, karena dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi serta untuk membuang racun dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh  dan dibuang melalui alat pencernaan yang biasa berebentuk urin.

Dari semua ulasan menu berbuka favorit Rasulullah SAW diatas, menu mana yang menjadi menu brbuka puasa kesukaanmu?
.....KLIK 1X (CLOSE).....