7 Doa Selamat untuk Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat Terbaru 2021

Doa selamat terbaru 2021 untuk memohon keselamatan hidup di Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Tulisan Arab, Terjemah (artinya) dan Latin Bahasa Indonesia - Halo sobatsiana, berjumpa kembali dalam kesempatan di hari yang penuh berkah ini. Jadi, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk menyajikan beberapa doa yang bisa kita amalkan untuk memohon keselamatan hidup di dunia dan akhirat, tentunya doa ini sesuai dengan ajaran Rasulullah dan sudah banyak di amalkan oleh para sahabat dan tabiin. Yuk simak ulasan tentang doa selamat yang sudah kami sajikan dibawah ini. Semoga kita sema bisa terhindar dari siksa api neraka, oleh karena itu disini akan kami sajikan doa selamat dunia dan akhirat dalam bacaan latin dan arab, serta dengan artinya, sebagai berikut ulasannya.

Doa Selamat 

Doa Selamat untuk Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Nah, sebelum sobat membaca kumulan doa Selamat yang ada dibawah ini, maka disini akan kami jelaskan arti selamat itu sendiri, jadi arti Selamat adalah terbebas dari marabahaya, terhindar dari malapetaka, bencana, jauh dari bala, tidak mendapat gangguan kejatahan serta kerusakan, tidak pula mendapatkan kekurangan suatu apapun dan orang tersebut dijauhkan dari perbuatan yang salah.

Maka dari ari arti selamat diatas, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap umat muslim memanjatkan doa selamat ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar hidupnya selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Adapun selamat dunia yaitu agar orang tersebut dijauhkan dari hal-hal yang salah, tidak baik selama hidupnya di dunia dan bisa selamat di akhirat setelah mati, artinya dijauhkan dari siksa kubur, di selamatkan dari siksa api neraka dan dijaga ketika yaumul hisab.

Adapun tujuan dari memanjatkan doa keselamatan ini adalah untuk :

  • Bisa mendapatkan keselamatan saat hidup di dunia dan akhirat
  • Agar terhindar dari bala, marabahaya, bencana atau malapetaka
  • Agar terhindar dari tipu daya orang-orang kafir
  • Agar bisa selamat dari orang yang hendak berbuat zalim
  • Agar bisa selamat dari penguasa yang zalim
  • Agar dijauhkan dari siksaan api neraka yang amat pedih
  • Agar hidup di dunia dan akhirat bisa merasa lebih tenang dan bahagia

Ketika kita berbicara tentang Doa Selamat seorang umat muslim tentu sangat menginginkan agar dirinya masing-masing bisa terhindar dari hal buruk baik itu suatu kejahatan yang tidak di inginkan selama di dunia dan akhirat kelak.

Nah untuk bisa memperoleh keberkahan tersebut, maka setiap umat Islam harus taat kepada syariat Islam dan mengikuti setiap tuntunan dan larangan yang sudah di tentukan oleh Agama.

Yang tak kalah pentingnya, kita harus bisa membaca Doa selamat ini, apalagi bahasa Arab adalah bahasa Surga. Jadi, agar kita bisa dengan baik meminta kebaikan yang tepat maka hendaknya kia berusaha untuk membaca doa selamat dalam versi Arabnya dan mengetahui arti dalam bahasa negara kita.

Doa Selamat

Ada beberapa bacaan doa selamat yang dapat sobat amalkan. Mulai dari doa selamat yang singkat atau pendek  ataupun doa keselamatan versi panjang.

Namun, pada umumnya semua doa selamat ini mengandung makna dan inti yang sama yakni memohon perlindungan dari segala keburukan dunia dan akhirat.

Berikut adalah beberapa bacaan doa selamat beserta artinya.

1. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Jadi ada doa selamat dunia akhirat ini adalah bacaan doa yang niakan dan dipanjatkan hanya kepada Allah agar kita sebagai seorang hamba-Nya bisa mendapat keselamatan selama di dunia dan mendapatkan keselamatan kelak di akhirat yaitu dijauhkannya dari siksaan kubur serta siksa api neraka.

Apalagi bacaan doa memohon keselamatan dunia dan akhirat ini sangat dianjurkan untuk diamalkan, karena ini menjadi bacaan doa setelah sholat wajib yang biasa dibacakan dengan doa-doa lainnya.

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Selamat Dunia dan Akhirat versi Arab


Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Latin

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Arti Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”


2. Doa Selamat Pendek

Yang selanjutnya yaitu doa selamat pendek, doa ini adalah doa selamat yang sesuai dengan hadist shahih dan diriwayatkan oleh imam Muslim.

Bacaan Doa Selamat Pendek


اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ


Bacaan Doa Selamat Pendek Latin

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Arti Bacaan Doa Selamat Pendek

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.


3. Doa Selamat Dari Siksa Neraka

Bacaan doa selamat yang ketiga ini sering dibacakan di setiap sehabis berdoa, maka tak heran jika doa selamat ini diberikan sebuah nama istimewa karena ini adalah doa sapu jagat. Doa Sapu Jagat atau doa keselamatan ini merupakan doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah agar selamat hidup dunia akhirat dan dijauhkan dari siksa api neraka yang amat pedih.

Bacaan Doa Selamat Dari Siksa Neraka


رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Bacaan Doa Selamat Dari Siksa Neraka Latin

“Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Siksa Neraka

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.


4. Doa Selamat Nabi Luth

Ada lagi doa selamat yang biasa diamalkan oleh nabi Luth, doa ini adalah doa yang sering dipanjatkan oleh nabi Luth untuk memohon keselamatan dan agar bisa mendapatkan perlindungan dari Allah. Doa ini juga terdapat di dalam Al Quran pada surah Asy Syu’ara ayat 169.

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth


رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ


Bacaan Doa Selamat Nabi Luth Latin

“Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun”.

Arti Bacaan Doa Selamat Nabi Luth

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan”.


5. Doa Selamat Agar Terhindar dari Tipu Daya Orang Kafir

Kita tahu bahwa orang-orang kafir sejak jaman dulu hingga sekarang selalu berusaha untuk mengajak umat muslim ke jalan yang sesat.

Tentunya hal ini dengan berbagai cara yang mereka lakukan seperti tipu daya, iming-iming, hasutan dan ajakan agar umat muslim yang ada di dunia ini mengerjakan perbuatan yang di larang oleh Allah SWT.

Untuk itu agar kita terhindar dari hal tersebut, maka panjatkanlah doa selamat dari tipu muslihat orang kafir ini, doa ini terdapat di dalam Al Quran pada Surah Yunus ayat 85 dan 86.

Bacaan Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir


رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Bacaan Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir Latin

“Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin.”

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir

“Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir”.


6. Doa Selamat Agar terhindar dari Orang Zalim

Doa selamat yang ke enam ini adalah doa agar kita bisa terhindar dari orang zalim. Doa ini merupakan doa yang biasa dipanjatkan oleh nabi Muza untuk ornag-orang yang zalim. Doa ini terdapat di dalam Al Quran pada Surah At Tahrim ayat 11.

Bacaan Doa Selamat Dari Orang Zalim


رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ


Bacaan Doa Selamat Dari Orang Zalim Latin

“Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Orang Zalim

“Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu”.


7. Doa Selamat Agar Terhindar dari Penguasa Zalim

Diantara kalian pasti ada yang belajar Sejarah Kebudayaan Islam, sampai dengan kisah-kisah yang terjadi di jaman Rasulullah dan Sahabat. Pada jaman dahulu telah banyak penguasa yang zalim yang menganggap dirinya itu adalah penguasa tunggal yang tidak mengenal Allah bahkan ada diantara mereka yang mengaku dirinya Tuhan. Jadi, doa ini biasa dipanjatkan oleh istri Firaun dengan tujuan untuk memohon perlindungan dari Raja Firaun yang mana dirinya menjadi penguasa zalim dan semena-mena kepada rakyatnya tersebut. Doa selamat dari penguasa zalim ini terdapat di dalam Al Quran pada Surah At Tahrim ayat 11.

Bacaan Doa Selamat Dari Penguasa Zalim


رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ


Bacaan Doa Selamat Dari Penguasa Zalim Latin

“Ròbbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Penguasa Zalim

“Wahai Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim”.

Dalam doa selamat diatas adalah doa-doa memohon keselamatan kepada Allah agar tetap dilindungi oleh-Nya dan dijauhkan dari siksa api neraka.


Keutamaan Membaca Doa Selamat

  1. Setiap amalan dan ibadah yang diajarkan Rasulullah dan Nabi yang lainnya memiliki nilai-nilai keutamaan yang baik, maka hal ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan (diamalkan). Tetapi anjuran tersebut tidak bersifat memaksa ya, artinya boleh sobat lakukan maupun tidak tergantung diri kita menyikapinya.
  2. Apalagi dengan membaca doa-doa diatas tersebut banyak aspek yang bisa kita dapatkan dan hal ini menjadi faktor penentu jalan kebaikan atau keburukan yang kita pilih, serta nantinya juga akan menentukan jalan takdir hidup kita baik di dunia dan akhirat.
  3. Apalagi keselamatan setiap umat di dunia selalu didasarkan atas akhlak dan aqidah masing-masing, bisa juga dikarenakan adanya keberuntungan mereka dalam mendapatkan perlindungan-Nya.
  4. Tetapi dalam hal ini sobat tidak diperbolehkan terlalu menggantungkan nasib tanpa melakukan sebuah usaha keras untuk menuju kebaikan itu sendiri.
  5. Dengan memanjatkan doa adalah salah satu cara sebagai wujud upaya sobat untuk memohon sesuatu yang baik kepada Allah SWT.
  6. Doa selamat dunia akhirat ini menjadi salah satu yang dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim, tujuannya agar terhindar dari keburukan yang sifatnya hanya sementar yaitu duniawi dan memohon suatu yang kekal yaitu pada saat berada di akhirat.
  7. Agar sobat yakin dalam mengamalkan doa selamat dunia akhirat ini, maka ketahuilah keutamaan dari doa tersebut.
  8. Karena berdoa dan memohon keselamatan ini sangatlah penting untuk diamalkan, karena hal ini dipercaya mampu melindungi sobat agar tidak terjerumus dalam berbagai hal negatif dan perbuatan yang sia-sia.
  9. Agar sobat juga selalu berada dalam jalan lurus yang baik dan dilindungi Allah SWT. Ketika sobat berencana untuk melakukan hal yang mungkin menyimpang dalam agama, maka nantinya akan bisa dihindarkan tanpa sadar untuk membatalkannya atau ada suatu penyebab sehingga apa yang sobat rencanakan itu gagal.


Pentingnya Mempelajari Doa Selamat Sejak Dini

Selain keutamaan di atas, dengan membaca doa selamat maka kita berharap agar terhindar dari kemaksiatan, kemusyrikan, dan hal lainnya, yang buruk dan menyimpang dalam ajaran syairat agama islam, maka tak heran jika doa selamat ini memiliki nilai penting.

Nilai tersebut yang nantinya bisa menjamin sobat untuk benar-benar terbebas dari kejahatan-kejahatan dan suatu hal yang buruk. Dan itu semua tentu tidak bisa sobat hindari tanpa kekuasaan, pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

Jika sobat ditakdirkan sebagai seorang yang menyimpang, buruk, hina, dan sebagainya maka hal itu pasti bisa saja terjadi, sehingga dalam hal ini jangan terlalu sombong jika belum mengamalkan apapun ya.

Termasuk dalam upaya untuk memohon perlindungan dengan membaca doa selamat. Sebagai seorang hamba maka bersikaplah rendah diri di hadapan Allah SWT bahwa sobat adalah umat yang masih banyak kesalahan dan masih suka melakukan dosa dan kesalahan.

Begitulah alasan perlindungan akan diberikan, ada beberapa alasan lain juga yang perlu sobat ketahui bahwa doa selamat dunia akhirat ini sebaiknya dipelajari sejak usia dini.


Simaklah beberapa poin yang ada berikut ini.

  1. Anak yang masih berada dalam fase di usia dini mereka ini memiliki pikiran yang masih sederhana, bersih, fresh, dan mudah mengingat suatu hal yang baru.
  2. Di usia dini, si anak juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menghafalkan banyak hal baik itu kosakata, atau sebuah ilmu pengetahuan, sehingga sangat bagus jika sobat memberikan hafalan doa selamat dunia akhirat kepada anak sobat sejak usia dini atau kanak-kanak.
  3. Ajaran kepada anak-anakmu tentang nilai-nilai keutamaan dari membaca doa, karena ini juga bisa diserap serta diterima tanpa mereka ini berpikir panjang sehingga sobat bisa membentuk karakter baiknya tersebut.
  4. Hal ini juga dapat melatih anak sobat untuk membaca doa selamat dengan baik dan akan membiasakan mereka hingga dewasa, sehingga mereka senantiasa terus meminta pertolongan kepada Tuhan yang Maha Kuasa bukan pada makhluk atau hal lainnya. 
  5. Membaca doa selamat juga bisa menghindarkannya dari sifat angkuh, sombong, karena dengan demikian mereka dapat mengatasi segala hal atas kehendak dirinya sendiri.
  6. Seorang anak yang mempelajari doa-doa maka mereka bisa sekaligus berlatih untuk melafadzkan huruf Arab dengan baik dan benar.
  7. Hal ini juga bisa menjadi pelajaran bagi pemula untuk membangun sifat dan karakter kepribadian anak yang taat beragama dan rajin berdoa kepada Allah SWT.
  8. Adapun untuk amalan doa-doa yang diajarkan orang tua kepada anak-anak bisa dijadikan sebagai awal yang baik dan tentunya ini memudahkan mereka untuk membaca serta menulis Al-Quran.


Waktu yang Tepat Dalam Membaca Doa Selamat

Sebenarnya berbagai doa yang sudah dianjurkan untuk dibaca sebenarnya hal ini bisa diamalkan kapanpun dan di manapun sobat berada, begitu juga dengan amalan yang sedang kita bahas ini yaitu doa selamat.

Tetapi dalam hal ini sobat perlu tahu bahwa dalam membaca doa ini terdapat waktu-waktu tertentu yang membuat doa selamat yang dipanjatkan tersebut mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Karena di waktu-waktu tersebut terdapat sebuah momentum atau waktu tersebut memiliki keistimewaan tersendiri karena tidak semua orang senggang bisa meluangkan waktu di saat itu.

Jika ada seorang umat atau hamba yang mengingat nama Allah SWT sekaligus mereka berdoa di waktu yang baik dan mustajabab, maka mereka akan bisa memperoleh keistimewaan. Hal tersebut yaitu bisa berasal dari dikabulkannya doa-doa mereka.

Di saat itulah sobat juga dapat membaca doa ini untuk diri sendiri, keluarga, orang terdekat, guru, kerabat, dan sebagainya untuk di dunia dan di akhirat mereka.

Adapun untuk waktu-waktu yang dikabulkannya doa-doa, serta waktu yang baik untuk mengamalkan doa selamat di dunia dan akhirat, antara lain sebagai berikut.

1. Setelah Adzan

Tahukah sobat tentang waktu mustajab berdoa? ternyata setelah Adzan dikumandangkan merupakan waktu yang tepat untuk berdoa louh, karena waktu tersebut dianggap mustajab untuk dikabulkannya doa-doa yang kita panjatkan.

Doa yang kita panjatkan setelah adzan berkumandang sebaiknya dilafadzkan doa tersebut setelah sobat membaca doa sesudah adzan ya :) . Lalusobat  berdoalah untuk memohon keselamatan hidup di dunia dan akhirat agar nantinya sobat selalu dilindungi dan selalu ingat dan taat kepada-Nya.

2. Setelah Menunaikan Sholat 5 Waktu

Sebenarnya banyak sekali waktu yang baik dyang bisa kita pergunakan untuk berdoa. Sebenarnya doamu itu bisa dikabulkan setiap kali kamu berdoa asalkan kamu mampu merendahkan diri kepada Allah dan berdoa setulus hati.

Dengan membaca doa selamat sehabis sholat juga sangat baik dan hal ini sangat tepat dilakukan setiap sobat usai mengerjakan sholat wajib yang 5 waktu.

Bacaan doa selamat tersebut bisa sobat letakkan di akhir rangkaian doa, setelah sobat membaca dzikir, tujuannya adalah agar sobat selalu ingat tentang kebesaran dan lindungan-Nya yaitu Allah SWT.

3. Setelah Sholat Malam

Apakah sobat suka sholat tahajud? nah, di waktu sepertiga malam ternyata adalah waktu yang tepat (mustajab) untuk berdoa. Selain kita bisa mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat dan sholat sunnah lainnya maka di waktu malam Allah melihat dan mendengar hambanya yang ingat kepadaNya.

Waktu sepertiga malam biasanya banyak orang yang dengan enaknya tidur. Ternyata di antara pukul 01:00 dini hari sampai dengan sebelum masuknya waktu subuh adalah waktu yang sangat mustajab berdoa untuk terkabulkannya doa. Setelah sobat mengerjakan sholat malam maka ini adalah waktu mustajab untuk memanjatkan doa dan berdoalah kepada Allah SWT maka doa-doamu akan segera dikabulkanNya.

Karena di waktu-waktu tersebut adalah waktu sangat spesial, karena pada umumnya semua orang atau seorang hambar dengan enaknya tidur di jam-jam tersebut. Bahkan dipercaya bahwa para malaikat sedang turun ke bumi untuk membawa doa-doa para umat ke hadapan Allah SWT.

4. Malam Lailatul Qadar

Diantara kalian pasti sudah pernah mendengar ceritanya dan sudah mempelajarinya di bangku Sekolah. Setiap umat muslim yang ada di dunia ini tentu mengetahui keistimewaan malam ini ya, dan jarang sekali seorang hamba dapat benar-benar menemui malam seribu bulan 9malam lailatul Qadar).

Bahkan tak heran semua umat muslim di dunia ini berlomba-lomba untuk memperoleh keistimewaan pada malam tersebut dengan cara beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya.

Jika sobat adalah orang yang beruntung menemui malam Lailatul Qadar ini, jangan lupa melafadzkan doa keselamatan dunia dan akhirat ya :) .

5. Malam 23 Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan keberkahan, bulan yang terbaik dari bulan-bulan baik lainnya. Karena itu bulan ini sangat istimewa, dan pada bulan inilah semua umat muslim yang ada di dunia mengerjakan rukun islam yang ke 3 yaitu puasa wajib Ramadhan. Karena pada bulan ini banyak sekali keberkahan yang diberikan oleh Allah kepada hambanya dari dibukakanya pintu surga dari langit dan diberikannya kemudahan dalam menjalankan ibadah.

Bahkan di bulan Ramadhan ada yang dinamakan malam seribu bulan yaitu malam lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar akan terjadi di malam-malam ganjil di malam ke 10 terakhir pada bulan Ramadhan. Biasanya ini ditandi pada malam ke-23 di bulan Ramadhan, karena diyakini permohonan sobat akan dikabulkan jika sobat dapat beribadah dan berdoa kepada Allah di malam ini.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang Doa Selamat yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa mengingatkan kita semua bahwa kita adalah seoran hamba yang tetap tergantung pada perlindungan Allah SWT. Semoga kita semua senantiasa terhindar dari mara bahaya dan suatu hal yang dapat membawa kita dalam keburukan. Terimakasih sudah membaca artikel ini, apabila ada kekurangan dari segi ulasan kami mohon halal mohon ridho. Sampai jumpa lagi pada ulasan doa yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Poster ini Gratis!