Yuk Hafalkan Doa Selamat Ini Agar Jiwa Menjadi Tenang

Yuk Hafalkan Doa Selamat Ini Agar Jiwa Menjadi Tenang - Kumpulan doa selamat arab dan versi latin serta artinya. Doa adalah suatu wujud dari ihktiar kita, karena dengan berdua maka kita dapat berkomunikasi pasa Sang Khalik. Bahwa sudah jelas, bahwa hidup di dunia tidak selamanya, karena hidup selamanya adalah kelak di akhirat. Di akhirat itulah kita akan menuai semua apa yang dilakukan di dunia ini. Maka saat inilah waktu yang tepat untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya agar bisa hidup bahagia di surga.

Doa Selamat

Doa Selamat Ini Agar Jiwa Menjadi Tenang

Banyak cara yang bisa dilakukan di dinua agar bisa menjadi modal hidup bahgia di ahirat kelak, salah satunya yaitu beribadah. Beribadah dengan khusuk dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa. Berdoalah untuk diri sendiri dengan memohon ampuanan sebanyak-banyaknya, baru kemudian berdoalah untuk orang tua dan juga keluarga serta seluruh umat muslim di dunia. Watu itulah adalah waktu yang tepat untuk mencurahkan isi hati pada llahi Robbi.

Ada doa yang wajib di sebutkan ketika seleseai shalat, yaitu doa selamat. Dengan membaca doa selamat, memohon keselamatan baik di dunia dan juga di akhirat. Maka tidak ada kata telat untuk menghafalkannya, karena doa tersebut adalah kunci untuk merayu Allah SWT untuk senantiasa melindungi dan menjaga kita. Baik anak, dewasa, tua maupun muda harus bisa doa selamat ini, maka seja dini harus mengajarkan kepada anak cucu untuk menghafalnya.

Nah bagi Anda yang masih belum hafal doa ini, jangan malu, karena tidak ada kata telat untuk belajar. Berikut adalah panduan dan penjelasan tentang doa keselamatan lengkap dengan bahasa Indonesianya, jadi lebih gampang untuk dihafalkan. Anda bisa mengeprintnya atau menulis ulang dan menempel pada tempat yang sering terlihat. Dengan demikian Anda bisa membacanya dan akan hafal dengan sendrinya lama kelamaan.

Pengertian Doa Selamat

Definisi selamat adalah bebas dari segala bahaya, bencana dan malapetaka sehingga tidak terkena musibah dan jauh dari perbuatan yang keji. Nah berdasarkan definisi tersebutlah, maka umat Islam senatiasa menghaturkan doa selamat agar selamat di dunia maupun di akhirat. Nah jadi mulai sekarang bagi Anda yang masih mengabaikannya, segeralah untuk membaca doa ini. Bagi Anda yang sedang berhalanganpun, selain berdzikir juga boleh membaca doa keselamatan ini.


Doa Keselamatan Versi Arab Dan Latin

Ada beberapa macam doa keselamatan atau selamat yang bisa Anda bisa amalkan. Semuanya benar dan memiliki arti untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT. Nah mungkin Anda bisa menghafalkan salah satunya untuk dijadika acuan. Namun akan lebih bagus lagi jika hafal semuanya. Berikut adalah rangkumannya beserta latinnya agar mudah dipelajari.

Doa Selamat Yang Pertama,

Doa selamat yang pertama adalah:

زِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut, Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab. Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab.

Artinya doa selamat di atas: Ya Allah Ya Tuhanku, hamba memohon kepada Engkau keselamatan pada agama serta kesehatan raga hamba dengan sungguh-sungguh. Tambahkan ilmu dan keberkahan dalam setiap rizki dan terimalah segala taubatan hamba sebelum ajal menjemput. Berikanlah rahmatMu kepada hamba saat kematian dan berkanlah pengampunanMu ketika setelah kematian. 

Ya Allah Ya Tuhan Hamba, berilah kemudahan saat ajal menjemput, selamatkanlah hamba ini daro siksaan api neraka. Ampunilah diri ini ketika hari perhitungan kelak. abulkanlah doa hambaMu ini ya Rabb. Aamiin


Doa Keselamatan Yang Kedua Adalah Sebagai Berikut,

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasah, wafil akhirati hasanah, waqina adzaa bannar.

Arti doa selamat di atas : Ya Allah Ya Tuhan hamba berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan berkanlah kami kebaikan saat di akhirat nanti. Ya Allah Ya Tuhan hamba, lindungilah kami dari siksaan api neraka.


Bacaan Doa Keselamatan Agar Terlindung Dari Dajjal,

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a’udzubika min adzabil qabri wa min ‘adzabinnari jahannama wa min fitnatil mahya wal mawaati wa min fitnatil masiihis dajjal.

Artinya yaitu Ya Allah Ya Tuhan hamba, hamba berlindung dengan sugguh-sungguh kepadaMu dari azab kubur,dan azab jahannam. Hamba juga berlindung dari fitnah kehidupan dan juga kematian serta fitnah dari Dajjal.


Doa Agar Selamat Dalam Perjalanan

Jika Anda ingin melakukan perjalanan, sebaiknya membaca doa selamat dalam perjalanan, yaitu

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi

Artinya yaitu Dengan menyebut namaMu ya Allah, hamba berserah diri dan tidak ada daya ataupun kekuatan selain Allah Ta’ala.


Doa Agar Dijauhkan Dari Tipu Daya Umat Kafir

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin

Artinya yaitu Ya Allah Ya Tuhan hamba jauhkanlah di kami dari fitnah orang zalim dan juga orang kafir. Selamatkanlah kami dengan segala rahmatMu Ya Allah.


Doa Agar Dijauhkan Dari Orang Yang Zalim

Doa selamat yang bisa dibaca agar selamat dari orang zalim adalah sebagai berikut.

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Robbi Najjinii Minal Qòumidh Dholimiin,

Artinya ialah Ya Alloh Ya Tuhanku, lindungilah hamba dan selamatkanlah hamba dari orang yang zalim.


Doa Agar Dijauhan Dari Penguasa Yang Zalim

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Robbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qoumidh Dholimiin

Yang artinya ialah Ya Alloh Ya Robbi, bangunkan hamba rumah di sisi Engkau di dalam surga kelak. Selamatkanlah diri ini dari seperti Firaun dengan segala perilakunya. Selamatkan pula hamba dari kaum zalim.


Doa Agar Selamat Dari Api Neraka

Doa selamat dari api neraka ini juga sering disebut sebagai doa sapu jagat, yang bunyinya

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar,

Artinya Ya Alloh Ya Robbi, padamulah hamba memohon limpahkan kami kebaikan di dunia dan juga di akhirat. Jagalah kami juga dari siksaan api neraka.


Doa Keselamatan Nabi Nuh

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Robbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun

Artinya yaitu Artinya yaitu Ya Alloh Ya Tuhan hamba, Selamatkanlah diri hamba dan juga keluarga hamba dari segala perbuatan yang dikerjakan mereka.


Doa Keselamatan Panjang

Doa selamat yang lengkap bisa dengan membaca doa di bawah ini,

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal maut. allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaab. robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab. robbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Allaahummaftah lanaa abwaabal khair, wa abwaabal barakah, wa abwaaban ni‘mah, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal quwwah, wa abwaabas shihhah, wa abwaabas salaamah, wa wa abwaabal ‘aafiyah, wa abwaabal jannah. allaahumma ‘aafinaa min kulli balaa’id duniyaa wa ‘adzaabil aakhirah, washrif ‘annaa bi haqqil qur’aanil ‘azhiim wa nabiiyikal kariim syarrad duniyaa wa ‘adzābal aakhirah. ghafarallaahu lanaa wa lahum bi rahmatika yaa arhamar raahimiin. subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘an maa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Arti doa selamat di atas adalah Ya Allah Ya Tuhan hamba berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan berkanlah kami kebaikan saat di akhirat nanti. Ya Allah Ya Tuhan hamba, lindungilah kami dari siksaan api neraka. Ya Alloh Ya Tuhan kami, bukakanlah pintu kebaikan, berkah, nikmat rezeki, kesehatan, keselamatan, mapun afiyah maupun pintu surga. Ya Robbi, jauhkanlah kami dari ujian akhirat dan juga siksa akhirat. 

Hindarkanlah kami dari keburukan dan siksa akhirat dengan hak Al Quran dan nabiMu yang paling pemurah. Ampunilah kami dan juga mereka wahai Engkau Maha Pengasih dan Maha Suci dan Maha Agung. Ya Alloh semoga salam senantiasa tercurah pada junjungan Rosulloh. Segala puji bagiMu ya Rab. Alloh Tuhan semesta alam.


Doa Keselamatan Yang Lain

Doa selamat lainnya yang bisa Anda baca adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikroom.

Artinya  Ya Alloh Ya Tuhan pemberi keselamatan, wahai Engkau Maha Suci Alloh Pemilik Kemulian dan Kebesaran


Anjuran Waktu Yang Makbul Untuk Berdoa

Sebenarnya daam berdoa boleh dilakukan kapan saja serta di mana saja. Namun ada waktu-waktu khusus yang paling ampuh untuk melangitkan doa agar dikambulkan adalah pada waktu sepert di bawah ini,

1. Berdoa Di Sepertiga Malam Yang Terakhir Dan Waktu Sahur

Doa selamat adalah doa yang baik dibaca setiap setelah sholat wajib lima waktu. Namun akan lebih mustajab jika dilakukan pada sepertiga malam yang terakhir. Di mana waktu sepertiga malam yang pertama adalah delapan malam sampai setegah sebelas malam. Untuk sepertiga malam yang kedua adalah setengah sebelas malam sampai setangah dua malam. Nah untuk waktu sepertiga malam ketiga dan terakhir adalah setengah dua hingga setengah lima pagi.

2. Berdoa Ketika Malam Lailatul Qodar

Berdoa di waktu datangnya malam lailatul qodar, karena malam tersebut adalah paling malam paling istimewa dan utama dibanding malam lainnya. Maka dianjurkan untuk memperbanyak doa dan dzikir, karena malaikat yang turun menuju bumi akan mengaminan doa-doa yang dipanjatkan. Dengan begitu doa yang dipanjatkan oleh mausia akan cepat dkabulkan.

2. Berdoa Ketika Berpuka Puasa

Perbanyaklah membaca doa selamat ketika bulan puasa, pernah diterangkan dalam riwayat Nabi bahwasana ada tiga macam doa yang tak tertolak. Tiga macam tersebut adalah doa orang yang akan berbuka puasa, doa pemimpin yang adail dan doa orang yang dizalimi. Itulah kenapa pahala memberi makan orang berbuka berlipat pahalanya.

3. Berdoa Saat Antara Adzan dan Waktu Iqomah Dan etika Adzan

Terdapat juga hadist Rasulluloh yang mengatakan bahwa doa saat antara adzan dan iqamah tak tertolak. Begitu juga saat adzan ketika terjadi perang keduanya saling baku hanrtam, saat itupun merupaka kedua waktu tersebut doa tak tertolak. Itulah ketika mendengar adzan kita dinajurkan untuk berhenti dari segala aktivitas hingga adzan selesai.

4. Berdoa Ketika Sujud Di Setiap Shalat

Ketahuilah bahwa ketika kita sedang sujud ketika shalat, saat itulah waktu terdekat dengan Alloh. Maka perbayaklah doa salah satunya adalah doa selamat, jika Alloh menghendaki, semua doa akan diijabah pada waktunya. itulah mengapa dianjurkan untuk sedikt berlama ketika sedang gerakan sujud dalam shalat.

5. Berdoa Ketika Saat Turun Hujan Dan Saat Hari Jumat

Ketika hujan turun, sejatinya membawa keberkahan bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya. Itulah mengapa ketika hujan turun senantiasa berdoa untuk, begitu halnya dengan hari jumat. Karena hari jumat merupakan hari terbaik diantara hari lainnya, Alloh melipatgandakan setiap amalan di hari special tersebut.

6. Berdoa Ketika Hari Arafah

Hari arafah merupakan hari paling istimewa, sehingga merupaka hari yang sempurna dalam kenikmatan dan ibadah. Puasa di bulan tersebut juga bisa menghapus dosa selama dua tahun. Maka perbanyaklah doa terutama doa selamat agar senantiasa dalam lindungan Alloh SWT.


Manfaat Membaca Doa 

Manfaat yang di dapat dari membaca doa keselamatan itu sendiri adalah sepeti di bawah ini,

  • Untuk mendapatkan keselamatan, baik di dunia dan juga di akhirat.
  • Agar bisa dijauhkan dari tipu muslihat orag-orang kafir
  • Agar dijauhkan dari musibah dan bencana
  • Agar disematkan dari orang dan penguasa yang zalim
  • Agar kelak dijauhkan dari siksaan api neraka
  • Agar dijauhkan dari keburukan dunia dan ahirat kelak

Baca Juga : 7 Doa Selamat Lainnya yang bisa kalian Amalkan dalam kehidupan Sehari-hari

Marilah agar senantiasa kita berdoa kepada Aloh Taala dengan senantiasa membaca doa selamat.  Dengan harapan mendapatkan perlindungan dan keseamatan dari Alloh SWT. Jangan lupa untuk senantiasa menjalahkan semua perintah Alloh agar menjadi golongan salah satu manusia penghuni surga. Dan ingat untuk selalu bersedekah di setiap keadaan, karena dengan sedehak dapat sebagai penolak mala petaka. Berusaha dan serahkan semuanya pada Alloh Taala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer