Widget HTML Atas

20 Menu Makanan Khas Lebaran yang Lezat dan Bikin Kamu Kangen

Menu makanan khas lebaran idul Fitri, Ketupat dan idul Adha lezat yang bikin kamu Kangen akan saya sajikan dalam kesempatan kali ini. Sebentar lagi lebaran idul fitri akan tiba dan dihari yang fitri itu umat islam bersuka cita dalam merayakan hari kemenangan sehabis puasa sebulan penuh. Biasanya dihari lebaran idul fitri ada menu makanan yang khusus dijasikan disaat momentum lebaran. Bahkan di setiap daerah di Indonesia mempunyai menu khasnya masing-masing. 

Menu Makanan Khas Lebaran yang Lezat dan Bikin Kamu Kangen


Menu Makanan Khas Lebaran yang Lezat

Tak heran kalau pada hari lebaran ini banyak sekali menu makanan yang disajikan oleh masyarakat. Apalagi budaya lebaran idul fitri di Indonesia ini sungguh meriah, biasanya masyarakat akan saling berkunjung atau bersilaturahim kerumah-rumah sanak saudara dan tetangga dengan mengucapkan mohon maaf lahir batin, apalagi ada salah dan khilaf selama setahun ini.

Sungguh tradisi Lebaran di Indonesia ini adalah tradisi yang sangat mulia, karena disini ada salah satu unsur anjuran Rasulullah SAW yaitu bersilaturahim sesama umat muslim. Karena dengan saling bersilaturahim dan saling memohon maaf maka akan memperbanyak pahala dan mengurangi dosa. Bersilaturahim juga akan menambah berkah rezeki dan usia untuk kita semua.

Baik, sahabat Mediasiana sesuai dengan judul artikel ini, disini saya akan merekap menu makanan khas lebaran yang lezat dan bakal bikin Kamu kangen, apalagi bagi sahabat yang gagal mudik. Tenang, kalian yang gagal mudik masih bisa menikmati menu ini dengan cara memesan via online.

Berikut adalah 20 Menu Makanan Khas Lebaran yang Lezat dan Bikin kamu Kangen :


1. Ketupat


Menu Ketupat Lebaran idul fitri lezat

Siapa sih yang tak kenal dengan menu makanan yang satu ini. Ketupat adalah menu makanan yang khas sekali dengan suasana Lebaran, meskipun ketupat ini bisa juga di temui di luar bulan ramadhan atau di hari raya idul fitri dan idul adha. Tetapi masyarakat Indonesia secara mayoritas lebih dekat dan hangat dengan menu ketupat ini pada saat Lebaran. Karena menu yang satu ini biasa di kaloborasikan dengan opor ayam ataupun sayur khas lebaran yang lainnya.


2. Opor Ayam


resep opor ayam lezat

Opor ayam adalah menu khas Nusantara, jadi tidak hanya ada di Jakarta atau di pulau jawa saja di daerah sumatera dan kalimantan juga ada menu Opor ayam. Opor ayam adalah menu khas dengan kategori sayur lengkap dengan lauk pauknya yaitu ayam. Sesuai dengan namanya, opor ayam ini terbuat dari ayam dan santan serta bumbu rempah-rempah yang sangat kental dengan tradisi negara Indonesia.


3. Rendang Sapi dan Kambing


resep rendang daging sapi lezat

Menu khas lebaran yang ketiga ada Rendang. Rendang adalah menu makanan dengan kategori sayur dan lauk-pauk. Biasanya rendang ini berbahan daging sapi atau kambing. Banyak orang Indonesia suka dengan menu yang satu ini, walaupaun cara pengolahannya cukup memakan waktu tetapi rasanya memang sangat lezat sekali. Rendang tidak hanya dimiliki oleh orang sumatera karena di pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia juga mempunyai rasa rendang masing-masing.


4. Semur Ayam, Tahu, dan Telor


resep semur ayam lezat

Semur adalah menu makanan khas Indonesia. Semur ini biasa dihidangkan pada saat acara-acara tertentu seperti Hajatan perkawinan, Khitanan dan juga pada hari lebaran idul fitri dan idul adha. Semur ini berbahan ayam bisa juga dengan tahu dan telor. Semur ini masuk dalam kategori makanan lauk pauk dan sayur. Rasanya yang nikmat dan gurih sangat cocok bagi semua lidah masyarakat Indonesia.


5. Sambal Goreng Kentang Hati



resep Sambal Goreng Kentang Hati

Siapa sih yang tak pernah makan sambal goreng kentang hati ? apakah kamu ? kalau kamu belum pernah makan maka bisa di coba membuatnya, tutorialnya juga banyak di Internet. Sambal goreng kentang hati ini juga identik sebagai menu makanan khas yang biasa dijasikan pada saat makan bersama di hari lebaran. Maka tak heran Sambal Goreng Kentang Hati ini biasa di sandingkan dengan Opor ayam dan ketupat.



6. Kue Nastar


resep kue nastar enak keju

Meskipun kue Nastar ini dapat di jumpai di luar hari raya namun tidak afdol kalau di rumah kita pada saat hari raya tidak ada kue nastar. Tentu dengan adanya Kue Nastar maka menu makanan yang ada di rumah kita akan terasa lengkap dan afdol. Nastar yang mempunyai cita rasa gurih dan manis ini membuat kita ketagihan ketika memakannya.


7. Kurma


kurma ajwa

Saya rasa menu yang satu ini sudah faimiliar, namun hanya ramai dan digemari oleh masyarakat Indonesia pada saat Bulan Ramadhan dan Hari Raya saja, entah kenapa saya juga bingung. Mungkin hal ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah ini mempunyai rasa yang manis legit namun manisnya pas. Ditambah lagi Kurma ini adalah buah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.


8. Gulai Sayur


Gulai Sayur lezat

Menu yang ke-delapan ada Gulai Sayur. Gulai sayur adalah menu makanan khas Indonesia yang sudah faimiliar dan banyak di hidangkan disaat hari lebaran. Tinggal kita saja lagi hendak mengkreasikan gulai sayur ini mau dicampur daging ayam tahu juga bisa.


9. Sayur Lodeh


resep sayur lodeh lezat

Sayur lodeh adalah menu khas Indonesia, biasanya sayur lodeh ini bercampur dengan santan dan sayur-sayuran. Menu yang satu ini berasal dari Jawa Barat dan hingga saat ini menu yang satu ini masih tetap aksis dan disukai banyak orang.


10. Sayur Labu Siam


Sayur Labu Siam lezat

Sayur labu siam santan ada;ah sayur yang mempunyai cita rasa gurih dan ada rasa pedasnya. Menu yang satu ini masuk dalam kategori sayur untuk makan. Karena berbahan dasar santan dan Buah Labu yang di iris kecil-kecil. Syaur Labu Siam ini juga gurih dan tekstur labunya yang lembut.


11. Kastengel


Kastengel keju enak

Kastengel adalah kue kering yang mempunyai cita rasa manis dan gurih dengan taburan Kecu diatasnya. Biasanya Kastengel ini dapat kita jumpai pada saat suasana Lebaran. Untuk bahan baku Kastengel hampir mirip dengan kue nastar.


12. Kue Putri Salju


Resep Kue Putri Salju

Kue Putri Salju adalah kue yang cukup familiar dan kue yang satu ini dapat kita jumpai dirumah-rumah warga saat momentum lebaran idul fitri. Kue Putri salju ini berbahan tepung terigu, telur, mentega dan bahan kue lainnya. Kue Putri Salju di juluki karena kue ini di balut dengan gula lembut sehingga gulanya menyerupai salu dan menjadikan kue berwarna putih.


13. Rengginang


Resep Rengginang Lezat enak

Nah, menu yang satu ini adalah menu tradisonal khas sekali dari Indonesia. Rengginang adalah menu makanan yang lezat walaupun bentuk dan cara pembuatannya cukup sederhana. Buat kalian warga Indonesia pasti tau dengan Rengginang. Apalagi untuk sekarang ini Rengginang sudah bervarian rasa, ada rasa udang, rasa original, rasa keju sampai dengan rasa buah-buahan. Biasanya rengginang ini juga menu makanan khas lebaran walauapun rengginang dapat kita jumpai di warung-warung dan pusat oleh-oleh.


14. Soto ayam


soto ayam lezat

Soto ayam adalah menu makanan khas dari Indonesia ada banyak jenis ragam soto, ada soto jawa, soto betawi, soto banjar, soto sumatera bahkan soto dari sulawesi. Setiap daerah mempunyai cita rasanya masing-masing. Soto adalah menu yang biasa disajikan dengan lontong dan juga nasi. Biasanya saat momem lebaran saya sering makan soto bersama keluarga rasanya sungguh nikmat sekali.


15. Wafer


wafer enak lezat untuk lebaran

Menu yang satu ini adalah kategori jajanan atau makanan ringan tetapi menu yang satu ini adalah menu yang mendunia karena di setiap rumah dihari lebaran pasti ada namanya wafer. Selain harganya yang ekonomis juga rasanya enak dan cocok di semua usia terutama untuk anak-anak. Maka tak heran kalau setiap rumah banyak menyuguhkan jajanan ini pada saat lebaran.


16. Lontong Sayur


resep Lontong sayu enak

Lontong sayur adalah menu yang cukup familira di telinga kita, maka tak heran kalau menu yang satu ini sering di hidangkan pada menu besar keluarga di hari lebaran. Lontong sayur ini bisa di padukan dengan suwiran ayam dan juga irisan hati plus di tambah udang. Apalagi makannya dengan lontong, pokoknya nikmat sekali.


17. Rawon


Resep Rawon lezat enak

Rawon adalah menu nusantara khas dari Jawa terutama Jawa Timur. Rawon adalah menu lauk pauk dengan berkuah berwarna hitam. Warna hitam ini berasal dari Kluek. Rasa rawon yang khas dan nikmat membuat semua orang suka. Biasanya rawon ini di campuri dengan kecambah dan  dagingnya itu bisa daging sapi atau daging kerbau, tergantung selera masing-masing.


18. Sate Ayam, Sapi, Kambing dll


resep Sate lezat enak

Menu yang ke 18 ada Sate Ayam. Sate ayam adalah menu asli dari Indonesia, sate ini adalah menu yang lezat bahkan isi sate bisa di variankan mau isi daging ayam, sapi, kambing, burung bahkan sampai sate itik. Rasanya yang nikmat menggugah selera membuat yang makan pengen nambah sebelum perutnya kenyang. saya rasa sate ini sudah ada di setiap daerah, menu yang satu ini juga sering saya jumpai pada hari lebaran, apalagi menyantapnya bareng keluarga wiih enak banget.


19. Bakso


resep bakso urat enak lezat

Bakso adalah menu yang familiar dan masih banyak disukai oleh semua orang. Biasanya pada hari lebaran orang-orang menyediakan bakso di rumahnya untuk para tamu yang datang. Maka tak heran anak-anak dan para remaja suka mengincar rumah yang menyediakan beragam menu makanan yang lezat untuk di kunjungi seperti menu yang satu ini.


20. Rempeyek Kacang

Resep Rempeyek kacang enak renyah

Rempeyek kacang ini juga menu jajanan yang biasa ditemui pada hari lebaran. Bahkan tidak sedikit dari kalangan orang tua dulu suka menyuguhkan rempeyek kacang di dalam kotak Roti Kong Huan. Maka tak heran saya sering kena prank kalau ngambil kotak Roti Kong Huan tapi isinya lain hehehe.

Nah, itulah daftar 20 Menu Makanan Khas Lebaran yang Lezat dan Bikin Kamu Kangen apalagi kalian yang saat ini masih berada di perantauan dan tidak bisa mudik dikarenakan adanya PSBB. Semoga kalian Tahun depan masih bisa makan bersama dan kumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman sambil merayakan indahnya hari lebaran bersama keluarga.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menghibur duka yang dirasakan sahabat Mediasiana yang tidak bisa mudik. Saya sebenarnya juga bersedih kalau lihat keadaan negara Indonesia saat ini. Dimana suasana Ramadhan dan suasana Lebaran idul Fitri kita diharuskan diam dirumah dan tak bisa kemana-mana. Semoga pandemi COVID-19 ini cepat berlalu dan lenyap di permukaan bumi. Aamiin.