Adsense Right Sidebar

Tari Serimpi : Sejarah, Gerak, Kostum, Keunikan dan Daerahnya

Tari Serimpi : Sejarah, Gerak, Kostum, Keunikan dan Daerahnya - Tari Serimpi atau bisa disebut dengan Srimpi adalah sebuah bentuk repertor (penyajian) dari tari Jawa Klasik yang ada di Keraton Kesultanan Mataram. Tari ini juga sebagai warisan budaya yang ada di Jawa Tengah (Surakarta) dan Yogyakarta. 

Asal Daerah Tari Serimpi

Tari Serimpi : Sejarah, Gerak, Kostum, Keunikan dan Daerahnya

Tari serimpi ini memiliki empat penari, dengan menarikannya secara lemah gemulai. Gerakan tari serimpi yang lemah gemulai menggambarkan sifat kehalusan budi, kesopanan dan kelembutan yang mana di tunjukkan dari gerakannya yang pelan nan anggun. Penari tari Serimpi ini di iringi dengan sebuah alat musik yang disebut dengan gamelan. Tari ini juga dianggap ada kemiripan dengan posisi sosial dengan tari yang ada di Makasar yaitu tari Pakarena.

Sejarah Tari Serimpi

Tari Serimpi ini dari jaman dulu sudah menjadi tari yang memiliki kedudukan istimewa di keraton Yogyakarta, maka tak heran kalau tari ini tidak bisa disamakan dengan pentas seni tari yang lainnya. Karena tari Serimpi ini mempunyai tingkat kesakralan yang sama halnya dengan benda pusaka apalagi melambangkan kekuasaan sang raja. Pada masa perkembangan agama Hindu tari serimpi ini tidak sesakral tari Bedhaya.

Keunikan Tari Serimpi

Tari Serimpi ini tidak harus memerlukan sebuah sesajen seperti tari Bdehaya, karena untuk sesajen pada tari Serimpi ini hanya diadakan pada waktu tertentu saja. Paduan alat musik pengiring tari serimpi ini mengutamakan paduan suara gabungan yakni sebuah lagu tembang-tembang Jawa.

Tari serimpi dipentaskan juga tidak terlalu lama seperti jaman dulu kala yang bisa memakan waktu durasi sekitar 60 menit, untuk saat ini hanya memakan waktu sekitar 11 - 15 menit saja. Adapun untuk contoh tari serimpi yang biasa di tampilkan yaitu Serimpi Gondokusumo dan Serimpi Anglirmendhung.

Pakaian Tari Serimpi

Pakaian penari serimpi duu mengenakan sebuah kostum seperti busana pengantin putri keraton dengan dodotan dan gelung bokor namun untuk saat ini sudah beralih menjadi pakaian tanpa lengan, serta sebuah gelung rambut dengan hiasan bunga cepok dan hiasan kepala berupa sebuah bulu burung kasuari.


Baca Juga : Tari Merak : Sejarah, Gerak, Kostum, Keunikan dan Asal Daerahnya


Akhir Kata

Itulah ulasan singkat tentang tari Serimpi. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi sobat semua yang membacanya. Sebenarnya tari yang ada di daerah Jawa Tengah ini sangat beragam. Jadi pada kesempatan selanjutnya saya akan mencoba untuk membahasnya kembali di Mediasiana. Untuk itu janganlupa kunjungi terus blog mediasiana ini ya guys.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....