Widget HTML Atas

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap dengan Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap dengan Artinya - Sebagaimana ajaran Rasulullah SAW bagi umatnya yaitu salah satunya sebelum memakan hidangan baik itu makan Nasi atau makan kue dan lainnya kita dianjurkan untuk berdoa sebelum menyantap makanan tersebut agar nanti kita bisa mendapatkan keberkahan dari makanan yang kita makan.

Rasulullah sudah mengajarkan umatnya doa sebelum makan dan sesudah makan. Biasanya kita mengucap doa lloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar yang berarti “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap dengan Artinya

Adab sebelum makan sangat penting untuk kita perhatikan. Sebagai seorang hamba yang selalu berusaha bersyukur dan menerima pemberian rizki dari Allah SWT tentu kita harus menghargai dan memperhatikan adab sebelum makan dan sesudah makan.

Dengan adab yang baik maka makanan yang kita konsumsi tersebut akan membawa keberkahan dan memberikan efek kenyang dan kesehatan bagi tubuh kita. Biasanya kita meremehkan hal ini dan melupakan doa langsung main makan saja, padahl hal ini tidak bagus untuk kita biasakan apalagi mengingat kita adalah orang yang beriman kepada Allah SWT.

Adab Ketika Makan

  1. Mencuci kedua tangan dengan bersih
  2. Makan di tempat yang bersih
  3. Membaca Bismillah
  4. Membaca doa sebelum makan
  5. Makan dengan posisi yang Sopan
  6. Membaca dia setelah selesai makan
  7. Berikut adalah Doa Sebelum Makan
Doa Sebelum Makan

Doa Sebelum Makan

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Berikut adalah Doa Sesudah Makan

Doa Sesudah Makan

Doa Sesudah Makan

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin“

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”.

Akhir Kata

Nah, itulah doa sebelum dan sesudah makan yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman semua. Salah hilaf mohon maaf sampai jumpa lagi di pembahasan artikel yang lainnya.
.....KLIK 1X (CLOSE).....