Kumpulan Doa Untuk Orang Tua Lengkap dengan Terjemah dan Latinnya

Kumpulan Doa Untuk Orang Tua Lengkap dengan Terjemah dan Latinnya! Kedua orang tua yakni bapak serta ibu merupakan orang sangat berjasa pada hidup. Mereka yang merawat kita semenjak lahir sampai tumbuh tanpa meminta imbalan sedikitpun. Tanpanya belum tentu dapat seperti sekarang ini. Mereka juga yang memberi cinta, kasih sayang murni terhadap kita. Merekapun yang rela berkorban tanpa meminta sedikitpun balasan.

Doa Untuk Orang Tua

doa Kepada Kedua Orang Tua

Maka itu jangan sampai membuatnya marah maupun kecewakan ibu bapak, keridhaan Allah Swt, tergantung dengan keridhaan ibu bapak, serta kemurkaan Allah tergantung dengan kemurkaan ibu bapak, maka itu sayangilah serta hormatilah keduanya. Tanpa mereka kita bukan apa-apa.

Berdasarkan hadis Tarbani menjelaskan bahwasanya Allah SWT meridhai maupun memurkai anaknya berdsarkan keridhaan maupun kemurkaan keduanya. Sebagai anak tetap harus berbakti dan jangan sampai mengecewakannya. Kitapun harus menjaga sikap jangan sampai menyakitinya karena sikap kita. Hal demikian sangat penting, karena doa untuk orang tua mereka sangat diijabah. 

Meskipun keduanya sama sekali tidak meminta balasan-balasan jasa mereka terhadap kita sebagai anaknya, tetapi merupakan kewajiban kita sebagai anaknya untuk menghormati, menyayangi serta mencintainya kembali. Meski semua yang diberikan oleh kita tidak sebanding dengan jasanya dan kita tidak mampu membalas semua jasa dan kasih sayangnya. Kewajiban anak pada orang tua yaitu mendoakannya, baik ketika keduanya masih ada bahkan sudah tutup usia. Sedang bacaan doa bagi keduanya lengkap dibawah ini. 

Bacaan Doa Untuk Orang Tua

Doa untuk orang tua

Makna dari doa untuk ibu dan bapak memiliki arti yang mendalam, terutama mohon doa untuk mengampuni semua dosanya, agar Allahpun menyayangi keduanya sebagaimana mereka menyayangi anaknya ketika masih kecil. Karena doa untuk orang tua penting agar kita bacakan dalam keseharian kita. 

Doa mohon ampun dosa untuk orang tua

Doa mohon ampun dari segala dosa

Isi dari doa mohon ampunan keduanya memiliki makna, memohon agar Allah memberikan ampunan kepada diri kita sendiri dan keduanya, memberikan ampunan mengenai dosa-dosa beliau, mengkasihani sebagai mana keduanya merawat anak-anaknya yang masih kecil.

Begitupun semua kamu muslimin semua kalangan yang beriman, lelaki atau perempuan masih hidup maupun yang telah tiada, serta mengikutkan semuanya dengan kebaikan. Doa untuk orang tua agar Allah lebih berbelas kasihan karena tidak ada dan upaya kecuali pertolongan Allah. Kepada siapa lagi kita bergantung selain terhadapNya.

Itu merupakan bacaan doa bagi keduanya serta doa mohon ampun bagi mereka, sebagai anakpun harus tetap berbakti terhadap orang tua yang merupakan kewajiban kita, sebagai anak seringkali menyakiti hati mereka dibawah ini beberaa hal harus dilakukan untuk berbakti terhadapnya. 

  • Harus bersikap sopan serta hormat terhadap mereka
  • Harus patuhi perintah nya selama tidak ada tentangan bersama agama, apabila perintahnya bertentangan bersama agama, maka kita tidak harus mematuhinya
  • Tidak berlaku dan berkata kasar terhadap mereka
  • Wajib ikuti nasihat keduanya. Jika ditegur, harus menyadari bahwa perbuatan kita tidak diridhai keduanya
  • Membantu pekerjaan kegiatan sehari-hari
  • Harus jaga nama baik keluarga dengan selalu berbuat kebaikan
  • Wajib jaga keduanya jika mereka telah tua serta renta

Doa untuk orang tua telah meninggal

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia

Meski jasanya tidak terhingga besarnya, tetapi meski demikian andapun tidak dapat seterusnya melayani keduanya. Karena hubungan bersama anak terputus ketika keduanyanya meninggal dunia. Tetapi meskipun tidak melayani langsung, anda dapat kirimkan amalan-amalan doa untuk orang tua, agar mereka tenang ditempatkan di surgaNya. 

Abu Hurairah ra, Rasul pernah berkata bahwasanya apabila seseorang telah meninggal, maka terputus amalan kecuali sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, dan doa anak yang sholeh. Sesuai dengan hadis, meski keduanyanya telah tiada, tetapi tetap dapat berbakti terhadap mereka dengan kirimkan doa-doa terbaik untuk keduanya. Doa tersebut mendoakan supaya mendapat pengampunan serta perlindungan. 

Jika mereka telah meninggal dunia, berikut ini doa untuk orang tua dan beberapa hal harus dilakukan : 

  • Melaksanakan nasihat mereka diberikan ketika masa hidupnya
  • Jaga nama baik mereka
  • Medoakannya supaya diampuni dosa serta dilapangkan kubur oleh Allah

Sabda Rasul yang memerintahkan untuk bakti terhadap keduanya, meski keduanya telah tiada. Berdsarkan sabda Rasul Hadis Riwayat dari Abu daud, pernah ada seorang laki-laki datang kepada Rasul dan bertanya “ apakah masih ada berupa kebaikan untuk dikerjakan bagi mereka  setelah tiada” Rasul SAW pun menjawab “Yaitu menyembahyangkan jenazahnya mereka, meminta ampunkan terhadap Tuhan, sempurnakan janjinya, memuliakan sahabatnya serta selalu silaturahmi bersama siapapun yang bertalian bersama mereka”. 

Doa untuk orang tua sedang sakit

Ketika mereka sakit tentu kita harus mendoakan kesembuhan untuknya. Doa untuk orang tua yang dipanjatkan tentunya oleh anaknya sendiri, kemudian bisa membimbing keduanya kita untuk melafalkan doa secara baik dan benar. Doa tersebut berisi menghilangkan kesusahan serta memberikan kesembuhan, karena Allah adalah zat penyembuh. Tidak terdapat kesembuhan terkecuali kesembuhan dari Allah, kesembuhan tidak tinggalkan penyakit yang lain.

Doa untuk orang tua sedang sakit sangat parah

Doa yang satu ini ditujukan supaya mereka sedang sakit parah bisa diberi kemudahan sembuh maupun kemudahan melepas kehidupannya di dunia, supaya tenang jika masa hidupnya sudah habis. Dan kita telah ikhlas untuknya. Tetap doakan yang terbaik untuk hidupnya dan diberikan kemudahan dalam berbagai hal apapun. 

Doa untuk orang tua sedang sakit parah memiliki makna, sebagai anak memohon ampunan terhadap Allah mengenai dosa-dosa mereka serta mengkasihani keduanya sebagaimana mereka merawat anaknya masih kecil, begitupun terhadap semua kamu muslimin, semua yang beriman, lelaki atau perempuan masih hidup atau telah meninggal dunia. 

Kemudian ikutkan diantara kami semua serta siapapun dalam kebaikan. Dan memohonkan sehingga memberi ampunan belas kasihan karena Dia sangat berbelas kasihan serta tidak memiliki upaya kecuali pengtolongan Allah. Tetap berbakti kepada keduanya dan jauhi berbagai hal yang bisa menyakitinya. 

Manfaat Doa Untuk Orang Tua

Mengamalkan doa untuk orang tua tidak hanya mempunyai faedah terhadap keduanya yang kita doakan, namun untuk menjaga diri sendiri juga. Apa saja nih manfaat jika kita panjatkan doa untuk mereka? Apakah terdapat hadis menguatkan? Segera simak manfaat membaca doa untuk ibu bapak dibawah ini:

1. Perilaku dicintai Allah SWT

Menghormati serta memuliakan ibu bapak adalah perilaku sangat terpuji serta dicintai Allah. Sebagaimana hal demikian tertulis pada sebuah riwayat hadis. Allah sangat mencintai hamba yang memuliakan kedua orang. Perbuatan tersebut adalah perbuatan yang di ridhai Allah. Sebagai anak sudah seharusnya berlaku demikian. 

2. Amalan paling utama

Terdapat hadis dari Abdullah bin Mas’ud ra menyatakan bahwa ia bertanya terhadap Rasul, amalan apa paling utama? “Shalat tepat waktu, berbakti dengan ibu bapak, jihad di jalanNya. Jadi amalan paling utama dalam hidup kita salah satunya yaitu berbakti kepada ibu bapak dan memberikan doa untuk orang tua. 

