Widget HTML Atas

Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Tengah

Alat musik tradisional Provinsi Kalimantan Tengah - Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia di mana pulau ini terletak di pertengahan negara Indonesia sia suku asli yaitu suku Dayak.

Kalimantan Tengah yang mana berdekatan dengan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat serta juga di daerah ini terdapat beberapa Apa alat musik tradisional maupun seni ini tunjukkan khas dari suku asli Kalimantan Tengah yaitu suku Dayak.



Alat Musik tradisional Provinsi Kalimantan Tengah

Alat Musik tradisional Provinsi Kalimantan Tengah

Namun pada kesempatan ini saya akan membahas tentang ragam jenis alat musik tradisional Kalimantan Tengah. Buat teman-teman yang yang ingin tahu lebih mendalam jam-jam tang alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Tengah ini dapat menyimak dalam pembahasan kali ini dan semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi Pembaca sekalian.


Tanpa banyak basa-basi lagi berikut ini saya akan uraikan beberapa jenis alat musik tradisional dari provinsi Kalimantan Tengah berikut ulasannya.



Kumpulan Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Tengah


1. Babun


Babun merupakan sebuah alat musik tradisional yang bentuknya bulat terbuat dari bahan kayu dan untuk bagian tengahnya terdapat lubang serta dengan Sisinya dilapisi sebuah kulit ya itu biasanya terbuat dari kulit kambing.


Babun sama halnya seperti sebuah gendang karena cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan tangan.



2. Gendang mara


Gendang marah adalah jenis alat musik tradisional seperti perkusi yang mana berukuran setengah sampai 3 m dan bentuknya selinder terbuat dari kayu serta ujung permukaan nya ini ditutupi dengan Kulit Rusa.


Mirip seperti sebuah gendang karena di bagian Sisinya diikat dengan rotan agar kencang dan dan diberi sebuah pasak agar lebih kuat untuk bisa menghasilkan bunyi yang nyaring.



3. Gendang Tatau


Gendang atau atau disebut dengan kendang tunggal ini adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Tengah yang mana mempunyai ukuran lebih besar dan panjang bisa mencapai 1 hingga 2 meter.


Untuk diameternya mencapai kurang lebih sekitar 40 cm dan pada bagian ujungnya dipasang sebuah membran yang terbuat dari kulit rusa ataupun kulit sapi dan bisa juga terbuat dari kulit ular sawa.


Dendang tataw ini pada bagian pangkalnya sengaja dibiarkan terbuka gunanya untuk menguatkan suara ketika membran ditabuh. Gendang tatau biasa digunakan sebagai alat musik pengiring pada upacara-upacara adat baik itu upacara kematian upacara penyambutan tamu dan kesenian lainnya.



4. Garantung atau Gong


Garantung adalah sebutan Gong kecil yang ada di daerah Kalimantan Tengah. Bunyi yang dihasilkan oleh garantung ini berbeda dengan bunyi yang dihasilkan oleh Gong yang ada di di daerah Jawa. Bunyi garantung ini lebih pendek dibandingkan dengan bunyi gamelan yang ada di daerah Jawa.



5. Kangkanung atau kenong

Kangkanung adalah sebuah Gong kecil yang berjumlah 5 biji terbuat dari bahan tembaga. Kangkanung adalah sebutan bagi warga Kalimantan Tengah Sedangkan untuk orang jawa kangkanung ini disebut juga dengan Kenong.

Kangkanung adalah alat musik yang berukuran 20 cm dengan tonjol bagian atas sekitar 3 sampai 5 cm. Adapun untuk nada kangkanung ini yaitu A B C D E dan G dengan klasifikasi nada pentatonik.


Kangkanung ini cara memainkannya yaitu dipukul menggunakan alat pukul khusus atau stik dari bahan kayu yang kuat. Alat pukul kangkanong ini dilapisi dengan kain agar nantinya bisa menghasilkan nada yang indah ketika dipukul pada tonjolan kangkanung.


Akhir Kata 

Nah itulah tadi beberapa alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Tengah, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.


Sebenarnya banyak lagi jenis alat musik airnya namun pada kesempatan ini cukup beberapa alat musik yang dapat saya Uraikan Semoga bisa menambah pengetahuan bagi generasi bangsa dan jangan lupa baca juga artikel yang lainnya.