Widget HTML Atas

30 Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup Baik dan Benar Terbaru Tulis Tangan dan Ketikan di Ms. Word File bisa di Download - Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dan menjadi vital pada saat ingin mempromosikan diri, memperkenalkan diri ataupun yang paling sering adalah sebagai salah satu syarat dalam melamar sebuah pekerjaan. Sehingga CV atau Curriculum Vitae yang baik dan benar sangat dibutuhkan. 

Daftar riwayat hidup merupakan salah satu komponen yang biasa termasuk dalam dokumen lamaran pekerjaan. Di dalamnya, terdapat informasi-informasi tentang diri si pelamar yang menunjukkan kualitas dan kapasitas dirinya. Isi dari daftar riwayat hidup yang baik harus bisa memberikan kesan bagi perekrut agar tertarik menerima si pelamar tersebut.

Pada dasarnya CV merupakan daftar riwayat hidup seseorang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat Curriculum Vitae atau CV yang baik dan benar. Tujuannya agar siapapun orang yang melihat dan membacanya langsung tertarik dan memberikan kesan yang positif. alhasil bisa membuka peluang kamu untuk diterima di suatu perusahaan, naik jabatan, atau bahkan di terima Doi. 

Penulisan daftar riwayat hidup bisa diketik menggunakan komputer mau pun tulis tangan. Semua tergantung pertimbangan pelamar sendiri. Sebagai referensi, berikut adalah 30 contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup Baik dan Benar


Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup Baik dan Benar

Pada umumnya isi dari Curriculum Vitae adalah identitas diri mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, status, alamat/nomor yang dapat dihubungi serta informasi  pribadi lainnya. di tambah dengan informasi pendidikan yang sudah ditempuh, skill atau keterampilan, pengalaman kerja, jabatan sebelumnya, pengalaman organisasi dan lain-lain. 

Karena Curriculum Vitae ini merupakan komponen yang penting, serta tidak bisa kita sepelekan. Yang mana inilah yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak yang bersangkutan seperti pihak HRD (Human Resources Departement), maka dalam pembuatan CV harus dibuat dengan sebaik-baiknya dan memberikan informasi sebener-benarnya yang menunjukan kualifikasi dan jati diri kamu sebagai pelamar. 

Hal yang wajib diperhatikan ketika menulis Curriculum Vitae diantaranya : 


1. Jelaskan data pribadi secara benar

Data pribadi merupakan hal pokok yang tercantum dalam Curriculum Vitae. Berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, alamat, alamat nomor telephone dan email. 

saran untuk penulisan email, usahakan buatlah email yang simpel dan jelas, lebih baik nama sendiri. Jangan menggunakan nama-nama yang aneh, karena itu akan menyusahkan dan sulit dibaca. Dari email yang sulit akan menimbulkan penilaian tersendiri oleh pihak HRD dan bisa jadi kamu menanggung risiko yang besar, contohnya salah dalam penulisan email ketika ada panggilan ketahap berikutnya. itu kan sayang bukan? sama saja membuang kesempatan besar. 


2. Deskripsikan Diri kamu

Setelah memberikan data diri secara singkat. Selanjutnya ceritakan semua hal yang menarik yang ada dalam diri, inilah saatnya mempromosikan diri di hadapan HRD. Kerena CV lah yang menjadi jembatan dan bahan pertimbangan HRD untuk menerima karyawan ketahap selanjutnya. 

ceritakanlah keunggulan diri kamu secara ringkas dan menarik. Jangan terlalu panjang, cukup 3 sampai 5 baris saja. 

Tuliskan apapun yang menjadi kelebihan dalam diri, yang bisa kamu tonjolkan atau buktikan kamu mampu. Baik itu pengalaman yang pernah kamu rasakan, sampai dengan kemampuan disuatu bidang tertentu. 

Mengapa ini perlu? sebab dengan kamu menginformasi apa yang menjadi  pengalaman, bakat, dan kemampuan kamu, itu memberikan kemudahan baik bagi pihak recruitment maupun kamu sendiri. perusahaan itu akan memposisikan sesuai kemampuan, ataupun melihat dari pengalaman. Karena seperti perkataan orang bijak bahwa “Pengalaman adalah guru terbaik”.

3. Menggunakan kata kerja aktif

Ini penting, karena penggunaan kata kerja aktif dapat menunjukan rasa inisiatif yang cukup tinggi dalam diri sehingga menimbukan Trust (Kepercayaan). Sebaliknya ketika menggunakan kata pasif, seakan-akan itu bukan kamu sendiri yang ada didalam tulisan tersebut, melainkan orang lain. 


4. Riwayat pendidikan dan pelatihan

Background pendidikan sangat penting di cantumkan, terutama pendidikan terakhir. Penulisan riwayat pendidikan di harapkan menjadi angin positif, sebab ada HRD yang melihat dari mana ia menuntut ilmu. 

selain itu, jika kamu pernah menjalankan pendidikan nonformal bisa di cantumkan dalam Curriculum Vitae. Apalagi pendidikan non formal yang berhubungan dengan posisi yang dilamar. sehingga memberikan peluang besar dan menguatkan keputusan HRD dalam membuat keputusan. 


5. Cantumkan Pengalaman Organisasi dan prestasi yang pernah di capai 

Tips untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja secara profesional, sebaiknya mencantumkan pengalaman organisasi apa saja yang telah dijalani. Ini berguna untuk melihat keaktifan dan menjadi tolak ukur terutama melihat keaktifan dalam bekersama dengan tim. Karena itu yang biasanya di cari. 

Cantumkan sebanyak-banyaknya organisasi yang pernah diikuti, tuliskan nama organisasinya serta jabatan yang diemban. tulislah secara jelas agar mudah dimengerti. 
Jangan lupa untuk menuliskan prestasi yang pernah di raih. Baik itu sifatnya formal/akademik maupun non akademik. Sertakan juga tahun berapa itu diraih. 


6. Buatlah CV yang simpel tapi menarik

Artinya tidak bertele-tele dan tidak rame. Terkadang ada orang yang membuat CV itu hanya memikirkan desainnya saja, tujuannya  sih eye-cathing, namun berlebihan. Sebab suatu yang berlebihan juga tidak baik bukan?.. Kita perlu memahami bahwa orang penting seperti HRD itu adalah orang sibuk, mempunyai waktu yang terbatas dan bukan baca CV punya kamu aja. 

Jadi buatlah yang singkat namun padat. Perhatikan dalam pemilihan font huruf, buat yang mudah di baca dan gunakan format simpel, karena itu justru akan memudahkan pihak yang bersangkutan membaca dan melihat sang pelamar sesuai dengan kriteria yang dicari. 

Setelah semuanya dipikirkan, komponen apa saja yang perlu dicantumkan. Maka langkah selanjutnya membuat CV itu dengan baik dan benar. 


Point penting yang perlu digaris bawahi sebagai berikut : 


a. Penggunaan kertas 

Kertas yang digunakan adalah kertas polos putih atau yang dikenal dengan sebutan kertas HVS. Untuk referensi ukuran dapat menggunakan kertas A4 80 gram. 


b. Rapi dan Bersih 

CV tergolong dalam dokumen resmi atau formal, maka perlu diperhatikan tentang kerapihan dan kebersihan dari kertas yang digunakan. Buatlah format yang rapi dan indah sehingga dapat menarik perhatian. 


c. Perhatikan pemilihan font atau jenis huruf 

Tidak perlu berlebihan dalam penggunaan font. pilih font yang jelas dan mudah dibaca. 
Jenis huruf yang digunakan untuk surat resmi biasanya menggunakan Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 Pt. 


d. Menggunakan Tata Bahasa, Tanda Baca dan Ejaan yang sesuai dengan EYD
Tentu dengan penggunaan tata bahasa yang baik di dukung dengan tanda baca yang sesuai dan ejaan yang benar akan memudahkan pihak HRD dalam memahami isi dari sebuah CV tersebut.  


e. Tidak menggunakan Kata Kiasan 

Hal ini sangat perlu di hindari. Gunakanlah gaya eksplisit dengan kalimat yang detail dan jelas. Tulislah sesuai  fakta dan hindari kata yang ambigu, karena ini bisa menjadi jebakan kamu sendiri yang memunculkan banyak sekali pertanyaan. 


f. Singkat dan Jelas 

Membuat CV tidak lebih dari 2 Halaman. Sebab, CV itu data pribadi singkat. Tidak perlu bertele-tele sehingga menjadi sangat panjang dan berlembar-lembar. Yang Penting apa yang ingin kita tonjolkan dan informasi yang kita berikan itu tersampaikan. 

Berikut 30 Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar versi tulis tangan dan Ms. Word :


CV Dalam Bentuk Tulisan :


Contoh 1

Ini adalah contoh daftar riwayat hidup sederhana untuk calon pelamar lulusan D3 dengan pengalaman kerja.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama: Siti Basnah
Tempat Tanggal Lahir: Banjarmasin, 30 April 1994
Alamat: Jl. Kemerdekaan No. 12 RT 1 RW 8 Kelurahan Rawa-rawa
Agama: Islam
Status: Menikah
Jenis Kelamin: Perempuan
No. HP: 0888 5432 1000

PENDIDIKAN

1. SMP Pelita, lulus tahun 2009
2. SMA Harapan Bangsa, lulus tahun 2012
3. D3 Desain Komunikasi Visual, Universitas Media Angkasa, lulus tahun 2015

PENGALAMAN KERJA

1. PT. Cahaya Sejahtera sebagai ilustrator (2015-2017)
2. PT. Warna Warni sebagai desainer kemasan produk makanan (2018-2020)


Hormat saya,


Siti Basnah



Contoh 2

Daftar riwayat hidup berikut ini lebih terstruktur dari segi penyusunannya. Di dalamnya juga memuat pendidikan non formal yang pernah diikuti.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi
Nama: Siti Basnah
Tempat Tanggal Lahir: Banjarmasin, 30 April 1994
Alamat: Jl. Kemerdekaan No. 12 RT 1 RW 8 Kelurahan Rawa-rawa
Agama: Islam
Status: Menikah
Jenis Kelamin: Perempuan
No. HP: 0888 5432 1000

Pendidikan Formal
2006-2009 SMP Pelita
2009-2012 SMA Harapan Bangsa, jurusan IPS
2012-2015 Universitas Media Angkasa, jurusan D3 Desain Komunikasi Visual

Pendidikan Non Formal
2014 Kursus Bahasa Inggris Intensif di Crazy English

Keahlian
Microsoft Office
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
CorelDraw
Inkscape
Bahasa Inggris

Riwayat Pekerjaan
2015-2017 Ilustrator pada PT Cahaya Sejahtera
2018-2020 Desainer kemasan produk makanan pada PT Warna Warni


Contoh 3

Dalam contoh ketiga ini, formatnya dibuat lebih naratif namun tetap sederhana.

SITI BASNAH
Curriculum Vitae
0888 5432 1000
sitibasnah@freemail.com

Tentang Saya
Seorang lulusan desainer grafis yang berfokus pada detail dengan pengalaman sebagai ilustrator dan desainer kemasan produk. Memiliki skill komunikasi mumpuni dan berpengalaman berhadapan langsung dengan klien saat menerima job freelance. 

Pendidikan
2006-2009 SMP Pelita
2009-2014 SMA Harapan Bangsa
2014-2015 D3 Desain Komunikasi Visual, Universitas Media Angkasa

Pengalaman Kerja
2015-2017 Ilustrator pada PT Cahaya Sejahtera
2018-2020 Desainer kemasan produk makanan pada PT Warna Warni

Keahlian
Microsoft Office
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
CorelDraw
Inkscape

Bahasa Inggris


Contoh 4

Ini adalah contoh daftar riwayat hidup lulusan SMK dengan beberapa keahlian praktis dan pengalaman kerja.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama: Muhammad Hadran
Tempat Tanggal Lahir: Samarinda, 31 Januari 1998
Alamat: Jl. Telaga Hijau, Gang Air Mancur, RT 5 Desa Sri Rezeki
Agama: Islam
Status: Belum Menikah
Jenis Kelamin: Laki-laki
No. HP: 0823 4567 0000

PENDIDIKAN
1. SDN 1 Hulu Sungai, lulus tahun 2010
2. SMP Melati, lulus tahun 2013
3. Jurusan Teknik Bangunan SMK Al-Ilmu, lulus tahun 2016

PENGALAMAN KERJA
1. PT Kokoh Merdeka (Magang) pada tahun 2015
2. CV Karya Pembina pada tahun 2017
3. PT Suara Bangun Property pada tahun 2018-2020

KEAHLIAN
1. Microsoft Office
2. Microsoft Project
3. AutoCAD



Contoh 5

Berikut ini adalah contoh yang kurang lebih sama dengan yang sebelumnya. Hanya saja, peletakan tahun diubah menjadi di depan dan menjadikannya lebih terperinci.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Diri
Nama: Muhammad Hadran
Tempat Tanggal Lahir: Samarinda, 31 Januari 1998
Alamat: Jl. Telaga Hijau, Gang Air Mancur, RT 5 Desa Sri Rezeki
Agama: Islam
Status: Belum Menikah
Jenis Kelamin: Laki-laki
No. HP: 0823 4567 0000

Riwayat Pendidikan
2007-2010 SDN 1 Hulu Sungai
2010-2013 SMP Melati
2013-2016 Jurusan Teknik Bangunan SMK Al-Ilmu

Pengalaman Kerja
2015 PT Kokoh Merdeka (Magang) pada 
2017 CV Karya Pembina 
2018-2020 PT Suara Bangun Property

Keahlian
Microsoft Office
Microsoft Project
AutoCAD


Contoh 6

Ini adalah contoh yang lebih naratif untuk lulusan SMK dengan pengalaman.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama saya Muhammad Hadran, lahir di Samarinda pada 31 Januari 1998. Saya mahir mengoperasikan aplikasi dasar Microsoft Office. Selain itu, aplikasi di bidang bangunan seperti Microsoft Project dan AutoCAD juga merupakan aplikasi yang tidak terpisahkan dari keseharian saya. Saya memiliki pengalaman bekerja selama 4 tahun di dua perusahaan berbeda namun masih dalam lingkup yang berhubungan dengan bangunan.

Temukan saya di:
Jl. Telaga Hijau, Gang Air Mancur, RT 5 Desa Sri Rezeki
0823 4567 0000

Riwayat Pendidikan
SDN 1 Hulu Sungai, lulus tahun 2010
SMP Melati, lulus tahun 2013
Jurusan Teknik Bangunan SMK Al-Ilmu, lulus tahun 2016

Riwayat Pekerjaan
PT Kokoh Merdeka (Magang) pada tahun 2015
CV Karya Pembina pada tahun 2017
PT Suara Bangun Property pada tahun 2018-2020



Contoh 7

Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup sederhana untuk lulusan S1 tanpa pengalaman kerja, namun aktif dalam organisasi.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama: Asri Sulastri, S.Psi.
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 1 Februari 1998
Alamat: Jl. Pahlawan RT 7, Kelurahan Ciaduk
Agama: Islam
Status: Belum Menikah
Jenis Kelamin: Perempuan
No. HP: 0813 1415 9999

RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SMP Perisai Garuda (2013)
2. SMA Jaya Abadi (2016)
3. S1 Psikologi Universitas Perdamaian (2020)

PENGALAMAN RELAWAN DAN ORGANISASI
1. Staf Panggung pada Konser Amal Ramadhan (2017)
2. Ketua UKM Wirausaha Kreatif (2017-2018)
3. Sekretaris BEM Fakultas Psikologi (2019)
4. Anggota Komunitas LessPlastic (2019-sekarang)


Contoh 8

Berikut adalah contoh penulisan dalam format narasi untuk lulusan S1 tanpa pengalaman kerja.

ASRI SULASTRI, S.Psi.
Kontak
0813 1415 9999
srilastri57@freemail.com

Profil
Saya adalah seorang fresh graduate jurusan Psikologi Universitas Perdamaian. Berjiwa aktif dan energik, selalu tepat waktu, serta menyukai perubahan. Memiliki pengalaman organisasi di dalam maupun luar kampus. Motto hidup saya adalah "Kesempatan Tidak Datang Tanpa Persiapan".

Riwayat Pendidikan
2010-2013 SMP Perisai Garuda 
2013-2016 SMA Jaya Abadi 
2016-2020 S1 Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Perdamaian 

Pengalaman Relawan dan Organisasi
Staf Panggung pada Konser Amal Ramadhan (2017)
Ketua UKM Wirausaha Kreatif (2017-2018)
Sekretaris BEM Fakultas Psikologi (2019)
Anggota Komunitas LessPlastic (2019-sekarang)


Contoh 9

Di bawah ini adalah contoh penulisan daftar riwayat hidup sederhana untuk lulusan SMA fresh graduate.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama: Dharma Hadi
Tempat Tanggal Lahir: Semarang, 15 Desember 2001
Alamat: Jl. Pedoman Negara RT 2, Desa Gunung Raya
Agama: Islam
Status: Belum Menikah
Jenis Kelamin: Laki-laki
No. HP: 0855 7799 1111

PENDIDIKAN
1. SDN 1 Gunung Raya, lulus tahun 2013
2. SMP Melati, lulus tahun 2016
3. Jurusan Bahasa SMA Kedaulatan, lulus tahun 2019

PRESTASI
Juara 2 Debat Bahasa Jerman Tingkat Nasional (2018)


Contoh 10

Berikut adalah penulisan daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA fresh graduate dengan format lebih terstruktur.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

PROFIL PRIBADI
Nama: Dharma Hadi
Tempat Tanggal Lahir: Semarang, 15 Desember 2001
Alamat: Jl. Pedoman Negara RT 2, Desa Gunung Raya
Agama: Islam
Status: Belum Menikah
Jenis Kelamin: Laki-laki
No. HP: 0855 7799 1111
Email: hadidharma111@freemail.com

PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 SDN 1 Gunung Raya
2013-2016 SMP Melati
2016-2019 Jurusan Bahasa SMA Kedaulatan

PENDIDIKAN NON FORMAL
2015 Kursus Microsoft Office
2016 Kursus Adobe Photoshop

PRESTASI
2018 Juara 2 Debat Bahasa Jerman Tingkat Nasional 


CV Dalam Bentuk Ms. Word :


Download CV MS Word


Download CV MS Word tinggal Edit


Download File dalam bentuk MS. WORD pada link dibawah ini !

DONWLODA 


Contoh CV lainnya :

  1. Contoh CV
Demikian 30 contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dan ketik di Ms. Word yang baik dan benar. Semoga bisa menginspirasi para calon pelamar agar segera mendapatkan pekerjaan impian.