Widget HTML Atas

15 Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang perlu Kamu Ketahui

Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang perlu Kamu Ketahui - Indonesia adalah negara yang yang memiliki kekayaan ragam budaya dan juga seni karena hal ini dipengaruhi oleh bertanya keberagaman suku dan etnis yang ada di Indonesia dari berbagai pulau Dan ini juga dipengaruhi oleh para pendatang dari luar negeri tentu di berbagai daerah yang ada di Indonesia memiliki alat musik tradisional yang yang masing-masing.

Seperti halnya yang ada di daerah Jawa Timur dan Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang alat musik tradisional dari daerah provinsi Jawa Timur.


Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Jadi untuk teman-teman yang ingin memperdalam pengetahuan tentang seni budaya termasuk seni musik ataupun alat musik tradisional dari daerah Jawa Timur maka dapat menyimak pada pembahasan kali ini. Diantara Kalian pastinya sudah sering menemukan alat musik yang berasal dari Jawa Timur namun seberapa banyak alat musik tradisional yang ada di Jawa Timur ini Mari kita bahas satu persatu dalam pembahasan kali ini.

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang cukup padat penduduknya di Indonesia dimana provinsi ini memiliki budaya yang sangat heterogen. Karena banyaknya juga budaya luar seperti Tionghoa uang yang ikut berbaur di daerah ini termasuk dari kebudayaan Timur Tengah.


Seni budaya Jawa Timur


Jawa Timur memiliki banyak kesenian yang biasa kita saksikan dan sudah kita kenal dia itu ada ludruk dan ketoprak. Bahkan dari seni tarinya daerah Jawa Timur Timur daerah Jawa Timur Timur ini memiliki banyak jenis tarian yang sudah tidak asing lagi kita kenal salah satunya adalah Tarian Reog Ponorogo.

Untuk seni musik atau alat musik tradisional juga banyak sekali Dan ini juga sudah kita kenal seperti halnya ada Bonang Gong dan lain sebagainya.

Perkembangan seni musik di Jawa Timur

Dengan seiring perkembangan zaman dimana pada masa sebelum hindu budha budha musik yang digunakan oleh masyarakat Jawa Timur biasanya menggunakan bunyi-bunyian dari alam dan alat musik yang digunakan biasa difungsikan sebagai pengiring acara sebagai pengiring acara keagamaan.

Siring berjalannya waktu pada masa setelah Hindu Budha alat musik tradisional mulai berkembang yang mana pada mulanya digunakan untuk acara keagamaan bertambah fungsinya sebagai alat media hiburan di dalam kerajaan termasuk gamelan yang mana sudah berkembang hingga saat ini memiliki 5 kelompok.

Setelah masuknya peradaban agama Islam di Pulau Jawa membuat alat musik Jawa Timur juga mulai mengalami perubahan baru yaitu adanya budaya Arab Timur Tengah Contohnya seperti yang kita kenal yaitu musik tabuh dan Ketika masuknya budaya Eropa ketika penjajahan alat musik Jawa juga mengalami perkembangan.

Sampai saat ini ini alat musik tradisional daerah Jawa Timur yang memiliki instrumen yang khas dan bisa digabungkan dengan musik modern seperti Pop dan lain sebagainya tentu hal ini ini guna melestarikan kebudayaan bangsa.


Macam-macam alat musik Jawa Timur


Setelah kita membahas tentang sejarah perkembangan alat musik yang ada di Jawa Timur maka kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam alat musik Jawa Timur. Dan dan alat musik apa saja yang ada di provinsi Jawa Timur untuk itu Mari kita simak pembahasannya Lebih Detail Detail berikut ini.

Beirkut adalah Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang perlu Kamu Ketahui :


1. Alat Musik Kenong


Alat musik kenong

Alat musik kenong pasti ada yang sudah kenal dengan jenis alat musik ini.  kenong adalah sebuah alat musik yang berasal dari Jawa Timur biasanya digunakan untuk mengiringi pertunjukan seni tari Reog Ponorogo. Bentuk dari alat musik kenong ini seperti sebuah Gong kecil. Jadi di cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan alat khusus. Instrumen dari alat musik kenong sendiri dipergunakan untuk memperkuat sebuah nada ada yang mana memiliki dua macam variasi yaitu kenong besar dan kenong macam variasi yaitu kenong besar dan kenong kecil dan biasa digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan seni pertunjukan.


2. Alat Musik Kluncing


Alat Musik Kluncing


Alat musik ini bentuknya seperti alat musik Triangel yang mana terbuat dari bahan dasar logam cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan alat pemukul khusus kluncing.  Alat musik ini juga dipengaruhi oleh masuknya budaya Eropa ke daerah Jawa Timur.


3. Alat Musik Bonang


Alat Musik Bonang


Bonang adalah salah satu alat musik tradisional yang cukup terkenal di Indonesia yang mana wewenang juga berkembang tidak hanya di Jawa Timur melainkan di Jawa Barat Barat Barat dan Jawa Tengah jadi wewenang ini biasa digunakan ini biasa digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan ada pewayangan dan lain sebagainya. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan memukul bagian yang menonjol pada Kunang jadi yang menonjol pada pulang ini disebut dengan pencon. Sedangkan alat pemukul Bonang ini disebut dengan bindhi.


4. Alat Musik Selompret


Alat Musik Selompret

Alat musik selompret ini dipengaruhi oleh budaya Eropa yang mana untuk penggunaannya biasa dengan cara ditiup dan alat musik ini biasa dipergunakan untuk mengiringi seni tari di daerah Banyuwangi.


5. Alat Musik Kethuk Esri


Alat Musik Kethuk Esri

Alat musik ini bentuknya hampir sama dengan Gong tetapi jumlah alat musik kethuk Esri ini ada 2 ini ada 2 buah. Cara menggunakan alat musik kethuk Esri ini yaitu dengan dengan ini yaitu dengan dipukul pada tonjolannya dan untuk bahan dasar utama dari alat musik ini yaitu logam ataupun suara yang dihasilkan dari alat musik kethuk Esri ini rendah.


6. Alat Musik Saronen


Alat Musik Saronen

Alat musik saronen ini berasal dari daerah Madura yang mana panjang dari alat musik ini yaitu sekitar 40 cm cara penggunaannya yaitu dengan ditiup seperti seruling.

Saronen sendiri memiliki 7 buah lubang yang mana ke-6 Lubang berderetan di di berderetan di di depan dan satu lubang berada di belakang ketika ditiup saran Ini menghasilkan suara yang keras dan sangat nyaring.

Alat musik ini biasanya digunakan masyarakat setempat untuk melakukan pengamanan di pos kamling bisa disandingkan dengan alat kentongan yang mana alat musik ini dimainkan pada acara karapan sapi dan sapi sono.


7. Alat Musik Angklung Caruk


Alat Musik Angklung Caruk

Alat musik ini berkembang pesat di daerah Banyuwangi sedangkan angklung sendiri sudah dikenal secara luas dan terbuat dari bahan bambu yang mana alat ini mempunyai sebuah harmonisasi si yang sangat indah sekali ketika dikombinasikan dengan alat musik lainnya maka tak heran biasa digunakan sebagai kompetisi perlombaan alat musik di mancanegara dan biasanya membutuhkan dua kelompok angklung yang nantinya adu kepiawaian.


8. Alat Musik Kempul


Alat Musik Kempul

Alat musik kempul ini hampir sama dengan gendang namun bedanya itu Kempul memiliki sebuah suara lebih berat daripada gendang dan Kempul ini terbuat dari kayu dan untuk bagian tabuhannya terbuat dari kulit binatang. Cara memainkan alat musik kempul ini yaitu dengan dipukul pada bagian membran kulit binatang. Instrumen yang dihasilkan dari Kempul ini tergantung dari kepiawaian sang pemain dalam menabuh alat musik kempul alat musik kempul.


