Widget HTML Atas

Memilih Gaya Syari Masa Kini

Memilih Gaya Syari Masa Kini -Setiap kali teringat dengan keinginan saya untuk mengenakan hijab dan pakaian syar’i, setiap kali itu pula saya merasa malu. Terbayang tentang kapan saya akan benar-benar menutup aurat. Ya, meski sebenarnya cara berpakaian saya masih terbilang sopan dan tak terlalu vulgar, namun tetap saja, saya merasa seharusnya saya sudah berhijab. Bahkan jika perlu, berhijab secara syar’i.


Memilih Gaya Syari Masa Kini

Memilih Gaya Syari Masa Kini

Namun, jangankan berhijab syari yang dengan ikhlas selalu mengenakan dress atau rok berwarna polos besar yang menjulur dari ujung atas pundak sampai ke ujung kaki paling bawah, atau yang minimal panjangnya melewati mata kaki. Untuk sekedar berlatih menutupi kepala dengan hijab segi empat pun saya belum siap juga. Itulah mengapa saya belum juga berani merubah penampilan saya 180 derajat dengan mengenakan kerudung-kerudung syar’i yang ukurannya begitu besar menjulur ke bagian perut, atau pinggang. Malahan, ada yang lebih panjang lagi, yaitu menjulur hingga ke paha.

Makanya, agar saya tidak merasa berada di dunia lain usai berhijrah, saya pun langsung mencoba mencari tahu, seperti apa sebenarnya perintah berhijab syar’i itu. Apakah benar-benar harus seperti ketika menggunakan mukena, ataukah bisa dengan pilihan gaya yang lainnya.

Hasil telisik ayat-ayat di dalam Al-Quran, saya pun menemukan bahwa wanita diperintahkan untuk memakai khimar/kerudung yang menutupi dada, dan mengenakan pakaian/jilbab ke seluruh tubuh. Sedangkan tambahan dari hadis Nabi menyebutkan bahwa aurat wanita adalah meliputi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Pakaian yang dikenakan juga harus longgar dan melebihi mata kaki.

Saya pun kemudian mencoba mencari gaya hijab yang bisa memenuhi setiap perintah yang disebutkan dalam alquran dan hadis tersebut, hingga akhirnya saya menyadari, artis yang baru-baru ini mengenakan hijab, yaitu Citra Kirana bisa menjadi acuan berhijab syari saya. Ya, meski gaya hijab Citra Kirana tidak seluruhnya syar’i, namun beberapa gaya hijabnya ada yang terbilang syar’i dan keren, cocok untuk saya berlatih memulai berhijab. 

Saya yang semula meniru beberapa gaya pakaian Citra Kirana, akhirnya jadi ikut setia menggunakan pewangi pakaian royale hijab yang dibintanginya, karena keharumannya memang benar-benar mempesona.