15 Contoh Tari Modern dari Daerah Indonesia dan Luar Negeri

Contoh Seni Tari Modern yang ada di Daerah Indonesia dan Luar Negeri. Diantara kalian pasti sudah tahu dengan beragam jenis tari Tradisional yang ada di Indonesia, namun apakah kalian sudah mengetahui jenis Tari Modern yang masuk ke Indonesia ? Baik, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menguraikan tentang Tari Modern baik itu yang cial bakalnya dari Indonesia da juga tari Modern yang berasal dari luar Negeri atau Mancanegara.

Tari adalah sebuah gerak yang dilakukan seseorang yang disebut dengan penari. Tari sudah ada sejak dahulu kala. Tari ini dijaman dulu digunakan untuk media ekspresi dan mendekatka diri kepada sang leluhur. Tari ini biasa juga di pertunjukkan sebagai ajang hiburan dan perlombaan.



Contoh Tari Modern dari Daerah Indonesia dan Luar Negeri



Contoh Tari Modern dari Daerah Indonesia dan Luar Negeri

Ada banyak jenis tari yang bermunculan di Indonesia. Dari kerajaan mataram kuno sampai dengan ditahun ini. Seiring berkamangnya jaman tari terus mengalami pembaharuan atau bisa disebut dengan Tari Kreasi. Tari Kreasi biasanya terdapat dua unsur jenis gerak tari yang dipadukan menjadi satu atau Tari yang sudah ada di kreasikan kembali dengan gerakan baru namun tetap ada unsur tari terdahulunya. Berikut ini saya akan mencoba mengulas tentang jenis Tari Modern yang ada di Indonesia baik itu asli dari Indonesia dan mancanegara. Untuk itu mari simak pembahasannya sampai selesai berikut ini..!

Daftar Nama Tari Modern yang ada di Indonesia berasal dari Daerah dan Luar Negeri :



1. Tari Merak


Tari merak sebenarnya adalah tari Tradisional dari daerah Indonesia tepat dari Daerah Jawa Barat. Tari ini biasanya di pertunjukkan pada acara-acara festival. Seiring perkembangannya Tari Kreasi Merak ini terus di tingkatkan agar mampu bertahan dan tetap eksistensi di jaman modern sekarang ini.



2. Tari Banjar Kemuning


Diantara kalian pasti ada yang sudah pernah mendengar akan Tari ini. Ya, Tari ini adalah jenis tarian dari daerah pesisir Pantai yang ada di Sidoarjo Jawa Timur. Dimana masyarakat sekitar pesisir berprofesi sebagai nelayan. 

Makna dari Tari Banjar Kemuning ini menggambarkan para istri dari Nelayan disana yang hidupnya tegar dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Dimana para istri dari nelayan disana selalu mendoakan suaminya agar sehat, selamat dan bisa mendapatkan hasil tangkapan yang berlimpah. Karena menjadi seorang istri dari nelayan itu tidaklah mudah karena yang namanya orang berlaut pasti ada risikonya. Maka dengan demikian apabila suami mereka sedang berlayar mencari ikan para istri ini memanjatkan doa kepada Allah Tuhan yang Maha Esa.


Gerak dari tari Banjar Kemuning ini memang dinamis dan cepat, dimana ada sebuah gerakan selendang yang dilakukan berkali-kali yang mana arti dari tari ini adalah membangun semangat baru bagi para nelayan yang hidupnya di pesisir pantai Sidoarjo Jawa Timur. Pencipta dari Tari Banjar Kemuning ini adalah Agustinus, S.Sn.


Baca Juga : 20 Jenis Alat Musik Tradisional di Indonesia


3. Tari Nguri


Apakah diantara kalian sudah pernah menyaksikan Tari Nguri ? Tari Nguri adalah tarian tradisional yang berasal dari Sumbawa, pulau NTB.  Tari Nguri ini biasa dibawakan oleh seorang penari wanita dengan cara berkelompok. Tarian Nguri ini menggambarkan akansifat keterbukaan dan keramah-tamahan dari masyarakat Sumbawa NTB, kemudian mereka curahkan dalam bentuk gerak tari Nguri. Tari Nguri ini merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang sebenarnya sudah cukup terkenal di Indonesia, khususnya yang berada di daerah Sumbawa sendiri sebagai daerah asalnya.


Tari Nguri ini biasanya dipertunjukkan atau ditampilkan oleh para penari wanita secara berkelompok. Dalam pertunjukannya, para penari wanita dengan mengespresikan gerakan lemah lembut yang mana mereka mengedepankan kesopanan dan keramahan. Adapun untuk gerak dasar dalam tarian ini terbagi beberapa bagian yaitu terdiri dari gerak batanak, gerak tebe, gerak nyema,  jempit tope linting sere dan lunte begitik. Gerakan dari Tari Nguri tersebut kemudian dikreasikan menjadi salah satu rangkaian gerakan penghormatan dan persembahan bagi para Tamu yang datang ke sana. Dalam pertunjukannya, Tari Nguri ini biasanya juga diiringi oleh alunan musik tradisional khas Sumbawa seperti serunai pelampong, gong, genang/gendang, rebana besar, dan satung serek.


4. Tari Manuk Rawa


Tari Manukrawa adalah jenis tari yang memperpadukan antara gerak tari kasik sunda dan jawa, kemudian tari ini dimodifikasi dengan model tari klasik khas Bali.  Jenis tarian ini merupakan jenis tari kreasi baru, yang menggambarkan segerombolan atau sekelompok burung manuk. Tari Manukrawa ini terinspirasi dari seekor burung manukrawa. Sedangkan Manuk rawa ini berasal dari kata manuk yang mempunyai arti yaitu burung dan rawa ini yang artinya air.

Tari Manukrawa ini biasanya ditarikan oleh sekelompok anak-anak, yang mana tari ini bertujuan sebagai hiburan untuk anak-anak jaman dulu, kalau kita lihat dari segi namanya saja tari manuk rawa yaitu bertujuan untuk lebih mengenal burung rawa atau  manukrawa dan juga bertujuan untuk lebih mengenal akan tarian tradisional yang ada di Pulau Jawa. 


Namun, dengan seiringnya perkembangan jaman, bukan hanya kalangan anak-anak yang gemar menarikan tari manukrawa, namun juga di khalangan orang dewasa pun juga sering menarikan tarian Panukrawa ini.

Adapun untuk sejarah tari manuk rawa ini, dari gerakannya diadobsi dari tari klasik Bali yang kemudian dipadukan dengan sebuah gerakan tari dari Jawa dan Sunda, kemudian dimodifikasikan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan keindahan. 


Dalam sebuah pagelarannya tari manukrawa ini terlihat seperti sekelompok burung yang terbang diangkasa yang sedang mencari makanan, hal ini karena sangat terlihat dari pakaian yang dikenakan oleh para penari, yang mana tampak seperti sayap burung manukrawa. Tari manukrawa  ini biasa dipentaskan oleh 5 hingga 7 orang penari. Pada pementasannya tarian manukrawa ini lebih menekankan pada gerakan jongkok dan berdiri.


5. Tari Rara Ngingel


6. Tari Kuntulan


7. Tari Tango


8. Tari Flamenco


9. Tari Salsa


10. Tari Balet


11. Dance



Baca Juga : 20 Contoh Tari Berpasangan Asal Indonesia


Nah, itulah kumpulan daftar tari modern dari Indonesia dan luar negeri. Semoga ulasan tentang contoh tari modern ini bisa menambah wawasan kita semua terkhusus bagi pecinta seni budaya Indonesia. Mungkin cukup sampai disini yang bisa saya sajikan apabila ada kesalahan dan kekurangannya saya mohon maaf, sampai jumpa di pembahasan jenis tari yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel