9 Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal Alami

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal Alami yang bisa sahabat praktekkan dirumah. Untuk sekarang ini penggunaan Hand Sanitizer sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Setelah mewabahnya virus corona (COVID-19) diberbagai negara ini tentu sangat merugikan masyarakat. Selain kita di perintahkan untuk beraktivitas dari rumah juga  disarankan untuk mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir. Namun apakah sudah ada masyarakat yang membeli hand sanitizer ?

Memang sih, untuk harga Hand Sanitizer ini dibanderol cukup mahal, bahkan hampir sama halnya dengan masker. Apalagi diwabah COVID-19 ini kegiatan usaha semakin sempit, apa yang harus kita lakukan, untuk bisa bertahan hidup saja sudah syukur Alhamdulillah, apalagi mau beli Hand Sanitizer, apa yang bisa kita lakukan ? Tentu dalam hal ini Anda bisa membuat Hand Sanitizer sendiri di rumah louh, yakni dengan memanfaatkan bahan herbal alami yang ada disekitar rumah Anda atau membeli bahan herbal yang mungkin diperlukan.


Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal Alami



Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal Alami

Apalagi untuk sekarang ini keberadaan hand sanitizer (larutan pencuci tangan) di apotek sudah menjadi barang yang langka apalagi kini untuk bisa mendapatkan alkohol semakin sulit. Jadi dalam kesempatan ini saya ada tips cara membuat Hand Sanitizer secara mandiri di rumah, untuk itu mari simak pembahasannya berikut ini !

Jika Anda kurang jelas dalam pembahasan cara kali ini Anda bisa lihat cara pembuatan cairan antivirus ini di media Youtube, Website maupun di media yang lainnya. Jika kita melihat informasi yang beredar luas, bahwa virus corona (Covid-19) bisa kita cegah dengan menjaga kebersihan badan dan sementara dalam beberapa pekan ini kita tidak berkumpul di tempat yang ramai (Physical Distancing). Daripada nanti kita yang kena maka lebih baik kita diam dirumah saja.

Berikut adalah Cara Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Herbal Alami :


1. Cuka Putih

Cara yang pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat hand sanitizer adalah dari cuka putih. Tentu kita tahu bahkan sering mengonsumsinya, iya dalam penggunaan cuka putih ini biasanya digunakan sebagai penambah cita rasa dalam sebuah makanan, tetapi dalam hal ini juga bisa untuk membersihkan tangan kita. Jika harga alkohol mahal dan stoknya tidak ada dan sulit didapat maka tidak ada salahnya kita mengandalkan cuka putih ini sebagai obat yang cukup mujarab yaitu dengan meneteskan air cuka ini pada kapas dan menepuknya dikulit yang terluka.

Dilansir dari beberapa sumber, bahwa cuka putih ini memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga ini jauh lebih baik untuk mengatasi masalah kulit, mulai dari infeksi akibat bakteri, jamur, dan semacamnya.

Tidak hanya itu, jika sahabat punya kutil di tubuh maka sahabat bisa olesi Cuka Putih untuk menghilangkannya. Dengan mengoleskan cuka putih pada area yang rawan infeksi tentu hal ini dapat menghindari masuknya mikroba berbahaya pada luka tersebut. Adapun untuk cara membuat hand sanitizer dari cuka putihini yaitu:

Campurkan Air cuka dengan air secukupnya

Masukkan Air tersebut ke dalam botol spray dan sudah jadi..!

Bagaimana ? cukup sederhana bukan? maka dari itu sahabat bisa melakukannya dirumah tanpa repot cari Hand Sanitizer di Apotik atau di media online. Sahabat juga bisa menyimpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitas hand sanitizer  air cuka ini.


2. Lidah Buaya

Sahabat pasti sudah kenal dan tahu dengan tanaman Lidah Buaya. Tanaman Lidah Buaya yang bisa tumbuh di pekarangan rumah di pot-pot bunga ternyata dapat kita manfaatkan untuk menjadi bahan utama Hand Sanitizer. Selain sebagai kosmetik kecantikan tanaman lidah buaya ini memang disebut-sebut sebagai tanaman ajaib. Khasiat tanaman Lidah Buaya yang beraneka ragam yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, iritasi, merawat rambut, mengatasi ketombe dan bisa digunakan untuk bahan herbal pembuatan Gel Hand Sanitizer.

Dalam pembuatan Hand Sanitizer sahabat bisa menyampurkan daging lidah buaya ini dengan bahan herbal lainnya seperti jeruk dan daun kemangi. Daun kemangi dan daun jeruk ini digunakan sebagai pewanginya. Terus, bagaimana cara membuat Hand Sanitizer menggunalan Lidah Buayanya?

Langkah yang pertama adalah, kupas dulu kulit lidah buaya, ambil dagingnya.

Campurkan daging lidah buaya tersebut dengan perasan air daun jeruk, kemangi

Silahkan hancurkan dulu hingga menyatu menggunakan blender agar teksturnya halus

Saring air hasil blenderan tersebut, ambil airnya

Apabila air blenderan terlihat kental maka silahkan sahabat tambahkan air secukupnya

Masukkan air tersebut ke dalam botol spray atau botol lainnya, dan sudah jadi Hand Sanitizer dari Lidah Buaya.


3. Daun Sirih

Diantara kalian pasti sudah tau dari daun Sirih. Ya, karena daun yang satu ini memang banyak berkhasiat dan tidak perlu diragukan lagi. Karena kandungan yang terdapat pada daun sirih ini bersifat antiseptik. Maka tak heran banyak para pakar kesehatan herbal menggunakan daun sirih ini sebagai bahan pembuatan obat tradisonal termasuk Hand Sanitizer. Cara pembuatannya juga cukup mudah, sahabat bisa campurkan daun sirih tersebut dengan kulit rambutan, kenapa kulit rambutan ? ternyata kulit rambutan mengandung zat antioksidan lou. 

Berikut ini tahapan pembuatan Hand Sanitizer dari daun sirih :

Siapkan daun sirih dan kulit rambutan secukupnya, janganlupa untuk dibersihkan dulu !

Selanjutnya silahkan sahabat Rebus kedua bahan tersebut, etz tapi tidak secara bersamaan ya, jadi terpisah !

Saring air rebusannya, karena disini kita hanya mengambil ekstraknya saja

Apabila terlihat kental maka bisa sahabat tambahkan air secukupnya

Kemudian baru campurkan keduanya ke dalam botol spray atau botol semprotan parfum yang sudah bersih dengan perbandingan sama rata
Nah, agar kulit sahabat terasa tetap lembut dalam memakain Hand Sanitizer dari daun sirih ini, ,maka sahabat bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun.


4. Lemon

Lemon telah di gadang-gadang dapat mencegah terjadinya serangan virus corona, karena vitamin C nya yang tinggi. Selain bisa dijadikan minuman herbal, Lemon ini juga bisa dijadikan untuk bahan pembuatan Hand Sanitizer. Cara pembuatan Hand Sanitizer dengan perasan air jeruk Lemon juga terbilang mudah. 

Apalagi Air buah Lemon ini sudah sejak lama dipercaya ampuh untuk bahan pengobatan herbal dan sebagai pembersih wajah, aman untuk kulit, dan dapat mengangkat kotoran serta mampu memutihkan kulit. Karena sifat asam pada jeruk Lemon inidi kaya akan zat antibakteri yang mana dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan kulit termasuk tangan kita. 


Adapun untuk cara pembuatan Hand Sanitizer dari Jeruk lemon ini yaitu:

Siapkan 1 buah lemon

Peras lemon

Tambahkan air secukupnya

Masukkan ke dalam botol spray


5. Minyak Essensial Jeruk

Bahan yang kelima untuk membuat Hand Sanitizer adalah minyak Essensial Jeruk. Kandungan minyak essensial pada jeruk tenyata memiliki fungsi antiseptic dan juga antioksidan. Adapun fungsi antioksidan alami ini bisa bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit yang ada di tangan, sehingga kulit Anda akan terasa lebih lembut dan kenyal. Diyakini bahwa minyak essensial dari buah jeruk ini mampu untuk membantu mencegah proses bertumbuhnya bakteri dan virus. 

Adapun cara untuk membuat Hand Sanitizer dari minyak essensial jeruk ini yaitu :

Siapkan dulu 3 sendok makan, daging lidah buaya

Anda juga bisa mencampurkan minyak essensial jeruk tersebut, biasanya sekitar 8 tetes

Serta 1 sendok makan isopropil alkohol bisa sahabat beli di apotek terdekat

Lalu campurkan dengan merata setelah itu masukkan ke dalam botol Spray atau botol yang ada semprotannya.


6. Minyak Essensial Lavender

Untuk tips yang ke-enam kita bisa membuat Hand Sanitizer menggunakan minyak Essensial Lavender. Menurut penelitian, bahwa Essensial Lavender ini berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur alami.

Jika kalian sudah pernah menggunakan tanaman lavender tentu kalain pasti sudah mengerti akan aroma dari bunga lavender ini yang membuat kalian menjadi lebih rileks. Buat kalian yang ingin menggunaankan minyak essensial lavender ini tenang aja karena aman bagi kulit yang sensitif sehingga ini bisa kalian jadikan bahan alternatif hand sanitizer. 

Adapun cara membuat Hand Sanitizer dari minyak essensial lavender ini yaitu :

Langkah yang pertama silahkan Anda siapkan 3 sendok makan daging lidah buaya

Kemudian Anda bisa mencampurkan minyak essensial lavender tersebut biasanya sekitar 8 tetes

Tambahkan juga 1 sendok makan isopropil alkohol (beli di apotek terdekat)

Setelah itu silahkan kalian campurkan dengan merata dan masukkan cairan yang sudah tercampur tersebut ke dalam botol spray


7. Minyak Essensial Kayu Manis

Bahan lain yang bisa kalian gunakan untuk membuat hand sanitizer adalah minyak essensial dari kayu manis. Selain bisa menghasilkan aroma yang wangi, kandungan dari minyak essensial kayu Manis ini juga bersifat antibakteri serta antimikroba yang mana bisa bekerja efektif untuk menghalangi pertumbuhan organisme yang menyebabkan penyakit pada tubuh kita. 

Adapun untuk cara membuat Hand Sanitizer dari minyak essensial kayu manis sebagai berikut :

Langkah yang pertama silahkan kalian siapkan 3 sendok makan lidah buaya (daging lidah buaya)

Langkah selanjutnya Anda bisa campurkan Lidah buaya tersebut dengan minyak essensial kayu manis, biasanya sekitar 8 tetes, blender hingga halus

Setelah itu berikan 1 sendok makan isopropil alkohol (beli di apotek terdekat)

Campurkan racikan yang ada dengan merata dan kalau sudah jadi masukkan ke dalam botol spray


8. Minyak Atsiri

Langkah yang ke-delapan adalah dengan menggunakan Minyak Atsiri. Jadi cara untuk membuat hand sanitizer dari bahan alami yang selanjutnya adalah dari minyak atsiri. Tentu hal ini adalah bahan alami. Apalagi Minyak Atsiri ini memang sudah digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit hingga infeksi. Kandungan dari minyak atsiri ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antimikroba. 

Adapun untuk cara membuat hand sanitizer dari minyak atsiri yaitu sebagai berikut :

Langkah yang pertama adalah silahkan kalian siapkan 3 sendok makan lidah buaya (daging lidah buaya)

Selanjutnya silahkan Anda campurkan minyak atsiri, biasanya sekitar 8 tetes dengan daging lidah buayanya

Setelah itu tambahkan juga 1 sendok makan isopropil alkohol (beli di apotek terdekat)

Kemudian silahkan Campurkan dengan merata dan kalau sudah jadi silahkan masukkan ke dalam botol spray


9. Tea Tree Oil

Cara yang terakhir untuk membuat Hand Sanitizer adalah menggunakan Tea Tree Oil. Tea Tree Oil atau biasa disebut minyak pohon teh ini memang sudah sering digunakan sebagai obat tradisional sebagai penyembuhan jerawat. Selain itu, kandungan dari Tea Tree Oil yang ada didalamnya memang sudah memiliki antibakteri dan antimikroba yang mana hal ini sangat baik dalam menangkal kuman, bakteri, dan juga virus.

Perlu kalian ketahui bahwa untuk khasiat dari tea tree oil ini juga sudah terbukti dan dipercaya dari jaman dahulu hingga sekarang, yang mana mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. 

Adapun untuk cara membuat hand sanitizer dari tea tree oil ini yaitu:

Langkah yang pertama, silahkan siapkan 3 sendok makan lidah buaya (daging lidah buaya)

Selanjutnya Anda bisa mencampurkan minyak tea tree, biasanya sekitar 8 tetes dengan daging lidah buaya dan blender hingga halus

Kemudian silahkan tambahkan 1 sendok makan isopropil alkohol (beli di apotek terdekat)

Langkah yang terakhir adalah silahkan kalian campurkan dengan merata dan kalau sudah jadi masukkan ke dalam botol spray

Nah, demikianlah penjelasan cara membuat hand sanitizer dengan bahan herbal alami. Perlu Anda tahu bahwa dalam penggunaan hand sanitizer ini biasanya di semportkan untuk Anda yang suka bepergian keluar rumah. Berbeda bagi kalian yang selalu tinggal di rumah, saya kira kalau Anda di rumah, cuci tangan dengan sabun itu sudah sangat rekomended.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, yuk mari kita bersama-sama untuk cegah penyebaran corona (COVID-19) ini dengan tidak berpergian dan berada di kerumunan, hindari dulu kegiatan nongkrong untuk sementara waktu sampai virus ini lenyap ya. Gunakan masker saat keluar rumah dan lindungi diri dan keluarga Anda dengan memanfaatkan bahan alami diatas sebagai bahan Hand Sanitizer. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel