Adsense Right Sidebar

11 Alat Musik Tradisional Bali yang Perlu Kamu Ketahui

Alat Musik Tradisional Bali yang Perlu Kamu Ketahui - Beli adalah salah satu pulau yang indah yang ada di indonesia yang mana bali terkenal dengan objek wisata nya sampai ke mancanegara serta bali juga terkenal dari kuliner budaya dan juga bali memiliki berbagai alat musik tradisional yang harus kita ketahui.

Terdapat objek wisata yang indah yang ada di bali di mana balik ini memang sungguh mempesona dari alamnya kebudayaannya adat istiadat kuliner yang mana membuat masyarakat baik yang ada di indonesia maupun luar negeri ingin berkunjung ke pulau bali pulau dewata.



Alat Musik Tradisional Bali



Alat Musik Tradisional Bali

Bali adalah sebuah daerah yang mempunyai budaya mistis di mana sangat kental dengan nuansa agama hindu maka tak heran dari segi kehidupan tradisional maupun alat musiknya masih pada pengaruh yang cukup kental dari agama hindu.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menulis tentang alat tradisional yang berasal dari pulau bali. Pastinya diantara kalian sudah ada yang mengenal alat musik tradisional dari Bali ini namun tak apa kalau kita belajar kembali apa saja sih alat musik tradisional khas bali ini mari kita simak pembahasannya berikut ini.



Sejarah Berkembangnya Alat Musik di Bali


Bagi warga masyarakat yang ada di bali khususnya di kota denpasar sini musik adalah suatu bagian integral yang sangat penting bagi kehidupan terutama bagi warga yang beragama hindu. Sini musik dianggap sebagai warisan yang sangat berharga yang harus dijaga villas tarikan kepada para generasi karena menurut filsafat nya ini masih berkaitan dengan pandangan hidup falsafah bagi masyarakat bali maka tak heran musik tradisional terus berkembang pesat di kota denpasar bali yang mana kini sudah di mulai sejak masa bali kuno pada abad ke-8 sampai ke abad 14 masehi.



Macam-macam Alat Musik Bali


Seperti halnya daerah lain yang ada di nesya bali juga mempunyai beberapa alat musik tradisional yang mana ada kesamaan alat musik ini dari daerah lainnya sebagai contoh adalah alat musik gamelan di mana alat musik ini juga terdapat di daerah lainnya seperti pulau jawa.


Namun bali juga mempunyai ciri khas tersendiri di mana salam memainkan musik gamelan juga terdapat teknik tersendiri berikut ini akan saya kupas satu persatu alat musik tradisional dari bali silahkan simak pembahasannya berikut ini.


Kumpulan alat musik tradisional dari bali :



1. Genggong Bali



Genggong Bali

Jalan dara kalian pasti ada yang pertama kali mendengar nama alat musik ini jadi renggong adalah salah satu alat musik yang berasal dari bali di mana salah satu instrumen gitarnya cukup unik karena suara yang ditimbulkan dari alat musik ini menimbulkan keunikan tersendiri bagi pendengar nya. Adapun untuk memainkannya yaitu bisa denganmu memanfaatkan rongga mulut orang untuk membunyikan alat ini sebagai  resonator.

Alat musik gonggong ini dibunyikan dengan cara mengulum ada bagian yang disebut dengan pala yah jadi jari tangan kiri memegang ujung alat sebelah kiri sedangkan untuk tangan kanan menggenggam tangkai bambu kecil yang terhubung dengan tali benang dan ujung alat di sebelah kanannya.


Alat musik genggong ini sebenarnya hanya digunakan sebagai sarana hiburan seperti acara pernikahan khitanan maupun acara pesta lainnya.



2. Pereret Bali



Pereret Bali

Alat musik yang kedua yaitu pere ret. Alat musik ini sejenis terompet yang terbuat dari bahan kayu yang dibentuk dengan sedemikian rupa maka berhasil ah berubah menjadi terompet.

Lagi masyarakat bali sebutan pengasih aceh bagi pereret ini karena seiring digunakan perjaka untuk menarik hati wanita.


Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian sewu gratis yang mana sejak kini tetap lestarikan. Jembrana bali yang mana cara memainkannya cukup mudah tinggal ditiup makassar itulah akan keluar sebuah bunyi yang dapat menawan hati.



3. Ceng-ceng Bali



Ceng-ceng Bali

Alat musik ini menjadi bagian penting karena alat musik ini satu perangkat dari alat musik gamelan bali. Ceng ceng sendiri dibuat dari logam jumlahnya ada enam dan berbentuk pun dari bagian bawah dan dua logam bunda arti atasnya.

Bentuk paling musik ceng ceng ini mirip seperti kura-kura di mana kura-kura menurut masyarakat bali mengandung nilai magis yang kuat. Untuk bisa memainkan alat musik ini tidak terlalu sulit jatuh cukup dengan memukul kan bagian tembaga pun dari atasnya dengan bagian bundar yang berada di bagian bawahnya.



4. Rindik Bali



Rindik Bali

Rindik adalah salah satu alat musik yang terbuat dari bambu cara memainkannya yaitu dengan dipukul. Rindik juga dikenal dengan angklungnya masyarakat Bali di mana alat musik ini dimainkan oleh 2 hingga 5 orang dan beberapa orang penabuh berfungsi di bagian Seruling ataupun gong pulu.

Pada mulanya alat musik ini dimanfaatkan sebagai bahan hiburan bagi para petani yang ada di sawah namun seiring berkembangnya zaman alat musik Ini digunakan sebagai pelengkap untuk acara pernikahan resepsi dan juga untuk menyambut tamu.


Rindik adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang mirip seperti angklung di mana ini sudah ada pada jawa kuno namun ada perbedaan rintik dengan angklung itu kalo rintik ini lebih rapi dengan sedikit celah cara mainkan nya itu dengan dipukul dan berbahan dasar Bambu.


Biasanya alat musik ini dimainkan oleh dua sampai lima orang yang mana mereka ini miliki perannya masing-masing pada awalnya alat musik ini digunakan sebagai media hiburan bagi para petani yang ada di sawah namun seiring berkembangnya waktu alat musik ini mulai dijadikan sebagai alat pengering hiburan rakyat yaitu seperti joget bumbung.


5. Gamelan Bali



Gamelan Bali

Gamelan Bali adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Denpasar Bali yang mana gamelan ini memiliki perbedaan dari jenis gamelan yang ada di daerah lainnya. Gamelan ini biasanya digunakan sebagai pengiring suatu pertunjukan kesenian yang ada di Bali dan juga beberapa acara sakral.

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern gamelan di Bali tetap eksis dan digunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara keagamaan dan beberapa hiburan.



6. Gong Bali


Gong Bali

Gong Bali adalah salah satu alat musik yang sudah ada pada abad ke-13 dan ke-14 di mana alat musik ini biasa terdapat di kuil kuil di kerajaan hindu dan alat musik ini masih ada keterkaitan antara sejarah dengan kemunculan alat musik kong di bali.

Gong Bali seperti halnya gong yang lainnya yaitu terbuat dari bahan dasar logam dan cara memainkannya yaitu dipukul pada bagian tengahnya yang menonjol. Ada berbagai macam variasi yang bisa dihasilkan dari bunyi alat musik Gong ini.


7. Gerantang Bali


Gerantang Bali

Alat musik ini yaitu berasal dari denpasar bali di mana terdiri atas dua bilah bambu yang mendatar dan dimainkan dengan tua buah part pemukul semacam gambang yaitu sebuah alat musik tradisional dari jawa atau gerantang. Alat musik ini biasa digunakan untuk melengkapi sebuah gamelan telentang atau angklung dan alat musik angklung serta alat musik rindik.

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi kesenian cupak gerantang yaitu sebuah kesenian yang berasal dari Bali.


8. Suling Bali


Suling Bali

Alat musik ini adalah jenis alat musik yang juga ada di daerah lainnya di mana alat musik ini terbuat dari bahan bambu yang mempunyai enam buah lobang dan digunakan di berbagai kesenian termasuk juga pentas seni di bali. Cara mainkan alat ini yaitu dengan titik di mana dalam melakukan permainan suling dibutuhkan teknik khusus.


9. Gangsa Bali

Gangsa Bali

Gangsa bali adalah alat musik tradisional yang yang mana daun bilangnya terbuat dari bahan perunggu. Bangsa ini mirip seperti angklung semar pagulingan, gong gede, gong kebyar dan masih banyak lainnya.

Gangsa adalah sebuah alat penangkap gamelan yang mana mempunyai berbagai fungsi yang berbeda-beda begitu sebagai penentu mantra-mantra lagu jalinan pukulan dan lain sebagainya serta bangsa ini ada dua macam yaitu ada gangsa jongkok dan gangsa gantung.

Yang mana untuk gangsa jongkok ini ukuran sel awalnya dan dah dan resonatornya di paku pada kedua ujungnya.

Sedangkan untuk gangsa gantung ini mempunyai ukuran lebih kecil dari bangsa jongkok yang mana ukurannya lebih tinggi dan memakai resonator bambu setinggi seulawah tersebut.


10. Gender Bali

Gender Bali

Kinder bali adalah sebuah alat musik metalofon dalam sebuah gamelan baik itu yang ada di jawa dan di bali.  Gendar ini mempunyai 10 bila atau dua oktaf yang mana bentuknya mirip dengan gangsa.

Karena alat musik ini adalah salah satu instrumen dalam barongan kendal wayang di mana barongan alit atau barongan kecil sebagai gamelan pewayangan.

Di dalam alat musik gender ini terdapat dua pasang tungguh gender beralaskan slendro lima naya yang mana ini merupakan sepasang gender pantilan dan pemade.

Selain digunakan dalam pertunjukan seni pewayangan kendur juga digunakan untuk upacara ngaben dan potong gigi.

Dalam kedua cara tersebut adapun genderang digunakan hanya sepasang gender saja dimana kendur ini dilengkapi dengan 2 kandang kecil, satu kajar, dua ceng ceng cleaning dan juga alat musik yang lainnya yaitu biasa disebut dengan gamelan batel gender wayang.


11. Guntang Bali

Guntang Bali

Gontang bali adalah jenis alat musik tradisional yang mana ini masuk dalam bagian jenis kentongan. Namun alat musik ini juga sebagai pengiring suatu pertunjukan seni tari.

Nah itulah beberapa alat musik tradisional yang ada di daerah Bali dan ada beberapa alat musik lainnya yang akan Saya bahas secara lengkap dalam artikel ini. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca dan apabila ada kesalahan saya mohon maaf sampai jumpa lagi di pembahasan yang lain Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel