Adsense Right Sidebar

Tari Janger : Sejarah, Gerak, Kostum dan Daerahnya

 Tari Janger : Sejarah, Gerak, Kostum dan Daerahnya - Tari Janger adalah salah satu jenis tari yang populer di Bali termasuk di Indonesia. Tari Janger ini diciptakan pada tahun 1930-an. Tari Janger ini adalah tari pergaulan bagi muda mudi yang ada di Bali. Tari ini biasanya dibawakan oleh 10 orang penari yang berpasangan. Jadi tari Janger (kelompok ) putri dan untuk putra disebut dengan (kecak)

Sejarah Tari Janger

Tari janger Bali

Biasanya para penari sambil menari dan bernyanyi sebuah lagu Janger secara bersahut-sahutan dengan mengikuti sebuah irama teriakan satu sama lain dan menjadikan tarian khas bali ini yang harmonis. Gerakan tari Janger ini cukup sederhana namun ceria dan bersemangat. Musik yang menjadi latar belakang tari ini adalah Gamelan Batel atau Tetamburan dan gender wayang.

Gerak Tari Janger

Tari Janger ini adalah tari kreasi, tari ini diadaptasikan dari aktivitas petani yang ada di bali, yaitu untuk menghibur mereka dari lelahnya bekerja. Tari Janger dalam tari Bali maka masuk dalam kategori Tari Balih-balihan yang memeriahkan upacara maupun untuk hiburan rakyat.

Pada perkembangannya, tari Janger ini juga dapat dibawakan oleh orang Dewasa. Biasanya anggota wanita dewasa yang berperan sebagai Janger maupun kecal. Biasanya tari janger juga di bawakan dalam bentuk drama yang disebut dengan Janger Berkisah, yang dimainkan oleh Arjuna Wiwaha, Sunda Upasunda dan lainnya.

Busana Tari Janger

Busana tari janger ini biasanya seperti Badong, Gelungan Janger, Gelang Kanan, Sabuk, Kain, Oncer, dan Ompak-ompak. Ada juga perlengkapan lainnya seperti yang dikenakan tari kecak diantaranya Sabuk, Udeng, Gelang kana, badong dll.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan dari tari janger, semoga ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat semua. Sekian yang dapat saya sajikan, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel