Widget HTML Atas

6 Jenis Alat Musik Tradisonal Kalimantan Timur

Kumpulan Alat Musik Tradisonal Provinsi Kalimantan Timur - Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dimana provinsi ini terletak pada bagian ujung timur berbatasan dengan Malaysia. Provinsi Kalimantan timur berbatasan dengan provinsi lainnya diantaranya ada Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, sulawesi dan juga dengan perbatasan di Malaysia. Selain mempunyai adat budaya dan juga rumah adatnya Provinsi Kalimantan Timur juga mempunyai alat musik tradisional.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang alat musik tradisional dari provinsi Kalimantan Timur. Tentu diantara teman-teman ada yang sudah mengetahui alat musik tradisional khas dari Provinsi Kalimantan Timur, namun buat teman-teman yang belum tahu dan ingin menambah pengetahuan, maka tak ada salahnya jika membaca artikel pada judul kali ini.

Kalimantan Timur adalah provinsi yang sudah berkembang pesat termasuk dari dunia ekonominya atau bisnis dan juga kehidupan sehari-hari karena di Provinsi Kalimantan Timur terdapat salah satu universitas yang tertua dan juga besar yaitu Universitas Mulawarman atau Unmul.


Alat Musik Tradisonal Kalimantan Timur

Alat Musik Tradisonal Kalimantan Timur

Saya sendiri Terpukau ketika berkunjung ke Unmul dimana kampus yang besar dan juga banyak mahasiswanya terutama para aktivis yang juga terhimpun dalam BEM SI. Baik di sini saya akan menguraikan alat musik tradisional apa saja dari Provinsi Kalimantan Timur ini untuk itu Mari kita simak pembahasannya berikut ini.


Berikut adalah Alat Musik Tradisional dari provinsi Kalimantan Timur :


 1. Gambus

Gambus adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah dan alat musik ini masuk ke nusantara dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Timur Tengah kemudian para saudagar ini berlayar ke pulau pulau yang ada di Indonesia termasuk di antaranya Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Maka tak heran lambat laun berbaurlah kebudayaan pendatang ini menjadi Budaya tradisional yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Maka tak heran ada sebagian masyarakatnya dari suku setempat menjadikan alat musik gambus ini sebagai alat musik tradisional dan hal ini juga berlaku di provinsi yang ada di sekitarnya di antaranya Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Selatan.


2. Alat musik Sampek

Alat musik Sampek adalah alat musik jenis batik yang khas dengan tradisi budaya suku Dayak di mana alat musik ini memiliki 3 buah senar dan pada bagian Puncak diberi sebuah Hiasan berupa ornamen kepala burung enggang. Karena burung ini bisa kenalkan oleh masyarakat suku Dayak Kenyah.

Dalam tradisinya sampek ini dimainkan dalam sebuah upacara adat dan juga untuk mengiringi sebuah pertunjukan seni tradisional misalnya Sebuah tari hudoq yang di pertunjukan pada musim tanam padi upacara bersih desa dan merayakan musim panen.

Dalam perayaan atau sebuah pertunjukan seni tradisional nya alat musik Sampek ini biasa dimainkan bersamaan dengan beberapa gong.


3. Sluding atau klentangan

Sluding atau klentangan merupakan salah satu jenis alat musik yang berasal dari Jawa namun alat musik ini berkembang juga di daerah Kalimantan Timur. Alat musik ini ini dimainkan dengan cara dipukul dan memiliki 6 buah Gong kecil atau pencon serta pada bagian utama yang bisa menghasilkan bunyi yang cukup nyaring.

Klentangan yaitu Gong Gong kecil yang disusun secara rapi dan mempunyai sebuah nada yang berbeda-beda sesuai dengan urutan pada bagian ujung kanan dan kiri biasanya dihiasi dengan ornamen kepala burung enggang.

Pada awal mula alat musik kelentangan ini terbuat dari bahan kayu yang bergelombang, namun seiring berkembangnya zaman apalagi bahan kayu tersebut sudah sulit untuk ditemukan di hutan sehingga bahan utamanya diganti menggunakan logam Kuningan atau sejenisnya.


4. Alat musik ketipung

Alat musik ketipung adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Timur di mana alat musik ini adalah sejenis gendang kecil berkepala tunggal yang terbuat dari kayu dan kulit binatang kertas berbahan rotan.

Alat musik ini biasa dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lainnya seperti biola rebana gambus dan juga sebuah ansambel musik tingkilan.


5. LuTong

Potong adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Timur di mana alat musik ini cara memainkannya yaitu dengan dipetik karena sejenis sitar yang masuk dalam kategori instrumen idiokordofon. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu ada dan juga ada menggunakan bahan bambu dengan dilengkapi 4 hingga 6 buah dawai.


6. Jatung adau

Jatung adau adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang ada dari suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur di mana alat musik ini berbentuk seperti gendang dengan ukuran garis 45 cm untuk bagian tengah dan panjang bisa mencapai 250 cm serta lebar bagian ekor sekitar 25 cm.

Bagi masyarakat suku Dayak Kenyah alat musik ini disebut dengan "tuwong" dan untuk suku Dayak kebahan menyebut dengan tepung Sedangkan "tuwung" suku Dayak Tunjung menyebut alat musik ini dengan "prahil".

Sesuai dengan namanya alat musik ini terbuat dari bahan kayu adau yang kuat dan tidak mudah pecah karena membran nya terbuat dari kulit lembu hutan dan juga bisa kulit kijang serta untuk bagian Sisi diikat menggunakan sebuah rotan. Pengikat alat musik ini disebut dengan serapah.

Biasanya alat musik Ini digunakan sebagai pengiring berbagai seni pertunjukan yaitu seni tari belian hudoq dan juga Jimamnugroho.

Alat musik ini biasa digunakan oleh suku Dayak Kenya sebagai sarana komunikasi seperti sebagai penanda kematian seseorang tanda ketika terjadinya sebuah bencana dan juga sebagai penanda jika ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Nah itulah beberapa jenis alat musik tradisional yang berkembang di Provinsi Kalimantan Timur dan juga Ada berapa jenis alat musik tradisional yang asli dari suku Dayak setempat dan juga ada jenis alat musik yang berasal dari budaya luar seperti Timur Tengah.

Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua selaku pembaca dan apabila ada saran ataupun hal lain bisa kirimkan ke alamat email yang sudah kami sediakan pada menu navigasi di bawah ini.

Mungkin hanya ini yang dapat kami sajikan Semoga teman-teman semua mendapat keberkahan dan juga wawasan sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya terima kasih.