Widget HTML Atas

Pentingnya Perusahaan Memiliki HIGH COMPETITIVENESS

Pentingnya Perusahaan Memiliki HIGH COMPETITIVENESS. Dalam suatu bisnis atau perusahaan pasti pernah mengalami peningkatan dan penurunan dalam penjualannya. Tetapi meski begitu, para pelaku bisnis atau suatu perusahaan tetap tidak putus asa dan berhenti hanya disitu saja, mereka terus berfikir dan selalu mencari ide baru (inovasi) untuk tetap mengeksiskan, mempertahankan, dan memiliki daya saing yang tinggi dibanding dengan perusahaan lain.

Pentingnya Perusahaan Memiliki HIGH COMPETITIVENESS


Karena jika suatu bisnis atau perusahaan yang memilik daya saing tinggi dibanding dengan perusahaan lain maka akan lebih mudah untuk menarik calon konsumen beralih kepada perusahaan kita dan bisa mempertahankan perusahaan lebih lama atau jangka panjang untuk beroperasi. Tetapi jika suatu usaha tidak memiliki daya saing tinggi kemungkinan besar akan mengalami penurunan pendapatan, konsumen banyak tidak tertarik, dan jangka waktu usaha tersebut pendek untuk bertahan atau bahkan mengalami kebangkrutan.


Pentingnya Perusahaan Memiliki HIGH COMPETITIVENESS


Oleh karena itu, penting memiliki daya saing tinggi terutama bagi perusahaan yang sudah dinilai baik oleh para konsumen atau bahkan pengusaha pemula yang ingin bersaing ketat karena dimana-mana suatu bisnis atau perusahaan pasti memiliki persaingan. Untuk lebih lanjut mari kita simak beberapa pembahasan artikel dibawah ini:

Definisi Daya Saing


Daya saing adalah tingkat produktivitas yang diartikan sebagai output yang dihasilkan oleh suatu tenaga kerja. (Michael Porter:1990). 

Daya saing adalah suatu kemampuan, kekuatan seseorang atau pelaku usaha untuk tetap mengembangkan dan memajukan usahanya dengan baik antara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama. Memiliki pembeda yang susah dimodifikasi atau bahkan tidak bisa dimodifikasi bagi usaha lain dalam semua sisi baik itu dari sisi kualitas produk, pelayanan, SDM, pengiriman, dan lain sebagainya. Jika suatu usaha tersebut masih bisa dimodifikasi oleh usaha lain maka belum dikatakan memiliki daya saing tinggi.

Beberapa daya saing yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan agar kuat menghadapi persaingan:

a. Daya saing harga


Daya saing harga merupakan daya yang paling penting dalam seseorang yang berwirausaha karena harga yang lebih murah sedikit dari perusahaan lain akan menarik perhatian calon konsumen. 

Jika daya saing harga ini bisa perusahaan terapkan dengan baik maka peluang untuk menarik calon konsumen lebih cepat dan mudah, jika sebaliknya jika harga yang perusahaan tawarkan pada calon konsumen lebih mahal harganya padahal dalam sisi kualitas produk sama maka calon konsumen akan menolak. Nah jika kualitas produknya lebih bagus, perusahaan bisa menawarkan harga yang lebih mahal dengan catatan konsumen merasa puas dengan produk yang didapat.

b. Daya saing kualitas


Daya saing kualitas ini juga sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa yaang terbaik bagi calon konsumen. Dan kualitas yang dihasilkan ini juga adalah hal kedua yang konsumen rasakan. Jika barang atau jasa yang dihasilkan baik maka konsumen pasti akan merasa puas dan ingin kembali lagi untuk membelinya. 

