100 Pantun Pramuka : Seru, Lucu, Memotivasi dan Menghibur

Pantun Pramuka : Seru, Lucu, Memotivasi dan Menghibur - Hallo sobatsiana, di kesempatan malam ini saya akan berbagi sebuah bait pantun Pramuka yang sangat lucu dan menghibur. Buat sobat yang suka sekali dengan kegiatan Pramuka dan saat ini rindu ingin berkegiatan seperti di hari yang normal maka kalian tidak sendirian, karena saya juga merindukan hal tersebut.

Pantun Pramuka : Seru, Lucu, Memotivasi dan Menghibur

Pantun Pramuka : Seru, Lucu, Memotivasi dan Menghibur

Jika pandemi corona ini cepat berlalu maka di awal Tahun 2021 kita akan bisa kembali melakukan kegiatan Pramuka seperti biasanya. Latihan pramuka di alam terbuka, berkemah dan berkegiatan dengan rasa nyaman tanpa was-was dikarenakan COVID-19. 

Kemaren saya juga sempat mengikuti sebuah agenda acara Jambore Cabang di salah satu Kwarcab yang ada di Kalimantan, berhubung saat ini masih dalam masa pandemi COVID maka kegiatannya tidak bisa berjalan lama seperti di tahun biasanya, karena selain menjaga jarak maka juga di anjurkan untuk tidak bersosial dengan orang luar yang keluar masuk sehingga hal ini serasa menjadi pembatas untuk kegiatan tersebut, tentu hal ini tidak meng enakan.

Pantun Pramuka Lucu

Nah, itu hanya sebagai kata - kata pengantar saja, semoga Pandemi di awal tahun 2021 sudah tiada dan kita semua dapat melakukan latihan Pramuka dengan kondisi seperti biasanya. Tanpa banyak basa basi lagi mari kita simak ulasan pantun tentang Pramuka berikut ini !


Ke sekolah naik sepeda

Di sekolah mencari teman

Mari bersama ikut pramuka

Membangun jiwa rekatkan kawan


Jalan-jalan naik kuda

Naik kuda bersama papa

Anak sekolah anak pramuka

Membentuk jiwa bersama-sama


Hari Minggu ke toko bunga

Beli bunga untuk mama

Ayo bersama ikut pramuka

Berkarya untuk bangsa


Bersekolah di hari selasa

Pelajarannya matematika

Ayo semangat ikut pramuka

Untuk berkarya pada bangsa


Pergi ke pasar bersama mama

Di pasar membeli ikan

Jangan ngaku anak pramuka

Kalau tak peduli orang lain


Hari Minggu membantu mama

Membersihkan debu di jendela

Ayo bersemangat masuk pramuka

Membela bangsa bersama-sama


Olahraga bersama papa

Bersama papa naik sepeda

Jangan ragu masuk pramuka

Jiwa tangguh ditempa di sana


Jalan-jalan ke Surabaya

Ke Surabaya naik pesawat

Mari bersama masuk pramuka

Agar masa muda jadi manfaat


Buah mangga buah semangka

Sungguh manis itu rasanya

Mari bersama ikut pramuka

Belajar mandiri bersama pembina


Berangkat sekolah naik sepeda

Di sekolah belajar matematika

Mari bersama ikut pramuka

Belajar mandiri bersama-sama


Ke sekolah naik sepeda

Datangnya pasti terlambat

Di sekolah ada pramuka

Untuk anak muda yang bersemangat


Sore hari melihat senja

Ditemani kopi hangat

Jangan coba jadi pramuka

Kalau tak ada rasa semangat


Bersama keluarga naik pesawat

Naik pesawat ke Surabaya

Anak muda yang ingin hebat

Sudah jelas ikut pramuka


Jalan-jalan naik kuda

Naik kuda keliling kota

Di sekolah ada pramuka

Tugasnya menempa jiwa


Sore hari makan semangka

Semangka manis rasanya

Jika kau ingin dewasa

Belajarlah di pramuka


Ada tugas matematika

Dikerjakan ditengah malam

Anak sehat anak pramuka

Tugasnya menjaga alam


Ada tugas bahasa Indonesia

Dikerjakan ditengah malam

Anak sehat anak pramuka

Suka sekali jelajah alam


Jalan-jalan ke toko bunga

Membeli seikat bunga mawar

Di sekolah ada pramuka

Untuk murid yang mau belajar


Olahraga naik sepeda

Bersepeda keliling kota

Aku bangga ikut pramuka

Di sana jiwaku ditempa


Baca Juga : 100 Pantun Motivasi Semangat Kerja


Ada Sumatera

Ada Papua

Pramuka pramuka

Praja muda karana


Ada barang ada rupa

Ada kualitas ada harga

Jiwa muda yang berkarya

Ditempa dari pramuka


Di sungai ada buaya

Sedang makan seekor angsa

Di sekolah ada pramuka

Untuk murid yang ingin berkarya


Di laut kapal berlayar

Berlayar menerjang lautan

Di pramuka tak hanya belajar

Di sana kita berteman


Di sungai ada angsa

Angsa putih ada dua

Kami ini anak pramuka

Anak-anak penerus bangsa


Bangsa ini Indonesia

Bhineka tunggal ika semboyannya

Kami ini anak pramuka

Anak-anak pembela bangsa


Jalan jalan ke hutan bertemu musang

Pergi bersama dengan lala

Pergi jauh ke kota seberang

Membanting tulang untuk keluarga


Melihat nelayan memakai ranjau

Pulang pulang ke telaga

Berat sekali menjadi perantau

Rindu hati kepada keluarga


Makan nasi padang

Bersama dengan Arga

Belajar jauh di negeri orang

Jauh juga dari keluarga


Jalan jalan pagi hari

Pergi membawa sebotol susu

Sedih hati untuk pergi

Jauh merantau mencari ilmu


Bertemu dengan hewan rusa

Jatuh terperosok di aspal

Jika lelah sudah terasa

Ingin pulang ke tempat asal


Pantun Pramuka Seru

Janganlupa buat sobat yang hobi Pramuka untuk tetap menjadi Pelopor membasmi COVID-19 dimana kita harus rutin untuk menjaga kesehatan, cuci tangan sebelum masuk ruangan dan menggunakan masker lebih bagus lagi menggunakan handsanitizer. Berikut adalah Pantun dengan tema kompilasi, semoga bisa bermanfaat, selamat membaca !


Pergi jauh merantau

Merantau untuk bersekolah

Sungguh hati ini rindu

Rindu keluarga dirumah


Jalan jalan di Surabaya

Main bersama dengan teman

Kepada ibu yang jauh disana

Hati anakmu rindu tak terbatas


Pergi jauh ke Semarang

Perjalanan di kereta api

Kalau tinggal di kota orang

Harus bisa menjaga diri


Jalan jalan bersama ibu

Tak lupa membeli buah mangga

Bagaimana hati ini tidak rindu

Pergi jauh dari orang tua


Pergi jauh ke telaga

Letaknya di sudut desa

Kepada keluarga yang jauh dimata

Hati rindu tak terkira


Bermain poku dengan Jaka

Bertemu dengan mas Wayan

Aku bangga jadi anak pramuka

Belajar disiplin demi masa depan


Menabung demi masa depan

Jangan boros nanti rugi sendiri

Jadi anak pramuka menyenangkan

Berlatih hidup sendiri dan mandiri


Pergi ke pantai menganti

Bertemu dengan kawan kaka

Meski kegiatan pramuka tiada henti

Aku senang jadi anak pramuka


Bertemu dengan Angga

Di jalan remang-rmeang

Anak SD jadi pramuka siaga

Banyak lomba hatipun senang


Makan bakso ada formalin

Takut banget jadi gusar

Pramuka penggalang wajib disiplin

Mengatur waktu untuk belajar


Pergi jalan ke taman

Diikuti seekor sapi

Badan lelah tak dirasakan

Demi menjadi pramuka sejati


Jalan jalan ke daerah Pati

Menghitung lama dengan angka

Pramuka sejati harus berempati

Kepada sesama manusia di mana saja


Ngomong ini itu kena sela

Banyak kerja banyak syarat

Mari kita bertepuk pramuka

Agar berkurang semua penat


Banyak mobil di jalan raya

Ingin pergi membeli roti

Lagu pramuka lagu ceria

Untuk mengusir galau di hati


Bertemu dengan Sonya

Makan bersama dengan ketan

Jadi pramuka banyak manfaatnya

Mengajari kita arti persahabatan


Jijik melihat lintah

Melihat dipinggir kali

Daripada urusannya mentah

Mending santai sambil ngupi


Ada bebek di tengah kali

Di kali banyak pohon pepaye

Sore gini mang enakan ngupi

Apalagi ada temennye


Deket papua ada nugini

Pergi jalan jalan ame sani

Emang enak dah cuaca begini

Nyeduh kopi disamping bini


Makan roti buaya

Jangan lupe ada kondangannya

Siapa bilang betawi gak berbudaya

Kan banyak ulama kondangnya


Ikan cere matinya direndem

Ambil topi sama songkok di belakang

Sore-sore suasananya adem

Sambil ngopi ngrokok sebatang


Kopi diseduh air mendidih

Banyakin gule diaduk rate

Biar ati gak melulu sedih

Mari berpantun ala jakarte


Jalan jalan ke Ciawi

Ternyata banyak juga ikan nilanye

Senakal-nakalnye anak betawi

Eh masih punye dah yang namanye pahale


Jalan jalan make topi

Ketinggalan dalem koper

Eh itu di bale ada kopi

Sini jan diem diem bae lah di oper


Jalan jalan ke Romawi

Ketemu pemain namanye Jan Oblak

Jangan ngaku dah anak Betawi

Kalo kaga kenal deblak ma geplak


Pergi ke Jakarta lewat Jagorawi

Niat apel di area kantoran

Bang Udin katanya anak Betawi

Liat ondel-ondel dia gemeteran


Udah kerja kaga di gaji

Makan buah enaknya nendang

Ente malem jumat bukanya ngaji

Eh.. Malah ngadu cupang


Pergi jauh ke Telaga

Malah nyasar ke Jatiwaringin

Walaupun jarang aye olahraga

Kalo ngrokok ma aye dah kurangin


Indah banget pelangi

Burung ada dalam sangkar

Depan Al-Hawi bau wangi

Depan ente bau kabel kebakar


Jangan jadi anak sombong

Apalagi menghina kakak

Masih kecil telah ompong

Gigi hilang ketawa ngakak


Melihat daun talas

Juga melihat daun talam

Makanya jangan suka malas

Sikat gigi pagi dan malam


Beranjak mencari undur-undur

Pusing kepala muter-muter

Ada anak suka tidur

Suka ngorok sambil ngiler


Mencari jauh daun lontar

Ketemunya kecap bango

Ada anak ngaku pintar

Tapi ditanya planga-plongo


Makan bakso pakai cuka

Makan setelah sholat Ashar

Ini contoh pantun jenaka

Untuk anak sekolah dasar


Bermain tak mau kalah

Macam kancil yang mau juara

Pantun jenaka anak sekolah

Untuk kelas empat dan kelas lima


Di soto ada ketupat

Kiriman berasal dari kakak ipar

Kami anak kelas empat

Rajin belajar dan juga pintar


Beli kopi merk koma

Koma kok seperti rancu

Lihat anak kelas lima

Suka melawak dan melucu


Kain robek segera dijahit

Robek karena perihal kawat

Saya sudah buat 10 bait

Berapa bait yang saudara buat?


Mainan adik baru

Disimpan di dalam kamar

Kalau mau disayang ibu guru

Rajinlah adek belajar


Minum susu di jam istirahat

Ngobrol santai di depan taman

Kalau pengen sehat

Yuklah jaga kebersihan


Di taman ada batu

Batunya dilempar caca

Jika mau ranking satu

Harus rajin membaca


Takut disengat lebah

Akhirnya kita lari

Supaya tidak terlambat sekolah

Cepat bangun dipagi hari


Bocor ternyata dari genting

Banyak disana tupai-tupai

Belajar itu sangat penting

Agar cita-citamu bisa tercapai


Beli baju baru

Sudah baru mahal tentu

Aku dapat sepeda baru

Hadiah dari ayah juara satu


Benang beberapa helai

Ada di dalam botol kaca

Walau libur jangan sampai lalai

Buku tetap harus dibaca


Beli buku baru

Bukunya diatas busa

Terimakasih bapak guru

Pengorbananmu luar biasa


Ke toko membeli kain

Kainnya dipakai menantu

Jangan cuma ingat bermain

Orang tua juga harus dibantu


Pulang sekolah mencuci sepatu

Membersihkan meja pakai sapu bulu

Kalau minta sesuatu

Jangan lupa ijin dulu


Akhir Kata

Nah, itulah kumpulan Pantun Pramuka yang super lucu dan menghibur yang dapat saya sajikan. Semoga kumpulan pantun tentang Pramuka ini dapat memotivasi kalian semua dan menjadi hiburan di kala senggang sehabis kegiatan di Pramuka. Janganlupa baca juga koleksi pantun yang tak kalah seru lainnya dibawah ini. Sampai jumpa lagi di ulasan pantun dengan tema berbeda di artikel lainnya. Baca Juga Pantun Motivasi Semangat Kerja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel