Cara Mendaftarkan Akun Operator Sekolah di Laman sp.datadik

Cara Mendaftarkan Akun Operator Sekolah di Laman sp.datadik terbaru dan Cara Memverfikasi Akun Operator Sekolah - Pada kesempatan ini admin akan berbagi cara Verifikasi Akun Operator Sekolah pada manajemen Dapodik 2021. Lantas bagaimana cara untuk mengganti email Akun Operator Sekolah ?

Cara Mendaftarkan Akun Operator Sekolah Baru

Cara Mendaftarkan Akun Operator Sekolah di Laman sp.datadik

Pertanyaan ini sering ditanayakan oleh Operator Sekolah yang baru saja mereka melakukan installasi Aplikasi Dapodik 2021. Aplikasi Dapodik 2021 ini memang cukup signifikan.

Jadi, agar akun yang kita buat pada aplikasi tersebut resmi maka kita harus memverifikasinya, hal ini wajib bagi mereka yang berprofesi sebagai Operator Sekolah, Kepala Sekolah dan Akun PTK.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jika akun yang kita buat ini tidak di verifikasi sampai dengan batas waktu yang telah di tentukan maka secara otomatis akun tersebut akan di haous dari Database Dapodik.

Bagaimana Cara Memverfikasi Akun Operator Sekolah tersebut ?

Sebenarnya caranya cukup mudah, sebelumnya jika Anda ingin memverifikasi atau menggantu akun operator sekolah tersebut maka harus berkoordinasi dengan Operator Dinas Pendidikan Setempat. Tujaunnya agar nantinya Anda bisa melakukan verifikasi Akun dan di approve bisa di fasilitasi langsung oleh Dinas Pendidikan Setempat.

Hal ini berbeda dengan verifikasi Akun PTK dan Kepala Sekolah yang mana untuk verifikasinya sudah bisa dilakukan secara mandiri atau sendiri oleh Operator Sekolah terkait.

Berikut Langkah dalam Verifikasi dan Mengganti Akun Operator Sekolah

1# Silahkan Anda buka laman resmi : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2# Selanjutnya silahkan Anda Login menggunakan Akun dan Password Operator Sekolah yang ada

3# Jika sudah Anda Klik Login, tunggu saja beberapa detik, jika Laman baru sudah muncul silahkan Anda klik Home atau Beranda, hingga Anda diberitajukan untuk memverifikasi akun

4# Tahap selanjutnya, silahkan Anda masukan alamat Email aktif yang akan digunakan untuk Akun Operator Sekolah

5# Setelah itu, jika Anda ingin mengganti Email Operator yang sudah ada maka silahkan Anda masukkan Email yang baru tersebut

6# Kemudian silahkan Anda Klik Verifikasi

7# Setelah itu, Anda cek Email tersebut, biasanya ada Kode yang dikirimkan

8# Jika Anda sudah membuka email baru tersebut, silahkan Anda cek pesna masuk dan di dalam pesan tersebut ada kode verifiksi Akun Operator Sekolah yang baru maka silahkan Anda salin kode verifikasinya

9# Silahkan Anda inputkan kode verifikasinya pada laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

10# Jika kode verifikasi yang dimasukan tersebut sudah valid, maka artinya Verfiikasi Email sudah berhasil (perlu diketahui bahwa kode verifikasi yang masuk ke email tersebut hanya berlaku selama 30 menit saja) jika tidak segera diverifikasi maka Anda harus mengulang tahapan verifikasi mulai awal lagi

11# Untuk mengetahui bahwa proses verifikasi berhasil, silahkan Anda klik menu Akun dan pilih Daftar Akun kemudian silahkan Anda pilih Jenis Akun , Pilih Admin dan klik Tampilkan. Jika akun berhasil di verifikasi maka akan ada keterangan "Sudah".

12# Tahap selanjutnya silahkan Anda lakukan Sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik untuk melakukan pembaharuan status Akun Operator Sekolah

13# Jika proses Sinkronisasi selesai maka akan muncul keterangan bahwa akun Terverifikasi.

Akhir Kata

Nah itulah cara dalam membuat akun baru atau mengganti akun email baru pada laman datadik kemendikbud. Semoga tutorial pada pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa membantu dalam menyelesaikan permasalahan teman-teman operator semua. Sekian dari saya, terimakasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya, wassalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close