9. Alat Musik Kendang Banyuwangi


Kendang Banyuwangi

Alat musik ini memiliki variasi tersendiri khusus di daerah Banyuwangi dan biasa digunakan untuk mengiringi seni musik tarian khas banyuwangi. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan ditabuh menggunakan alat khusus dan memiliki keahlian khusus bagi penabuhnya.


10. Alat Musik Suling Bambu


Alat Musik Suling Bambu

Alat musik suling bambu ini cara penggunaannya yaitu dengan ditiup memiliki 6 Lubang di depan dan 1 lubang di belakang di belakang belakang dalam memainkan alat musik ini dibutuhkan teknik khusus untuk bisa mencapai nada-nada tertentu tentu harus sering latihan. Suara yang dihasilkan dari alat musik suling bambu ini juga khas dan sangat indah.


11. Alat Musik Terompet Reog


Alat Musik Terompet Reog

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi seni tari Reog Ponorogo cara memainkannya yaitu ditiup dan dan pemain alat musik ini juga dituntut untuk memiliki keahlian khusus terutama dari segi suara dan teknik agar nantinya bisa menghasilkan nada atau suara yang enak didengar.


12. Alat musik UI Dhaul


Alat musik UI Dhaul

Alat musik ini berasal dari daerah Madura yang mana alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi seni tari atau pertunjukan dan cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan ditabuh.  UI Dhaul sendiri adalah alat musik perkusi etnis khas dari daerah Jawa Timur.


13. Kethuk Jaler


Kethuk Jaler

Alat musik ini memiliki sebuah perbedaan dari alat musik kethuk Estri yang mana perbedaan dari kedua alat musik ini yaitu dari suara yang dihasilkan untuk suara alat musik kethuk jaler ini lebih tinggi satu Kwint dibandingkan dengan alat musik kethuk Estri.


14. Alat Musik Angklung Reog


Alat Musik Angklung Reog

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan tari Reog Ponorogo yang mana cara penggunaan alat musik ini adalah dengan menggoyangkan tabung bambu hingga mengeluarkan sebuah suara dan bahan bambu yang digunakan untuk alat musik ini biasanya terbuat dari jenis bambu yang digunakan untuk membuat angklung karena dalam memilih jenis bambu juga harus diperhitungkan agar bisa mengeluarkan suara yang keras.

Perbedaan dari angklung lainnya adalah angklung reog ini lebih berwarna dan memiliki suara yang lebih keras.


15. Gamelan


Gamelan

Gamelan adalah salah satu alat musik khas dari pulau Jawa dan ini sudah kita kenal baik itu yang ada di daerah Jawa Timur Jawa Barat ataupun Jawa Tengah. Alat musik ini biasanya digunakan pada acara pagelaran wayang ataupun upacara adat yang ada di Keraton dan perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya alat musik ini bukanlah alat musik tunggal namun ada sekumpulan alat musik yang memiliki nada yang berbeda-beda namun menjadi satu Irama.


Penutup

Dari pembahasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa seni budaya di Jawa Timur ini dipengaruhi dari berbagai etnis dan suku baik itu yang berasal dari budaya lokal maupun pendatang. Untuk perkembangan alat musik sendiri ini dipengaruhi dari berbagai zaman yang mana setiap zaman selalu muncul kebudayaan baru dan ini membuat sebuah adat istiadat dan juga seni bagi masyarakat yang ada di Jawa Timur.

Nah Semoga dengan adanya pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi kita semua selaku pembaca tentang Alat Musik Tradisional Jawa Timur. Apabila apabila ada kekurangan saya mohon maaf dan ini sepenuhnya dari saya pribadi sekian dalam pembahasan alat musik Jawa Timur ini sampai jumpa lagi di pembahasan alat musik yang lainnya terima kasih.