Widget HTML Atas

7 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan di Rumah

Tips belajar di rumah agar bisa efektif secara online buat kalian para adik-adik dan kakak-kaka yang saat ini masih tetap semangat dalam suasana Virus Corona (COVID-19). Pada bulan Maret - April Tahun 2020 para Pelajar dari tingkat PAUD - Perguruan tinggi mulai menyelenggarakan Belajar di Rumah, hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, karena adanya Virus Corona yang mulai menyebar di Negara Indonesia makin menghawatirkan. 

Tips Belajar Menyenangkan di Rumah


Tips belajar di rumah

Untuk meminimalisir jatuhnya korban dan juga mencegah persebaran virus corona maka Pemerintah Indonesia terkhusus Menteri Pendidikan dan Kebudaya Republik Indonesia menerbitkan surat himbauan dan keputusan agar proses pengajaran yang semula berada di Sekolahan atau Kampus hendaknya agar di lakukan melalui Online di rumah.

Tips Belajar Efektif di Rumah


Nah, dari hal ini maka Mediasiana akan mencoba berbagi tips belajar online efektif dirumah tanpa banyak beban dan juga membosankan. Mari simak, berikut tips belajar efektif dirumah berikut ini :

1. Buat Cara Belajar Dengan Versimu Sendiri


Nah, agar kamu bisa happy dan nyaman dalam melakukan aktivitas belajar dirumah sebaiknya kamu konsepin cara-cara kamu belajar. Mungkin bisa waktu belajar, terus apakah belajar sambil mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat nyaman ataupun kamu belajar bersama dengan mentormu via online. Yang penting saat kamu belajar dirumah bisa nyaman, fokus dan betah.

2. Belajar Kelompok Via Online


Karena faktor Virus Corona maka belajarnya paling banter ya Via Onlien. Tapi tenang aja, karena jaman sekarang ini teknologi sudah canggih, kamu juga bisa kok belajar kelompok walaupun tidak bisa bertemu secara langsung di dunia nyata, maka kamu bisa menggunakan fasilitas Sosial Media sebagai media Belajar kelompok. Apalagi di WA, Facebook kita bisa membuat Grup dan di Grup tersebut kamu bisa buat Grup Belajar Online.

3. Siapkan Makanan Ringan


Tips cara yang ketiga adalah janganlupa siapkan juga cemilan saat kamu belajar di rumah. Apalagi itu coklat ataupun kici-kician yang rasanya manis. Dengan adanya snack di sampingmu saat belajar maka kamu akan merasakan lebih baik dan enjoy dalam belajar di rumah.

4. Manfaatkan fasilitas Belajar Gartis yang bisa di Akses


Nah, yang tak kalah pentingnya adalah sebaiknya kamu bisa menggunakan teknologi yang ada ini dengan bijak. Kamu bisa belajar Gratis melalui Bimbel yang ada di Internet, contohnya seperti RuangGuru. Di sana banyak fitur yang bisa kamu nikmati secara gratis. Apalagi pada bulan april ini, RuangGuru memberikan layanan super gratis bagi Pelajar Indonesia. Karena tidak bisa belajar di sekolah maka pihak RuangGuru berharap bisa memberikan pelayanan terbaiknya bagi Pelajar Indonesia belajar dirumah.

5. Pastikan Jaringan Internet Lancar


Nah, sebelum Anda belajar dirumah apalagi Via Online, sebaiknya pastikan dulu kouta dan jaringan Internet kamu lancar ya, agar nantinya disaat kamus sudah mulai belajar tidak ada kendala hal teknis yang menghambatmu.

6. Pastikan Alat Penunjang Dalam Keadaan Normal


Nah, tips yang ke enam adalah : cek dulu isi baterai Laptop ataupun gadgetmu. Apakah daya baterainya sudah full atau malah Lowbed. Jangan sampai ketika kamu browsing atau sedang melakukan percakapan via online malah mati secara medadak. Maka hal ini juga penting untuk di antisipasi agar bisa mendapatkan suasana belajar efektif di rumah.

7. Buat Jadwal dan Pastikan tempat Belajar Nyaman


Tips yang ke tujuh adalah pastikan sebelum kamu melakukan kegiatan belajar di rumah ada baiknya sudah membuat rangkaian jadwal pelajaran. Karena dengan adanya jadwal belajar maka akan lebih mudah dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Jadi hari-demi hari sudah ada agenda mata pelajaran mana yang harus di pelajari.

Dan yang tak kalah penting adalah, menyetting ruangan atau tempat belajar senyaman mungkin. Contohnya seperti kalau kamu suka dengan warna pink atapun kartun Dora Emon, maka bisa menghias ruang belajar ala-ala ruang belajar Nobita atau Sisuka. Dengan hiasan warna ala-ala film kartun jepang ini tentunya akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.


Penutup

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Mediasiana berikan dalam menciptakan suasana belajar efektif dan menyenangkan di rumah. Semoga ulasan tentang tips belajar dirumah ini dapat ,menjadi referensi bagi sobat semua ya. Mungkin hanya ini saja dari Mediasiana, selamat belajar dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.