Widget HTML Atas

Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger dan Memperbaikinya !

Cara Mencari dan Mengecek Broken Link (link mati) di Blog Blogger dan memperbaikinya dengan mudah tanpa ribet cari sana sini terbaru 2020. Broken Link atau Link Mati merupakan suatu Link yang dulunya hidup atau Aktif dan dipasang ke Blog atau Website kita dan dalam kurun waktu tertentu Link Aktif yang di simpan di dalam artikel atau tubuh template Blog/Wesbite tersebut Mati atau Sudah tidak aktif lagi.


Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger


Cara mengetahui Broken Link ini cukup mudah, hanya saja ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Perlu kalian ketahui, bahwa apabila di suatu Blog atau Website terdapat Broken Link atau Link Mati maka akan membawa pengaruh buruk terhadap reputasi blog itu sendiri.


Cara Memperbaiki Broken Link di Blog


Jadi, apabila blog Anda terdapat Broken Link maka ketika Link tersebut Anda klik mata akan menampilan Halaman Not Found artinya halaman yang Anda cari tidak ditemukan. Akibatnya kalau Broken link dibiarkan terkumpul banyak maka Blog Anda akan dipertanyakan Google dan Domain Autority ataupun Page Autoritinya bernilai jelek dan juga akan berpengaruh terhadap Alexa Rank.

Broken Link yang biasanya ketika di Klik maka akan mengarah pada Laman 404 yang artinya Page Not Found atau error. Sebaiknya apabila Anda menemukan Broken Link di Blog Anda alangkah baiknya di ganti saja dengan link yang masih aktif atau bisa juga di hapus.

Ada beberapa penyebab yang biasanya membuat Link yang Aktif ketika Anda pasang tersebut bisa mati, seperti halnya berikut ini :

  1. Ada kesalahan dalam penulisan alamat situs (link) bisa juga kurang tanda : Titik dua (:) , Tanda garis miring (/) tanda titik (.) dan sebagainya.
  2. Biasanya dalam penulisan linknya dalam mode laman HTML
  3. Situs atau Blog yang di tuju sudah di Hapus pemiliknya
  4. Link Artikel sudah di hapus oleh pemiliknya
  5. Terjadi pembaharuan Link yang sudah kita tautkan ke dalam blog (hasilnya maka link yang lama akan menjadi link mati / Broken Link.

Cara Mencari atau Mengecek Broken Link di Blog Blogger


Nah, untuk cara mengecek atau mencari broken link di suatu blog maka Anda bisa menggunakan Tools Online yang sudah di sediakan oleh pihak developernya. Saya juga tidak tahu yang punya Toolsnya orang mana. Yang jelas di sini saya akan memberikan alamat situsnya.

Untuk menggunakan Tools Online tersebut silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Kunjungi Situs Online Broken Link Checker
  2. Silahkan Anda lihat laman yang ada pada situs tersebut, Masukan alamat blog atau situs Anda ke Area Kolom yang sudah di sediakan (bisa lihat gambar dibawah ini !)
  3. Lalu Klik Find broken links
Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger


Nah, kalau sudah Anda klik Find Broken Links, maka Anda akan di bawa ke laman baru yang tampilannya seperti dibawah ini ..! (Lihat gambar)

Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger

Dari tampilan gambar diatas maka perintah yang harus dilakukan adalah seperti yang ditunjukkan pada anak panah tersebut. Silahklan Anda isi dulu kolom Security code sesuai dengan kode yang muncul tersebut. 

Dan kalau sudah di verifikasi Security code nya silahkan Anda klik pada Report all occurrences of each dead link (may be slower). Kalau sudah silahkan Anda klik Find Broken Links Now!

Nantinya Anda akan di tampilkan lagi laman baru seperti dibawah ini, (silahkan Anda lihat gambarnya ..!)

Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger

Dari gambar diatas maka menunjukkan Pengecekkan Linki Mati lagi berlangsung atau dalam proses dan kita diperintahkan untuk menunggu sampai proses selesai dan jangan di klik icon Stopnya.

Biasanya ini bisa memakan waktu 5 menit bahkan lebih, tergantung banyaknya artikel yang sudah di Publikasikan oleh penggunanya. Maka dari itu sebaiknya dalam tahap proses ini harap bersabar.

Cara memperbaiki Broken Link di Blog Blogger


Apabila proses sudah selesai maka tampilan gambarnya seperti ini, silahkan Anda lihat !

Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger

Dari gambar diatas menunjukkan bahwa proses pengecekkan sudah selesai dan hasilnya tidak ada Broken Link yang terdapat di blog Mediasiana. Artinya blog mediasiana aman dan terbebas dari halaman error (404) atau link mati.

Jadi, apabila blog Anda terdapat link mati maka tampilan hasil akhirnya akan seperti ini, silahkan lihat gambar dibawah ini !

Cara Mengecek Broken Link di Blog Blogger

Dari gambar diatas bahwa terdapat 15 Broken Link yang harus di perbaiki, caranya cukup mudah kalau tidak percaya dan ingin memastikannya maka silahkan klik dulu url nanti Anda akan di bawa ke laman page error 404 . Dari gambar diatas saya menggunakan blog saya yang satunya dan ternyata ada 15 Broken Link atau Link Mati yang harus saya ganti.

Nah, dari pembahasan ini semoga Anda semua paham ya, dan tahu cara memperbaikinya. Jadi, kalau jumlah halaman Anda sudah ribuan dan terdapat ratusan Broken Link maka silahkan Anda cek satu persatu, jadi dalam hal ini sebaiknya sabar ya. Karena kalau blog Anda tidak ada broken linknya lagi insyaAllah blog Anda akan kembali seperti baru lagi dan di sayangi Google.

Saya sarankan, dalam pengecekkan Broken Link ini dilakukan secara rutin atau berkala dalam 1 bulan sekali, anggap saja ini adalah kegiatan service web atau blog Anda. Dan janganlupa ini penting untuk dilakukan !

Penutup

Semoga dengan adanya tutorial ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman-teman blogger semua. Mungkin sekian dari saya dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.