Widget HTML Atas

7 Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula Agar bisa Berkembang Pesat

Tips Memulai Bisnis Kuliner bagi kalian para pemula yang ingin terjun dalam dunia kuliner agar usaha Anda sukses dan berkembang pesat. Apakah kalian suka dengan berbagai kuliner? memang sih tidak dapat dipungkiri pada akhir-akhir ini di dunia bisnis kuliner di Indonesia sedang mengalami lonjakan perkembangan yang cukup pesat.Ada beragam menu olahan masakan yang bervariasi dalam dihidangkan untuk memenuhi selera lidah masyarakat Indonesia.

Tips Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula


Tips Memulai Bisnis Kuliner bagi para pemula

Tentu masakan ini diolah dengan bumbu rempah-rempah khas dari Bumi Indonesia, sehingga akan menghasilkan cita rasa yang khas negeri Indonesia. Apalagi ditambah dengan persentase atau sentuhan hiasan yang menarik dan inovatif tentu akan menambah kelezatan dari menu makanan itu sendiri.

Melihat besarannya peluang bisnis kuliner di Indonesia tentu mengguagah pelaku bisnis untuk mencoba mendirikan bisnis dibidang Kuliner ini seperti Rumah Makan, Lestoran, Resto bahkan Cafe dan Kedai.

Apalagi menurut survei bahwan bisnis kuliner ini banyak sekali dapat meraup keuntungan. Maka tidak heran kalau banyak artis ataupun pelau bisnis lainnya yang melirik model bisnis kuliner ini. Apalagi dalam menjalankan sebuah bisnis merupakan suatu hal yang memang menyenangkan dan dapat memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi sebagian orang.

Karena melalui sebuah bisnis orang-orang akan dapat bertemu dengan teman baru atau relasi yang mtentu emiliki beragam ide dan kreasi dalam dunia bisnis kuliner. Perlu kalian ketahui pada dasarnya dalam memulai bisnis kuliner ini banyak hal yang dapat Anda diolah menjadi suatu produk bisnis yang menguntungkan, salah satunya adalah kuliner Nusantara.

Apalagi model Bisnis kuliner di Indonesia cukup banyak mendapat tempat di hati konsumen. Tentu hal ini dikarenakan ada beberapa faktor alamiah manusia yang mana mereka ini memang membutuhkan asupan makanan, salah satu adalah dengan caranya melalui dunia kuliner.

Lalu bagaimana dalam memulai langkah yang tepat untuk memulai  bisnis  kuliner? Nah bagi Anda yang memang tertarik dan ingin terjun ke dalam dunia bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya jika Anda memulainya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tips untuk memuali bisnis kuliner. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum sahabat memulai bisnis kuliner, berikut ulasanya.


7 Tips Memulai Bisnis Kuliner yang perlu Anda lakukan dan perhatikan :


1. Memiliki kemampuan modal yang cukup

Seperti apa yang sudah kita ketahui bersama bahwa apabila kita hendak memulai suatu bisnis pastinya membutuhkan modal yang cukup memadai agar nanti ada modal yang digunakan untuk biaya produksi dan modal saveng untuk menjaga-jaga agar nanti saat ada suatu kendala bisnis bisa tetap berjalan dengan baik. Tetapi dalam penyediaan modal juga harus disesuaikan dengan jenis bisnis itu sendiri, kalau bisnis bertipe skala besar tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Apalagi terkait dalam bisnis Kuliner ini saya kira juga membtuhkan modal yang cukup besar karena kita perlu membeli peralatan memasak, wadah produk, media promosi dan juga tempat. Apalagi dijaman sekarang ini masyarakat lebih suka mampir di rumah makan yang terlihat mewah, bersih dan nyaman. Tentu untuk mendapatkan ini semua dibutuhkan seorang karywan dan juga fasilitas kebersihan dan tempat yang cukup memadai.

Apalagi kalau bisnis kuliner yang akan kita bangun ini sekelas Lestoran atau rumah makan tentu dibutuhkan seorang chef dan juga seorang karyawan yang cukup banyak. Karena kalau karywan kita sedikit dikhawatirkan akan kuwalahan saat nanti melayani pengunjung yang begitu banyak. Apalagi para pelanggan ini mampir untuk makan tentu dibutuhkan waktu yang cepat agar masakan yang dipesan oleh pelanggan bisa di hidangkan.

Berbeda kalau kita baru buka kedai kuliner, tentu disini kita hanya butuh 2-3 orang saja sudah cukup. Jadi ada yang bagian memasak, membuat minuman dan melayani pengunjung yang datang.


2. Desain konsep bisnis yang unik

Ada satu trik agar bisnis kuliner kita cepat mendapatkan pelanggan yaitu dengan menciptakan sebuah menu yang unik. Jadi menu yang kita sajikan ini memiliki cita rasa dan tampilannya berbeda dari menu yang ada di rumah makan lainnya. Dengan begitu maka bisnis kuliner yang kita punya akan dilirik oleh konsumen karena mereka penasaran dan lambat laun kita akan mendapatkan pelanggan setia.

Dalam hal ini juga di butuhkan sebuah konsep yang berbeda dan termanajemen dengan baik, agar nantinya tempat rumah makan kita memiliki ciri khas tersendiri entah itu dari cara penyambutan, penyuguhan makanan dan juga tempat makan. Contohnya seperti Rumah Makan dengan Kategori bergaya Rumah Sakit, Rumah Makan Drakula, Rumah Makan Pedesaan dan lainnya.

Dengan tampilan rumah makan yang unik berbeda dari yang lainnya ini akan cepat buming atau viral, apalagi kalau kita menyewa seorang Youtuber terkenal untuk mereview produk dan rumah makan yang kita punya tentu ini akan menjadi salah satu strategi pemasaran yang jitu untuk kita lakukan.

Jadi, ketika pengunjung datang ke tempat rumah makan kalian, mereka mendapatkan kesan dan inspirasi baru jadi ketika mereka pulang maka mereka akan menceritakan kepada teman-temannya baik itu tetangga maupun teman mereka yang ada di media sosial.


3. Menentukan lokasi yang tepat

Yang perlu kalian perhatikan ketika ingin membangun sebuah rumah makan maka yang perlu diperhatikan adalah lokasi atau tempat rumah makan itu berdiri. Dengan memilih lokasi atau tempat yang strategis hal ini dapat memicu kesuksesan bisnis kuliner kalian. Karena dengan lokasi rumah makan yang strategis akan memudahkan para pengunjung datang ke rumah makan kalian.

Biasanya lokasi rumah makan yang strategis adalah berada di area persimpangan jalan, tidak jauh dari gedung perkantoran, dekat di jalan raya, area sekolah dan fasilitas umum lainnya.

Yang terpenting adalah lihat dulu jalur lalu lintas dan pusat keramaian orang. Kalau di wilayah tersebut banya orang berlalu lalang atau banyak orang yang berdomisili disitu abik dia adalah pekerja kantor atau seorang pelajar tentu akan mampir ke tempat rumah makan yang kalian miliki.

Dengan loaksi yang tepat maka rumah makan kalian akan mudah terekspos publik dan menjadi tempat persinggahan untuk melepas penat dan mengisi perut kosong atau hanya nongrkong semata santai sambil makan.


4. Melakukan perhitungan yang tepat

Secara lazimnya pada kegiatan suatu bisnis, apalagi kita ini masih pemula tentu membutuhkan sebuah analisis perhitungan yang tepat agar bisnis yang kita jalankan bisa berkembang dengan baik. Termasuk juga dengan model bisnis kuliner ini.

Dalam hal ini tentu Anda perlu untuk melakukan suatu perhitungan yang terutama adalah terkait modal, bahan dasar produk, harga jual produk, gaji karyawan, dan hal lainnya.

Dengan Anda melakukan perhitungan yang tepat, tentu akan dapat dengan mudah Anda mengetahui berapa besar keuntungan dan juga kerugian yang Anda peroleh.


5. Tentukan harga yang sesuai

Apabila Anda ingin membangun sebuah bisnis kuliner maka yang perlu di kaji juga adal;ah harga jual prduk. Karena penetapan harga produk untuk makanan yang Anda sediakan juga perlu ada pertimbangkan, baik itu dari aspek lingkungan dan harga bahan bakunya.

Apalagi kalau kita seagai pelau bisnis memperhatikan lingkungan sekitar seperti menjaga kebersihan tentu ini akan menjadi sasaran masyarakat, karena daya beli masyarakat di lingkungan yang bersih akan membuat mereka nyaman dan percaya bahwa produk yang Anda jual itu adalah sehat dan bersih.


6. Lakukan promosi yang menarik

Yang tak kalah penting ketika bisnis kuliner sudah mulai berjalan adalah sebuah promosi. Dengan adanya promosi yang kita lakukan tentu akan menaikkan rating, pendapatan dan juga brand akan semakin di kenal luas. Dalam menjalankan sebuah promosi tidak harus mahal kok, bahkan tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Apalagi sekarang ini ada Teknologi, dengan bantuan teknologi yang sudah canggih seperti di jaman sekarang ini, tentu kegiatan promosi dapat dilakukan di berbagai media sosial dan jauh lebih mudah.

Apalagi untuk beriklan di media sosial cukup mudah dan bisa membantu Anda dalam menganalisa target pasar yang ingin di capai, sehingga proses melalui media sosial ini kegiatan promosi anda akan tepat sasaran.

Contohya kecilnya adalah dalam kegiatan promosi Anda memfoto produk kuliner Anda lalu menulsikan nama menu dan harga dengan tampilan yang menarik lalu menguploadnya ke media sosial, tentu dengan kegiatan yang mudah dan dapat dilakukan setiap hari ini akan memacing costumer baru ingin mencoba produk yang Anda punya.


7. Melakukan inovasi

Yang tak kalah penting dilakukan bagi pelau bisnis kuliner adalah melakukan suatu gebrakan atau Inovasi. Inovasi tentu sangat perlu untuk dilakukan, karena dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan daya saing maupun meningkatkan pendapatan dari bisnis yang sedang kalian jalankan tersebut.

Misalnya saja dengan tampilannya yang menarik, terus kalian menghadirkan menu-menu baru, membuat sebuah dekorasi yang kekinian para produk Anda dan tentunya juga unik dan berkesan untuk para pengunjung. Bahkan kalian memberikan promo yang besar dan menggoda.

Dengan seperti ini maka bisnis yang sedang Anda jalankan ini akan bisa terus berkembang dan tetap mampu bertahan seiring adanya para pesaing dari pelaku bisnis di bidang kuliner yang lainnya.

Bagaimana sahabat Mediasiana, dengan kalian membaca artikel ini apakah sudah berniat untuk memulai menjalankan bisnis kuliner? Semoga saja tulisan ini dapat menginspirasi kalian ya, serta bisa menjadi referensi dan masukan bagi kalian yang ingin menggeluti bisnis dibidang kuliner.

Nah itu tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan sahabat semua untuk bisa memulai bisnis kuliner dengan cara yang cukup mudah. Semoga pembahasan atau tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi sahabat Mediasiana, khususnya bagi sahabat para pemula dalam bidang bisnis kuliner tersebut.
.....KLIK 1X (CLOSE).....