10 Hosting Murah Terbaik dan Unlimited di Indonesia Tahun 2021

Hosting Murah, terbaik dan Unlimited di Indonesia Tahun ini - Ingin membuat website? Sebelum masuk proses pembuatan website, bagaimana bila berkenalan dengan hosting. Penting sekali mengetahui hal tersebut, karena keduanya saling berhubungan. Ibaratnya membuat website itu seperti akan membangun sebuah rumah. Tentu terlebih dahulu harus mencari lahan yang tepat, menentukan alamat dan lain sebagainya.

Hosting Murah, Terbaik dan Unlimited di Indonesia

Hosting Murah Terbaik dan Unlimited di Indonesia

Nah, hosting inilah yang dimaksud dengan lahan tersebut. Hosting ini juga yang digunakan untuk menyimpan semua data mulai dari tulisan, video, foto dan apapun yang ada di dalam website yang telah dibuat. Untuk memahami lebih jauh mengenai hosting, jangan lupa untuk membaca artikel ini hingga habis, ya!

Berkenalan dengan Hosting Murah dan Domain

Hosting murah sering kali jadi pembicaraan bagi yang memiliki atau yang akan membuat sebuah website. Namun, diantara mereka ada yang belum paham tentang apa itu hosting dan bagaimana hosting yang murah itu. Seperti yang telah dikemukakan di atas, hosting adalah tempat untuk menaruh segala macam data yang ada di website. Jadi, ketika websitetersebut dibuka oleh orang lain, data-data tersebut akan langsung ditampilkan.

Oleh sebab itu, penting bagi sebuah websiteuntuk mempunyai hosting. Tanpa adanya hosting, data dalam website akan sulit untuk di akses. Sama halnya dengan ketika seseorang diberi alamat rumah, tapi ketika dicari tidak ada karena memang lahannya belum ada. Seperti itu lag gambaran pentingnya hosting.

Lalu apa hubungannya dengan domain?. Antara hosting dan domain memang berkaitan. Berbicara soal hosting murah, tidak bisa lepas dari adanya domain. Domain sendiri adalah nama websiteyang dibuat. Dengan mengetikkan sebuah nama domain, maka akses sebuah website akan terbuka. Contoh nama domain adalah www.apalahituxxyxzz.com, www.wordaxydaiakh.com dan lain sebagainya.

10 Hosting Murah dan Unlimited di Indonesia

Setelah memahami apa itu hosting, yang harus diketahui selanjutnya adalah tentang dimana bisa mendapatkan hosting tersebut agar website yang dibuat dapat diakses dan menyimpan berbagai data. Pentingnya sebuah hosting membuat banyak pemilik website mencari hosting  harga murah untuk mendukung performa website. Meskipun ada banyak penyedia hosting baik itu di Indonesia atau mancanegara, tapi tidak banyak yang murah.

Harga sebuah hosting tentunya beragam. Ada yang murah dan ada yang mahal. Sebagai pemilik website pemula, hosting murah bisa jadi pilihan untuk menghemat ongkos. Di bawah ini akan direkomendasikan beberapa tempat yang menyediakan hosting dengan harga yang terjangkau. Simak dan catat dengan baik, ya!;

1. Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu layanan hostingdi Indonesia yang menawarkan harga sangat terjangkau mulai dari Rp. 14.900/ bulan untuk sebuah paket bayi. Akan tetapi, paket ini hanya dibatasi untuk ruang dengan space 500 MB dan sudah unlimited. Jika ingin mendapatkan paket lebih besar dan unlimited bisa memilih paket personal dengan harga Rp. 29.450/bulan.

Paket personal hosting murah ini memiliki kelebihan, yaitu mendapatkan domain gratis selamanya, SSL certificate, unlimited selamanya dan privatename server. Dengan kelebihan serba gratis tersebut, harga yang tercantum sudah termasuk harga yang sangat terjangkau. Selain itu Niagahoster juga memberi garansi uang kembali apabila pemilik website tidak puas dengan layanan mereka.

2. IDCloudhost

Layanan hosting yang murah selanjutnya yang direkomendasikan adalah IDCloudhost yang dibangun di atas server SSD yang berbasis Linux dengan performa yang tinggi. Sesuai dengan namanya, layanan ini telah menggunakan teknologi awan yang terkenal aman dan lebih cepat. Memiliki layanan terbaik, harga yang terjangkau dan murah.

Terdapat banyak paket hosting  murah yang disediakan misalnya Cloudhosting, VPS hosting dan Dedicatedhosting. Layanan hosting ini banyak memberikan promo untuk sebuah paket hosting yang ditawarkan. Serba unlimited dan dapat meningkatkan kinerja website. Dengan harga Rp. 15.000/bulan, sudah bisa menikmati berbagai layanannya yang terbaik. 

3. Hosting Idwebhost

Idwebhost adalah termasuk salah satu web hosting termurah di Indonesia yang banyak digunakan oleh para blogger. Ini dikarenakan paket hosting yang ditawarkan harganya cukup terjangkau dengan fasilitas yang cukup lengkap. Adapun paket hostingnya antara lain paket personal dengan harga langganan Rp. 1000/bulan, untuk web html saja. Paket cute harganya Rp. 18.900/bulan dengan space 2 GB.

Paket hosting murah lainnya adalah awesome dengan harga Rp. 34.900/bulan dan merupakan paket paling popular di layanan hosting satu ini. Paket fantasticdengan harga Rp. 85.900/bulan serta paket corporate dengan harga Rp. 299.900/bulan bagi yang memiliki website dengan visitor tinggi.  Paket hosting di Idwebhost berisi fasilitas SSL gratis serta gratis domain apabila langsung order selama 1 tahun dan garansi 1 bulan.

4. Jetorbit

Sebagai layanan hosting yang murah di Indonesia Jetorbit memiliki 2 jenis paket yang bisa dijadikan pilihan yaitu paket personal dan palet bisnis. Paket personal harganya lebih murah mulai dari Rp. 12.650/bulan untuk harga langsung 3 tahun. Meskipun bukan paket besar, paket ini juga bisa untuk kebutuhan bisnis skala kecil dengan traffic kecil dan tidak butuh storage yang besar.

Jetorbit sebagai layanan hosting murah terbaik memiliki kelebihan layanan support yang baik dengan responseticket yang super cepat, rata-rata uptimenya cukup stabil, gratis migrasi hosting serta memudahkan kegiatan backup dan restore dengan mudah karena telah menggunakan Jetbackup. Sedangkan kekurangannya untuk mendapatkan paket harga murah harus langsung berlangganan selama 3 tahun.

5. DomaiNesia

Domainesia adalah web hosting terbaik yang memiliki teknologi terbaru hardware SSD yang super cepat dan stabil. Satu lagi, layanan ini juga telah berbasis teknologi awan atau cloud. Menawarkan hostingunlimited serta cloudflare yang akan menjadikan situs dimuat lebih cepat dan aktif. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran hosting yaitu mulai Rp. 8.000/bulan. Adapun paket yang ditawarkan adalah paket Extra dengan harga Rp. 16.000 dan paket super dengan harga Rp. 32.000/bulan.

6. Hostinger

Berbasis di Lithuania, penyedia hosting murah paling popular ini juga dapat dinikmati di Indonesia. Macam-macam layanan hosting yang disediakan adalah sharedhosting, Wordpresshosting, Cloudhosting dan VPS hosting. Untuk pemula yang baru ingin memiliki hosting, paket yang sebaiknya digunakan dari layanan ini adalah paket sharedhosting dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 23.000/bulan. 

Apabila websiteyang dimiliki sudah berkembang bisa memilih paket cloudhosting dengan harga Rp. 80.000/bulan. Keuntungan memakai paket ini adalah performa websiteakan lebih cepat dan masih banyak keuntungan lain yang dapat dinikmati ketika menggunakan hosting yang murah dari Hostinger.

7. Ardetamedia

Layanan web hosting murah dan terbaik selanjutnya yang dapat direkomendasikan adalah Ardetamedia yang menawarkan harga sangat murah yaitu Rp. 19.000/bulan. Dengan harga yang terjangkau tersebut selain dapat menikmati ruang yang unlimited,websitepun akan mendapatkan garansi uptime hingga mencapai 99,98% hingga akan selalu online serta layanan lainnya yang ramah dan menguntungkan.

Hosting terjangkau yang ditawarkan oleh Ardetamedia ini  memiliki beberapa paket lain yang lebih baik dan bisa dicoba. Paket tersebut antara lain SSD Cloud VPS yang menawarkan harga berlangganan sebesar Rp. 200.000/bulan. Harga tersebut telah termasuk garansi uang kembali apabila pelayanan yang dirasakan ternyata tidak memuaskan.

8. Dewaweb

Dewaweb menjadi layanan hosting terbaik dan murah di Indonesia yang berfokus pada layanan cloudhosting. Menggunakan hosting murah dari layanan ini dijamin website yang dimiliki akan lebih cepat dan aman saat di akses. Memiliki 4 paket unggulan. Untuk paket berbayar terdiri dari Cloudhosting personal dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 30.000/bulan. Paket lainnya adalah VPS Cloud dab CloudHostingCorporate.

9. ArdHosting

Layanan hosting lain yang dapat dicoba adalah ArdHosting dengan harga mulai dari Rp. 17.000/bulan dan akan mendapatkan domain gratis. Layanan hosting satu ini memiliki pelayanan yang super cepat karena telah ditunjang dengan perangkat teknologi baru. Memberikan garansi uptime 99,5 % akan membuat websiteterus aktif selama hosting masih aktif, 

10. Sahabat Hosting

Sahabat hosting adalah layanan hosting murah lainnya yang dapat dicoba. Dengan harga lumayan terjangkau yaitu Rp. 16.000/ bulan akan mendapatkan fasilitas SSL gratis selamanya, unlimitedbandwidth, 750 MB storage dan unlimiteddatabase. Paket lain yang ditawarkan adalah Advance dengan harga Rp. 32.000/bulan dan akan mendapatkan gratis domain. Ada juga paket Enterprise dengan harga Rp. 120.000 dengan storage yang lebih besar yaitu 12 GB.

Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Hosting Murah dan Terbaik

Ketika memutuskan untuk membuat websitedan ingin memiliki performa tinggi, tidak hanya domain yang harus dibeli. Hosting yang murah dari berbagai layanan hosting juga harus dipertimbangkan. Namun, sebelum memilih layanan manakah yang akan dijadikan partner untuk memiliki hosting terbaik, ada baiknya apabila mengetahui dahulu tentang hal penting berikut ini;

Uptime

Saat membaca profil layanan hosting murah pastinya akan ditemukan beberapa keunggulan diantaranyauptime mencapai sekian persen. Yang belum familiar dengan istilah yang ada di dunia website pastinya bingung dengan istilah ini. Uptime sendiri adalah waktu yang digunakan oleh server untuk online dan membuat websitetetap aktit tanpa suatu halangan.

Layanan hosting dengan uptime tinggi maka bisa jadi indikasi yang baik untuk performa mereka. Sebaliknya, apabila memiliki uptimeyang rendah artinya server layanan tersebut sering downtime dan akan mempengaruhi kecepatan website. Oleh sebab itu, saat memilih layanan hosting pilihlah hosting dengan uptimeyang tinggi meskipun terdapat selisih harga.

Kecepatan

Pertimbangan penting yang tidak kalah penting adalah kecepatan hosting. Apakah hosting murah yang dipilih benar-benar cepat atau tidak. Perlu diketahui bahwa kecepatan sebuah website tergantung dari layanan hosting yang digunakan. Situs atau website yang cepat akan meningkatkan visitor serta meningkatkan pengalaman penggunanya.

Lokasi Server

Lokasi server adalah sesuatu hal yang penting. Terlebih apabila server situs dan pembaca situs saling berjauhan, maka akan sangat mempengaruhi kecepatan situs. Oleh sebab itu, bila menginginkan kecepatan yang maksimal, maka perhatikan lokasi dimana server hosting yang akan digunakan. Jika target pengunjungnya adalah orang Indonesia, maka layanan hosting terbaik adalah server Indonesia.

Reputasi

Pertimbangan juga tentang reputasi hosting murah yang dipilih. Berapa lama layanan hosting tersebut telah berdiri? Apakah mereka telah berpengalaman dan professional di dunia hosting?. Pertimbangkan juga bagaimana pelayanan mereka, utamanya ketika menanggapi berbagai keluhan. Apabila salah satu ada yang tidak memuaskan atau tidak nyaman, sebaiknya mencari alternative yang lain.

Harga

Setiap layanan web hosting pastinya akan memiliki harga paket hosting yang berbeda-beda. Ada yang murah sekali ada pula yang mahal. Namun, jika menemui harga yang tidak wajar pada paket yang ditawarkan sebaiknya waspada dan khawatir mungkin saja mereka memiliki banyak batasan yang membuat tidak nyaman. Atau harga yang mahal sekali, cek apakah fitur dan spacenya sesuai harga atau tidak.

Layanan Pelanggan

Perlu dicek juga apakah layanan hosting murah tersebut menawarkan layanan pelanggan 24/7? Apakah layanan hosting tersebut mempunyai bagian yang dapat dihubungi misalnya email, chat atau telepon. Layanan pelanggan ini sangat penting karena dengan layanan yang aktif akan memudahkan untuk menangani masalah yang sedang dihadapi. Baik itu masalah kecil atau yang besar sekalipun.

Keamanan

Tidak hanya layanan pelanggan saja yang penting, keamanan web hosting juga sama pentingnya. Akan lebih baik apabila mendapatkan layanan hosting yang menjamin tentang keamanan system server yang digunakan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa hosting tersebut telah dilindungi dengan firewall yang kuat, software server uptodate dan antivirus popular. 

Kontrol

Control atas situs atau website pun tidak kalah penting saat memilih hosting murah. Misalnya ketika memilih jenis sharedhosting, mungkin pengguna tidak dapat mengendalikan server secara penuh, tapi layanan hosting dapat memberikan akses yang diperlukan untuk melakukan apa yang dibutuhkan. Control yang paling banyak ditawarkan adalah control panel dengan jenis cPanel yang dikenal terbaik dan popular.

Sumber Daya Tidak Overloading

Saat memasuki dunia hosting terdapat permasalahan klasik yang akan dihadapi yaitu kelebihan beban. Biasanya hal ini dikarenakan terlalu banyak situs yang dijejalkan di server yang sama untuk memaksimalkan keuntungan. Akibatnya situs atau website akan lambat kecepatannya dan tidak tersedia apabila di akses. Penyebabnya tentu karena terdapat situs lain yang memonopoli sumber daya dan bandwidth yang berlebih.

Paket Hosting

Hosting murah dari sebuah layanan hosting biasanya memiliki beberapa paket hosting yang akan ditawarkan kepada pelanggannya. Dengan adanya paket ini akan memudahkan bagi para pemula untuk memilih dari paket yang termurah kemudian paket besar jika butuh. Adanya paket tersebut juga memungkinkan untuk tidak perlu memindah hosting apabila ingin mengupgradenya.

Beberapa paket penting yang umumnya disediakan adalah sharedhosting, VPS hosting, dedicatedhosting dan juga cloudhosting. Harga paket hosting dari satu layanan hosting dengan layanan yang lain biasanya tidak sama. Tinggal membandingkan manakah harga paket yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan situs yang digunakan. Paket mahal juga belum tentu dapat memberikan yang terbaik.

Paket Hosting dan pelayanan web hosting adalah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jika ingin mencari hosting murah, tentunya harus mengetahui seluk beluk dan trackrecord web hosting yang direkomendasikan. Banyaknya web hosting yang ada setidaknya dapat memberikan banyak pilihan sebelum memutuskan manakah yang terbaik.

Ternyata banyak sekali terkait hosting yang harus diketahui. Setelah memahami apa perbedaan hosting dan domain, memilih hosting harga murah dan terbaik sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Memang tidak boleh sembarangan, karena pemilihan hosting yang tepat dapat meningkatkan kecepatan websitesehingga nantinya akan semakin banyak visitor yang datang.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang hosting murah terbaik beserta pilihan web hostingnya. Semoga dengan adanya beberapa rekomendasi web hosting terbaik di atas dapat memberikan pandangan serta wawasan namakah web hosting yang akan digunakan untuk dijadikan partner dalam meningkatkan performa website. Tertarik ingin mencoba yang mana?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close