3. Allah akan ridhai jika orang tuapun ridha

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra menyebutkan bahwa Rasul bersabda dengan makna “ridha” Allah berdsarkan terhadap ridha ibu bapak, serta murka Allah berdasarkan dengan murkanya ibu bapak. Maka itu tetap kita harus patuh dan taat kepada ibu bapak selama tidak bertentangan dengan agama Allah. 

4. Mampu hilangkan kesulitan sedang dialami

Kesulitan sedang dialami akan hilang dengan berbakti terhadap mereka, merupakan cara tawasul amal shaleh kita. Sebagai anak tentunya mengharapkan hidup yang baik, dengan bakti doa untuk orang tua maka hidup kita akan dipenuhi dengan keberkahan dan kebaikan. Teruslah membahagiakan mereka maka kitapun akan bahagia. 

Sebuah solusi untuk terhindar dari banyak perkara yang menyulitkan yaitu meminta doa restu dari keduanya, terdapat sabda rasul yang memiliki makna, diantara doa-doa mustajab yaitu doa diucapkan mereka bagi anaknya, baik itu doa kebaikan maupun keburukan. Terdapat doa tidak tertolak yaitu doa kedua orang untuk anaknya, orang sedang berpuasa serta orang sedang safar. 

5. Dilapangkan rezeki serta dipanjangkan usia

Rezeki lapang serta usia panjang tidak serta merta hadir terhadap anda. Silaturahmi serta doa untuk orang tua merupakan kunci untuk membukakan pintu rezeki serta panjang umur. Sebagaimana Sabad Rasul yaitu siapapun yang ingin dilapangkan rezekinya serta dipanjangkan usianya maka sebaiknya menyambung silaturahmi. 

Bentuk rezeki tidak berupa materi dan harta, melainkan kedua otua masih hidup bahkan sehat adalah rezeki sangat luar biasa dan harus kita syukuri. Maka itu, doakanlah keduanya serta bakti kepada sehingga dipercaya dan dapat menghadirkan ridha Allahpun akan membukakan pintu rezeki. 

Berdasarkan penjelasan yang terdapat pada surat Luqman ayat 14 dengan makna, Allah memerintahkan terhadap manusia untuk berbuat baik terhadap doa ibu bapak, ibunya sudah mengandung selama sembilan dengan lemah bahkan bertambah lemahnya, serta menyapihnya dua tahun. Bersyukurlah terhadap Allah serta kepada mereka dan tetap berikan doa untuk orang tua. 

6. Jalan ke surga

Pernahkan mendengar surgamu terletak pada telapak kaki ibu? Apabila anak berbakti serta menghormati keduanya, maka Allah Swt menghindarkan anak dari berbagai malapetaka. Dengan izinNya akan dimasukan ke surgaNya. Akhir hidup kita akan dipilihkan berdasarkan amal kita di dunia, siapapun yang mengerjakan kebaikan maka ia akan diberikan kebaikan. Tentunya balasannya surga kelak. 

Sebuah amalan yang bisa angkat derajat keduanya di akhirat nanti yaitu keikhlasan doa untuk orang tua dari anaknya. Selain imbalannya surga untuk orang tua, sebaliknya anak mendoakan orang tua layak mendapat surganya Allah. Hal tersebut dikabarkan dalam kitab Allah, dalam surat At-Thur ayat 21.

Anjuran Bakti Terhadap Orang Tua

Manfaat-manfaat diatas tentunya untuk menuju jalan haq untuk mendapat ridha Allah SWT melalui bakti terhadap orang tua. Al-Quran menyebutkan manusia diharuskan bertauhid, selanjutnya dilanjutkan melakukan bakti terhadap orang tua. Hal demikian termaktub pada surat Al-Isra 23-24. 

Pada surat tersebut menganjurkan kepada setiap manusia jangan beribadah hanya kepada Allah, sebaiknya berbuat baik pula terhadap orang tua. Apabila ada yang sudah renta maka jangan sesekali katakan “ah” kepadanya dan jangan membentaknya. Dimana berbakti terhadap orang sangat dianjurkan dan mendoakannya ada jalan yang terbaik meski masih hidup apalagi selalu memberi doa untuk orang tua. 

Cara Berbakti Terhadap Orang Tua yang Masih Ada

Cara berbakti ataupun cara mendapat ridha dari Allah SWT melalui orang tua tidak hanya dilakukan melalui doa semata. Tetapi dapat pula melalui berbagai cara yang akan kami sampaikan dibawah ini. Sebagai anak tetap harus doakan mereka agar mereka diampuni dosanya dan berkumpul kembali di surge-Nya. 

  • Menjalankan keseharian dengan orang tua dengan baik, Rasul pernah bersabda, bahwasanya memberikan doa untuk orang tua akan memberikegembiraan terhadap mukmin adalah termasuk sodaqoh. Apalagi jika mampu membawa kegembiraan serta kebahagiaan untuk orang tua. Tentunya akan dilimpahi keberkahan.
  • Berkata lemah lembut serta mendahulukan etika tatakrama terhadap orang tua. Karena selain keduanya mempunyai usia lebih tua, keduanya merupakan orang paling mulia. Karena sudah mengasuh serta membesarkan. Maka itu sebaiknya membedakan cara bicara bersama teman serta cara bicara bersama keduanya. 
  • Tawadhu / rendah hati ketika berada maupun berbicara besama keduanya, tidak boleh memiliki sikap sombong dengan apa yang sudah dicapai, ternyata yang melampaui pencapaian keduanya, karena mereka tidak pernah ungkit apapun yang sudah diberikan selama ini. Paling penting kita berikan doa untuk orang tua.
  • Shadaqah atau memberikan infak, tentunya infak tidak hanya diberi untuk fakir miskin, tetapi bisa juga diberikan bagi keduanya karena pada hakikatnya harta dimiliki kita yaitu hartanya orang tua. Maka itu sebaiknya memberi harta terhadap orang tua, baik mereka tidak memintanya maupun meminta. 
  • Mendoakan orang tua, baik selagi masih hidup maupun sudah meninggal. Doa untuk orang tua tentunya dibaca dan dapat disesuaikan. Doa adalah penting dan harus dibacakan oleh anak. Jangan sampai sama sekali tidak mendoakannya. Doa tersebut penting untuk berbagai kebaikan hidup. Dengan mendoakannya maka hidup akan menjadi lebih mudah dan lapang. 
  • Mematuhi perintah orang tua, asal perintahnya tidak bertentangan bersama ajaran agama, jangan sampai kita menolak hal-hal kebaikan dari orang tua. Dengan patuh kepada mereka maka hidup akan menjadi lebih baik. Taat adalah salah satu jalan menuju surganya selama itu baik. 
  • Dilarang untuk berkata kasar maupun membentak keduanya, ikuti nasihat keduanya dan itu merupakan kwajiban bagi seorang anak. Sehingga apapun yang dikerjakan oleh kita akan diridhai orang tua. Karena ridha mereka merupakan ridhanya Allah. Berikan doa untuk orang tua setiap hari.

Cara Berbakti Terhadap Orang Tua Telah Tiada

Membantu serta mengatasi berbagai pekerjaan rumah tangganya, sehingga bisa mempunyai jam istirahat pada hari tua. Wajib untuk merawat serta menjaga orang tua jika sudah tua serta renta. Misalnya cara berbakti trehadap orang tua jika keduanya masih hidup, namun jika keduanya atau salah satunya sudah tiada, maka dapat tetap berbakti dengan cara berikut ini. 

  • Memohon ampunan terhadap orang tua melalui Allah dengan taubat Nasuha / jujur, jika pernah durhaka terhadap orang tua, ketika masih hidup.
  • Menshalatkan serta menguburkan jenazahnya dengan baik. 
  • Memohonkan ampunan terhadap Allah untuk orang tua. 
  • Membayar serta melunasi hitangnya semasa hidup.
  • Melaksanakan wasiat dari almarhumah berdasarkan syariat. 
  • Menyambung silaturahmi dengan keduanya yang pernah menjalin silaturahmi bersama kedua orang tua. 
  • Menjaga nama baik bagi mereka yang sudah meninggal

Sebetulnya tidak terdapat orang tua yang tidak cinta serta sayang dengan anaknya. Maka itu jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan selalu membahagiakan mereka, membanggakan serta menyayanginya sebelum keduanya tiada. Tetap berikan doa untuk orang tua meski masih hidup maupun telah tiada. 

Berbakti terhadap orang tua adalah kewajiban anak, sebagai mana sudah diperintahkan Allah serta Rasulnya. Pada kondisi berdekatan maupun berjauhan, mmeberikan doa bagi kedua orang tuanya dapat diakukan kapanpun terutama setelah selesai shalat fardhu. Setiap harinya anda dapat melakukannya.

Baca Juga : Manfaat Mengamalkan Doa Sesudah Makan dalam Kehidupan Sehari-hari

Itulah beberapa hal terkait doa untuk orang tua dengan makna yang tersirat dengan keutamaan dimiliki oleh doa tersebut. Bakti anak terhadap orang tua tentunya dapat ditunjukan bersama doa. Selagi keduanya masih hidup atau sudah meninggal dunia. Tetap terus mendoakan keduanya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer