Widget HTML Atas

20 Contoh Tari Kreasi Modern di Daerah Indonesia

Contoh Tari Kreasi Modern di Daerah Indonesia - Seiring berkembangnya jaman dunia seni terutama seni tari terus mengalami perbuahan ke arah yang lebih modern. Menyesuaikan dengan kehidupan yang semakin maju pola pikir manusia semakin berkembang dunia seni tari terus mengalami peningkatan dalam mengembangkan tarian yang ada di daerah Indonesia.


Contoh Tari Kreasi Modern di Daerah Indonesia

Contoh Tari Kreasi Modern di Daerah Indonesia

Ada banyak jenis tari kreasi yang muncul dan menjadi kebangaan di setiap daerahnya. Apalagi di Indonesia ini banyak sekali pulau dan ragam suku budayanya. Maka tak heran tari kreasi semakin menjamur di hela perkembangan jaman ini. 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang tari kreasi. dari katanya saja sudah mengandung kreasi, yang berarti tarian tradisional yang sudah di padukan dengan gerakan baru. Jadi, secara adatnya, tari kreasi ini masih menggunakan gerak tari tradisional namun pada bagian gerak lainnya ada gerak tari yang di kreasikan menjadi jenis tarian baru atau modern. Berikut akan saya rangkum beberapa jenis tari kreasi yang ada di daerah Indonesia dibawah ini.


Tari Kreasi Modern di Daerah Indonesia


1. Tari Nguri dari Sumbawa

Tari Nguri adalah sebuah tari kreasi modern yang berasal dari NTB sumbawa. Tari Nguri memiliki sebuah makna dimana tari yang menggambarkan betapa keterbukaan dan keramahan masyarakat sumbawa. Tari Nguri biasa dipertunjukkan oleh para wanita dengan cara berkelompok.

Jika dilihat lagi ke arah belakang di masa kerajaan, tari Nguri ini adalah sebuah persembahan para rakyat kepada san raja. Dimana pada jaman dulu raja sedang menghadapi sebuah kondisi yang sulit, jadi untuk menghibur dan memberikan semangat kepada sang raja maka di persembahkanlah sebuah tarian tradisional ini. 

Namun tari Nguri sudah menjadi tari kreasi karena banyaknya kreasi tari yang mengambil dasar dari tari Nguri. Rasa solidaritas yang tinggi antara rakyat kepada rajanya, karena raja sumbawa terus berusaha memberikan kemakmuran dan kesejahteraan kepada rakyatnya, maka apabila sang raja sedang mengalami kesulitan dalam persoalan yang menyangkut kesejahteraan rakyat dimana para rakyatnya ikut serta memberikan semangat kepada rajanya.

Nilai yang terkadung dalam tari Nguri ini ada beberapa hal, di antaranya Nilai Kesopanan, kelembutan, Keramahan dan Peran masyarakat kepada pemimpinnya.


2. Tari kuntulan

Tari Kuntulan adalah sebuah tari tradisional yang sudah menjelma menjadi tari kreasi modern yang berasal dari Banyuwangi. Dimana perkembangan dunia seni tari terus mengalami revolusi agar tetap menarik untuk di tonton. Apalagi di banyuwangi ini ada kesenian yang lainnya seperti Seni hadrah dan Tari Gandrung.

Filosofi lahirnya nama Tari Kuntulan ini adalah didasari pada sekelompok penari yang mengenakan kaos kaki dan kaos tangan berwarna putih dan untuk penabuh alat musik tariannya mengenekan baju putih dengan memakai peci hitam, hal inilah yang menjadi dasar kenapa dinamakan dengan tari kuntul. Jadi dari pakaian ini kata orang-orang mirip burung kuntulan yang ada di sawah.

Adapun untuk makna baju sang penari yang berwarna putih itu melambangkan kesucian. Untuk gerakan kepalanya menggambarkan orang yang sedang berzikir. 

3. Tari Merak dari Jawa Barat
4. Tari Rara Ngigel dari Yogyakarta
5. Tari Kupu-kupu dari Bali
6. Tari Manipuren dari Jawa Tengah
7. Tari Yapong dari Jakarta
8. Tari Manuk Rawa dari Bali
9. Tari Garuda Nusantara
10. Tari Banjar Kemuning dari Jawa Timur
11. Tari Ngigel
12. Tari Kupu-Kupu
13. Tari Ongkek Manis
14. Tari Roro Wilis
15. Tari Kuntulan
16. Tari Legong
17. Tari Gambir Anom
18. Tari Baris
19. Tari Golek Menak
20. Tari Trunajaya

Akhir Kata

Nah itulah beberapa daftar tari Kreasi Modern yang dapat saya sajikan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi teman semua. Cukup sekian yang dapat saya sajikan sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.