Widget HTML Atas

Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya

Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya - Salah satu adab seorang yang beriman kepada Allah SWT tentu meminta pertolongan kepadaNya salah satunya ketika kita hendak memulai aktivitas belajar mengajar baik di sekolah atau dirumah. Rasulullah dan para sahabat sudah memberikan sebuah doa yang baik untuk kita selaku generasi umat Rasulullah SAW agar bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu doa Sebelum menuntut ilmu. Dengan berdoa sebelum belajar kita berharap bisa mendapatkan keberkahan dan kemudahan dari apa yang kita lakukan salah satunya dimudahkan dalam memahami dan mengamalkan ilmu yang kita dapatkan tersebut.

Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya


Sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al Mujaadilah ayat 11 yang artinya : "Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang di beri ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan".

Apalagi menuntut ilmu ini sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim dari usia kecil (anak-anak) sampai dengan orang Tua. Jadi, kewajiban untuk terus belajar itu tidak ada habis-habisnya selama kita hidup di dunia. Apalagi ilmu yang bermanfaat ini sangat bagus dan bisa menolong kita di hari akhirat kelak. Sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW bersabda yang di riwayatkan oleh Muslim, yang artinya :

"Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu Sedekah Jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang Sholeh". (HR : Muslim).

Jadi, perlu sahabat ketahui bahwa ilmu yang kita amalkan di dunia ini akan menjadi amalan jariyah yang tidak pernah putus walaupun kita sudah meninggal dunia puluhan bahkan ratusan tahun. Karena amal yang kita bagikan kepada orang lain ini terus di sebarluaskan dan di amalkan mereka di setiap harinya sampai ke generasi selanjutnya.

Rasulullah SAW juga sudah bersabda yang artinya : " Barangsiapa yang menghendaki hidup di Dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan bagi siapa yang menghendaki kehidupan akhirat maka wajib baginya memiliki ilmu dan barang siapa yang mengehndaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu".

Berikut adalah Doa sebelum belajar 


Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Artinya

Akhir Kata

Nah, itulah Doa sebelum belajar yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi sahabat semua. Cukup sekian yang dapat saya sajikan, sampai jumpa di ulasan Doa yang lainnya.
.....KLIK 1X (CLOSE).....