Dan jangan lupa untuk memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda dari produk perusahaan lainnya, karena itu yang akan sangat diingat dan memiliki value lebih di benak dan hati konsumen. 

c. Daya saing pemasaran (marketing)


Dalam poin ini yang terpenting dan tujuan utamanya adalah cara bagaimana seorang marketing bisa menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk kita dengan cepat, mudah, dan meninggalkan kesan yang baik. Karena pengaruhnya sangat besar yakni pada sisi pendapatan dan pelanggan akan mengalami peningkatan. Dan marketernya juga harus cerdas untuk selalu mengembangkan strategi pemasarannya secara bervariasi agar konsumen tidak merasa bosan.

d. Daya saing jaringan (networking)


Suatu bisnis atau perusahaan apapun tidak akan bisa berdiri dan bermain sendiri jikapun bisa maka akan sangat sulit untuk dijalankan kedepannya. Maka dibutuhkan jaringan yang luas, terus melakukan kerjasama, koordinasi, dan sinergi dengan perusahaan lainnya.

Menurut Michael Porter, beberapa poin yang harus dimiliki perusahaan untuk bisa meningkatkan keunggulan kompetitif antaralain ;
  1. Teknologi Informasi (IT)
  2. Jiwa entrepreneurship yang mumpuni
  3. Tingkat efesiensi atau roduktivitas yang tinggi dalam proses produksi
  4. Produksi yang dihasilkan memiliki kualiatas yang bagus/baik
  5. Promosi yang dilakukan meluas dan agresif
  6. Pelayanan teknisal maupun nonteknisal yang baik (service after sales)
  7. SDM dengan tingkat keterampilan atau pendidikan, etos kerja, kreatifitas, serta motivasi yang tinggi
  8. Skala ekonomis 
  9. Inovasi terus berkembang
  10. Pembedaaan produk (differensiasi)
  11. Modal, sarana, dan prasarana lainnya yang cukup
  12. Jaringan distribusi di dalam dan terutama di luar negeri yang baik dan well-organized/managed
  13. Proses produksi yang dilakukan dengan sistem just in time (JIT)

Pentingnya daya saing tinggi bagi perusahaan :

a. Menghasilkan pertumbuhan perusahaan yang tinggi


Dengan adanya daya saing tinggi bagi perusahaan maka akan bertambah pula keuntungan yakni dari sisi konsumen, produksi, citra baik dalam pandangan konsumen dan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.

b. Memiliki ciri khas yang cepat dikenal bagi para konsumen dan pelanggan


Suatu usaha kecil, bisnis, atau bahkan perusahaan besar jika mereka ingin menawarkan sebuah produk baik itu barang ataupun jasa pada konsumen maka jangan sampai melupakan differensiasi dan inovasi produk. Agar ciri tersebut dapat membekas dibenak konsumen dan konsumen juga identik dengan mencari perbedaan-perbedaan dari usaha satu ke usaha yang lain baik dari sisi kualitas baik atau tidak, lebih unik atau tidak, harga lebih murah atau mahal, pelayanan memuaskan atau tidak dan lain-lain. Dan dua faktor tersebut adalah penentu dalam keberhasilan pemberdayaan dan penguatan daya saing bisnis.

c. Bisa bertahan lebih lama atau jangka panjang


Yang terakhir, jika dari poin pertama dan kedua  sudah diterapkan maka suatu bisnis atau perusahaan tersebut akan bertahan lebih lama/jangka panjang untuk melakukan operasionalnya.

Berikut contoh nama perusahaan yang bersaing tinggi :

Menurut tulisan Yuswohady yang berjudul “Global  Chaser”: setidaknya ada 20 perusahaan Merk Indonesia Perkasa di Pentas Dunia, yakni: Martha Tilaar Group, Inaco, Bio Farma, Kelola Mina Laut, Sido Muncul, Selamat Sempurna, PT Mega Andalan Kalasan, D’eyeko, Accupunto, ABN, Polygon, Pertamina Lubricants, Telkom Indonesia, Semen Indonesia, Garuda Indonesia, GarudaFood, Indomie, Mayora, Yupi, Diabetasol. 

Tentu saja selain diatas sudah banyak perusahaan lain yang berekspansi ke berbagai negara yang tidak disebutkan diatas. Seperti Sinar Mas, Indofood dll.

Penulis : Ummi Latifah M, Mahasiswi STEI SEBI