Widget HTML Atas

Pengertian Nutrisi dan Jenis Nutrisi : Hal ini Penting Bagi Manusia

Pengertian Nutrisi dan Jenis Nutrisi : Hal ini Penting Bagi Manusia terutama pada Ibu Hamil, karenakan Tubuh manusia membutuhkan asupan Nutrisi yang cukup. Dengan adanya nutrisi yang cukup pada tubuh maka Tubuh akan lebih sehat dan kuta karena daya tahan tubuh atau imun tubuh baik. Kita bisa mendapatkan Nutrisi dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran ataupun Hewan. 

Nah, apakah kalian tahu apa itu Nutrisi dan Jenis Nutrisi ?
Yuk simak ulasan selengkapnya pada uraian berikut dibawah ini..!

Pengertian Nutrisi 


Manfaat Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil


Makanan atau sering disebut nutrisi merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup. Manusia membutuhkan makanan yang dicerna menjadi zat makanan melalui proses pencernaan. Zat-zat makanan disebut juga gizi atau nutrisi. Makanan yang bergizi adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dann mineral dimana hal ini dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak maka disebut mikronutrien. Selain itu air juga dikategorikan sebagai zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh sebab pada metabolisme zat makanan air diperlukan dalam jumlah besar.


Kebutuhan Energi


Banyaknya energi yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas metabolisme tubuh selama sehari berbeda-beda bagi setiap orang. Beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan energi seseorang diantaranya adalah usia, jenis kelamin, serta aktivitas yang dilakukan. 

Sebagai contoh, dimana saat kamu akan cenderung lebih cepat lapar ketika selesai melakukan kegiatan olahraga dibandingkan jika hanya duduk atau beristirahat saja. Hal ini dapat terjadi karena pada saat Anda berolahraga maka kadar kalori yang dibutuhkan tubuhm Anda akan lebih banyak, sehingga pembakaran energi dari makanan yang Anda makan juga lebih cepat habis doleh oleh tubuh dibandingkan jika kamu hanya duduk dan beristirahat. 


Jenis-Jenis Nutrisi



1. Karbohidrat


Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat terutama berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti padi, jagung dan umbi-umbian. Ada tiga macam ienis karbohidrat, yaitu ada polisakarida, disakarida, dan monosakarida.

  1. Monosakarida dapat larut dalam air, contoh monosakarida adalah glukosa dan fruktosa. Monosakarida banyak terdapat pada buah-buahan dan sayu-sayuran.
  2. Disakarida terdiri dari dua monosakarida, disakarida juga larut  dalam air. Contoh disakarida adalah sukrosa yang terdapat pada tebu, dan laktosa yang terdapat pada susu.
  3. Polisakarida terdiri dari tiga atau lebih monosakarida. Sebagai contoh : polisakarida adalah pati dan amilum yang biasa terdapat pada padi, jagung, dan umbi-umbian.
  4. Tiap 1 gram karbohidrat biasanya akan menghasilkan 4 – 4,1 Kg kalori. Energi yang dihasilkan digunakan untuk aktifitas sehari-hari. Namun ingat, bahwa mengonsumsi karbohidrat terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes.


2. Lemak


Berdasarkan asalnya, lemak terbagi menjadi dua macam, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati adalah jenis lemak yang berasal dari tumbuh-timbuhan, sedangkan untuk jenis lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan atau binatang. 

Sumber lemak nabati di antaranya kacang-kacangan, kelapa, dan alpukat. Adapun sumber lemak hewani adalah daging, telur, dan produk olahan susu. Dalam proses pencernaan, lemak akan diubah menjadi asam lemak dan gliserol, dengan bantuan enzim. 

Fungsi lemak dalam tubuh antara lain sebagai berikut:

1) Sumber energi, pembakaran 1 gram lemak menghasilkan energi 9,3 kilokalori.
2) Pelarut vitamin A,D,E dan K.
3) Pelindung tubuh dari adanya gesekan dan benturan serta suhu yang ekstrem.
4) Sebagai cadangan makanan.


3. Protein


Adapun untuk Protein akan tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Protein diserap oleh tubugh dalam bentuk asam amino. Protein juga terdiri atas protein nabati dan protein hewani. Protein nabati misalnya kacang kedelai, buncis, dan kacang hijau. Adapun protein hewani diantaranya adalah daging, telur, dan ikan. 

Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan terhambat, sedangkan kelebihan protein akan diubah menjadi senyawa nitrogen yang dibuang melalui ginjal. Fungsi protein adalah sebagai berikut.

1) Mengganti sel-sel yang telah rusak.
2) Membentuk enzim dan hormon.
3) Mengatur proses di dalam tubuh.
4) Dan juga sebagai sumber energi, artinya Pembakaran 1 gram protein menghasilkan energi 4,1 kilokalori. 


4. Vitamin


Vitamin tidak dapat menghasilkan energi, meskipun demikian, vitamin sangat dibutuhkan untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Jika seseorang kekurangan vitamin akan mengalami avitaminosis. Berdasarkan kelarutannya, untuk jenis vitamin dibedakan menjadi dua kelompok yaitu sebagai berikut.

  • Vitamin yang larut dalam air, antara lain vitamin B (B1,B2, B6, B12) dan C
  • Vitamin yang tidak larut dalam air, yaitu ada vitamin A, D, E, dan juga vitamin K. Vitamin ini juga larut dalam lemak.



5. Mineral


Mineral merupakan bahan-bahan anorganik (tak hidup). Mineral adalah zat yang sangat penting karena berfungsi sebagai penyusun tubuh, mempercepat reaksi, dan menjaga proses fisiologi tubuh. Mineral banyak terdapat pada daging, satyuran, buah-buahan, susu, keju dan lain-lain. Contoh-contoh mineral antara lain Besi (fe), Kalsium (ca), Kalium (K), Natrium (Na), Yodium (I), Magnesium (Mg), Fosfor (p), dan Sulfur (S). Mineral tidak mengalami proses pencernaan  tetapi langsung diserap oleh tubuh.


6. Air


Sebenarnya, air tidak termasuk zat gizi dalam makanan. Namun demikian, air merupakan bahan yang sangat penting bagi tubuh manusia sehingga kebutuhannya harus terpenuhi. Air dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zar gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan, pelumas dan bantalan, media transportasi, serta media pengeluaran sisa metabolisme. 

Tubuh dapat kehilangan air ketika bernapas, berkeringat, dan buang air. Kebutuhan air diperoleh secara langsung dari air minum dan dari air yang terkandung dalam makanan serta buah-buahan. Kamu harus minum air minimal 8 kali sehari atau sekitar 2 liter dalam sehari.

Penutup

Nah, itulah tadi uaraian dari pengertian Nutrisi dan juga jenis dari Nutrisi. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Mungkin cukup hal ini dari saya, saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di Mediasiana. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.