Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN 2020

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Situs PLN dan WhatsApp Terbaru 2020. Pada bulan April - Juni Pemerintah Indonesia akan memberikan keringanan tarif listrik kepada Masyarakat Indonesia yaitu sebanyak 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan. Kebijakan diambil untuk menanggulangi dampak pandemi yang disebabkan oleh virus corona (Covid-19) yang lagi meresahkan penduduk Indonesua. Kepuutusan tersebut diumumkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada akhir Maret yang lalu. Keringanan tarif listrik tersebut di programkan dan akan diberikan oleh pemerintah Indonesia selama tiga bulan berturut-turut yakni dimulai pada bulan April, Mei dan  Juni 2020. Adapun untuk pemberian kompensasi bayar Listrik ini pemerintah Indonesia menyiapkan dana Rp3,5 triliun. 

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Situs PLN dan WhatsApp


Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN Terbaru 2020


Dengan adanya kebijakan ini, pemerintah Indonesia memberikan fasilitas tarif listrik gratis selama tiga bulan (April, Mei dan Juni) kepada 24 juta pelanggan PLN bagi pengguna yang menggunakan daya 450 VA. Pemerintah Indonesia juga telah memprogramkan akan memberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan tempo waktu selama tiga bulan bagi 7 juta pelanggan PLN yang memakai daya 900 VA bersubsidi. 

Adapun untuk Tarif Listrik Gratis Bagi Pelanggan Prabayar & Pascabayar juga diterangkan oleh Kementerian ESDM, dengan tarif listrik gratis selama tiga bulan (April, Mei, Juni) bisa diperoleh selama 24 juta pelanggan untuk yang memakai 450 VA dari kategori reguler (pascabayar) maupun yang prabayar. 

Semoga dengan adanya kebijakan yang di ambil oleh Presiden republik Indonesia ini dapat meringankan masyarakat seluruh Indonesia dan juga di harapkan masyarakat dapat menggunakannya dengan bijak. 

Dilansir dari situs berita "kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bapak Rida Mulyana, untuk mekanisme penggratisan tarif listrik bagi pelanggan yang memakai daya 450 VA masuk dalam kategori pascabayar dan prabayar tidak sama. 

Token Listrik Gartis - "Untuk para pelanggan PLN yang memakai daya listrik dengan kapasitas 450 VA akan masuk dalam kategori reguler atau pakai dulu baru bayar (pascabayar). Yang jelas berapa pun pakainya yang digunakan para pengguna ya gratis, tidak bayar apa-apa (selama 3 bulan) tersebut," kata Rida melalui siaran resmi Kementerian ESDM. 

Sedangkan untuk pelanggan yang memakai kapasitas daya 450 VA masuk dalam kategori prabayar dan bisa mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik selama 3 bulan (April, Mei, Juni) dengan memperoleh token gratis-tis. Adapun besaran token gratis ini jelas setara pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. 

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN 


Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Dari PLN


Token Listrik gartis 2020 - "Apalagi untuk masing-masing pelanggan PLN yang memakai daya listrik kapasitas konsumsinya yang berbeda-beda, tentunya hal ini kami sudah punya profil pelanggan, dari angka maksimum dari pemakaian selama 3 bulan terakhir, yang mana telah kita berikan selama tiga bulan ke depan," jelas Rida. untuk yang diskon 50 Persen akan hanya diberikan kepada sebagian pelanggan PLN yang memakai kapasitas daya 900 VA "Rida menjelaskan bahwa mekanisme untuk pemberian diskon 50 persen ini akan diberikan kepada 7 juta pengguna PLN yang memakai kapasitas daya 900 VA dan akan di berisubsidi juga namun dibedakan untuk pelanggan yang masuk kategori reguler (pascabayar) dan prabayar. 

Dalam hal ini pihak PLN mengungkapkan, bahwa Adapun untuk secara praktiknya, mekanismenya ini mirip dengan yang telah diberlakukan untuk para pelanggan 450 VA. Untuk para pelanggan PLN yang pemakai daya listrik  berkapasitas 900 VA mereka akan masuk dalam kategori kelas reguler (pascabayar) mereka akan diberi diskon 50 persen dari biaya pemakaian selama satu bulannya," ungkap Rida. 

Adapun untuk pelanggan yang memakai daya listrik berkpasitas  900 VA akan masuk dalam kategori prabayar dan mereka akan memperoleh diskon dengan mendapatkan sebuah token listrik gratis sebesar 50 persen dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. 

Tentunya hal ini Persis seperti para pelanggan PLN yang mana mereka memakai daya listrik berkapasitas 450 VA maka mereka akan masuk dalam kategori (prabayar), hanya saja dalam hal ini tidak gratis sepenuhnya, tetapi bayarnya cuma 50 persen," ujar Rida. Dalam hal ini, tidak semua pelanggan PLN yang memakai kapasitas daya 900 VA akan bisa mendapatkan diskon. 

Rida menegaskan, untuk diskon tarif listrik yang 50 persen hanya akan diberikan kepada pelanggan yang memakai daya berkapasitas 900 VA tentunya yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM). Jadi, nantinya hanya sebagian pelanggan PLN yang memakai daya 900 VA yang bisa memperoleh diskon tersebut. 

Ada sebanyak 31 juta para pelanggan PLN yang mana nantinya akan disebutkan entah siapa saja yang akan menerima keringanan adalah mereka saudara-saudara kita yang mana selama ini adalah sebagai penerima subsidi listrik Pemerintah, yaitu golongan PLN seperti pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900VA (bukan RTM)," ungkap Rida. 

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis di Tahun 2020


Cara Mengisi Token Listrik Gratis & untuk bisa Mendapat Diskon PLN PT PLN telah diumumkan untuk oleh pihak PLN untuk tata cara mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan yang memakai daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, termasuk dengan bagaimana cara mengisi token listrik gratis. Keterangan resmi dari PLN ini yang dirilis di hari kemaren menyebutkan bahwa untuk para pelanggan yang memakai daya 450 VA akan masuk dalam kategori pascabayar secara otomatis langsung sudah mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik yang dimulai pada bulan April, Mei dan Juni 2020. 

Tentunya hal ini juga di tegaskan bawah ntuk pelanggan PLN yang memakai daya konsumsi lsitrik sebesar 450 VA (prabayar) akan dapat memperoleh tarif gratisnya dengan cara mengirim nomor ID Pelanggan ke No. WA dengan nomor 08122-123-123 atau bisa melalui website PLN www.pln.co.id," tulis PLN. "Dengan ID itu, para pelanggan akan bisa mendapatkan token listrik (gratis) senilai dengan pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," lanjut keterangan dari pihak PLN. Sementara untuk para pelanggan yang memakai daya 900 VA bersubsidi dengan kategori pascabayar akan bisa mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen juga sudah secara otomatis dimulai pada bulan April, Mei dan Juni 2020. 

Nilai rekening untuk tagihan biaya listrik kepada pelanggan yang memakai daya 900 VA bersubsidi dalam kategori pascabayar akan dikurangi 50 persen diterapkan pada setiap bulan. Terhadap para pelanggan PLN yang mana mereka ini memakai daya konsumsi listrik sebesar 900 VA maka akan diberi subsidi kategori prabayar, pihak PLN akan memberikan token listrik dengan harga diskon 50 persen dan ini senilai pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka menyatakan pada saat ini proses memasukkan data 24 juta pelanggan PLN yang memakai daya 450 VA dan tujuh juta pelanggan 900 VA ke dalam sistem masih dalam proses berlangsung. 

Dalam hal ini, Made mengatakan bahwa dalam proses program Listrik Gratis atau Diskon ini diperkirakan akan selesai dalam waktu sepekan ke depan. Setelah proses penginputan data (memasukkan data ke sistem) itu selesai, maka seluruh pelanggan PLN yang berhak menerima keringanan akan sudah bisa terlayani. 

Untuk Proses pembagian Token Bebas Tagihan (Gratis) dan Diskon Tarif Listrik ini memang dilakukan secara bertahap, dalam program ini sudah dimulai pada tanggal 1 april, dan paling lambat tanggal 11 april untuk seluruh pelanggan PLN yang berhak sudah bisa menikmati Listrik Gratis dalam program tersebut," ujar Made. Perlu di ingat bahwa dalam hal ini terdapat dua jenis cara untuk bisa mendapatkan token listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan token diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA bersubsidi. 

Cara Pertama untuk mendapatan token listrik gratis dan diskon 50 persen bisa melalui situs PLN: 

1. Buka situs www.pln.co.id 

2. Masuk ke bagian menu pelanggan dan silahkan Anda langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 3. 

3. Kemudian, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter 

4. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar Monitor. 

5. Pelanggan memasukkan Token Gratis Bayar Listrik tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 

6. Selesai.


Cara Kedua, untuk mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50 persen bisa melalui chat WhatApp (WA): 

1. Buka Aplikasi WhatsApp 

2. Chat WhatsApp bisa ke nomor 08122-123-123 3. Ikuti saja petunjuk yang diberikan, salah salah satunya adalah memasukkan ID Pelanggan 

3. Token GRATIS akan muncul 

4. Pelanggan PLN memasukkan Token Gratis tersebut ke dalam meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

5. Selesai.


Penutup

Nah, itulah ulasan mengenai cara untuk bisa mendapatkan Token Listrik Gratis yang telah di subsidi oleh Pemerintah Indonesia. Semoga apa yang di lakukan oleh Pemerintah bisa di terima dengan senang hati dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang sudah memberikan program Listrik Gartis atau Listrik Diskon di 3 bulan kedepan yang di mulai pada bulan ini. 

Dan semoga Virus Corona (COVID-19) ini cepat hilang, lenyap dari muka bumi terkhusus di Indonesia, agar kita semua bisa kembali berkativitas secara normal tanpa was-was atau takut akan bahaya dari Virus Corona. Demikian yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu para pembaca semua, dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel